Tebing Breksi, Destinasi Bernilai Seni Tinggi di Yogyakarta

Tebing Breksi, Destinasi Bernilai Seni Tinggi di Yogyakarta – Bicara tentang tempat wisata di #Jogja tidak akan ada habisnya, setiap jengkal tanahnya menyimpan keindahan dan pesona yang luar biasa.

Selain memiliki ragam #tempat wisata sejarah, #wisata pantai dan #wisata kuliner, Yogyakarta juga memiliki destinasi unik yang bernilai seni tinggi, yakni Tebing Breksi yang berlokasi di dusun Groyokan, kelurahan Sambirejo, kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tebing yang diresmikan oleh Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini adalah bukit kecil yang terbentuk oleh aktifitas penambangan batu oleh warga sekitar. Sebelum warga melakukan penambangan, bukit ini hanya berbentuk bukit biasa.

Namun tidak disangka, bekas tambang batu tersebut menghasilkan tebing bernilai seni tinggi yang memiliki keunikan tersendiri. Tebing Breksi sangat indah dan menarik, bentuknya tampak seperti sengaja diukir sehingga menjadi salah satu tempat wisata alam yang sering dikunjungi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Letaknya pun berdekatan dengan Candi Ijo, yakni hanya berjarak sekitar 1 kilometer saja. Jadi jika kita berkunjung ke Tebing Breksi bisa sekalian berwisata ke Candi Ijo.

Tebing Breksi menyuguhkan panorama yang sangat indah dan menakjubkan. Di sekitar tebing ini ada banyak bongkahan batu hasil penambangan warga. Dari atas tebing kita bisa melihat candi-candi di sekitar tebing seperi Candi Ijo, Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Barong.

Baca juga : Menguji Nyali di Tebing Batu Tumpang Cikajang yang Menantang

Waktu yang tepat berkunjung ke Tebing Breksi adalah pada sore hari. Di sore hari karena kita bisa menikmati indahnya suasana senja di atas tebing. Sedangkan di siang hari, tidak direkomendasikan berkunjung ke tempat ini karena sinar matahari cukup terik.

Akses menuju Tebing Breksi jalannya menanjak, tidak begitu bagus dan kurang lebar. Pengunjung tidak dipungut retribusi dengan nominal yang pasti, kita bisa memberi seikhlasnya saja.

Kalau kita sedang menjelajahi destinasi #Yogyakarta, Tebing Breksi merupakan salah satu tempat terbaik yang layak dikunjungi.

Selanjutnya : Menikmati Kesejukan Resor Kaliurang Yogyakarta

Tebing Breksi, Destinasi Bernilai Seni Tinggi di Yogyakarta | Husni Cahya Gumilar | 4.5