Menikmati Panorama Alam di Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Taman Wisata Alam Linggarjati merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Anda tentunya sudah tidak asing lagi saat mendengar nama Linggarjati, karena nama Linggarjati sendiri tidak dapat dipisahkan dengan perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Di sebuah gedung di tempat yang bernama Linggarjati ini telah terjadi perjanjian antara pemerintah Indonesia dan Belanda pada November 1946. Lokasi bangunan yang bernilai sejarah itu tidak jauh dari lokasi Taman Wisata Alam Linggarjati.

Taman Wisata Alam Linggarjati berupa kawasan hutan seluas 11,51 Ha yang merupakan salah satu titik awal pendakian menuju Gunung Ciremai. Kawasan hutan ini ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 53/Kpts/Um/2/1975 pada tanggal 17 Februari 1975. Kawasan hutan ini merupakan bagian yang terpisah dari kawasan hutan lindung Gunung Ciremai yang telah ditetapkan sejak tahun 1924 oleh pemerintah Belanda.

Taman Wisata Alam Linggarjati tempat wisata di kuningan

Taman Wisata Alam Linggarjati via wikipedia

Taman Wisata Alam ini terdapat beberapa macam flora dan fauna. Flora yang ada di antaranya bungur (Lagerstroemia sp), pasang (Quercus sp), kiara (Ficus sp), lemo (Alstonia scholaris), jamuju (Podocarpus imbricatus) dan Kiacret (Spathodea campulata). Jenis flora tersebut tumbuh dengan baik dan sebagian besar telah menjadi pohon yang tinggi dan besar. Diameter batangnya ada yang telah mencapai 50 cm bahkan lebih dan tinggi batang bebas cabang telah mencapai kurang lebih 10 meter. Hal tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi para wisatawan karena suasana akan lebih teduh.

Sementara itu, jenis fauna yang ada di Taman Wisata Alam ini adalah burung seperti burung pipit (Lonchura leucogastoides) dan Kepodang (Oriolus chinensis). Di kawasan ini tidak ada jenis fauna yang memiliki ukuran tubuh cukup besar. Hal tersebut dikarenakan sempitnya kawasan taman dan intensifnya pengelolaan kawasan taman.

Baca juga: Menilik Pesona Curug Sidomba yang Berbalut Mitos

Di samping panorama alam yang indah, Taman Wisata Alam Linggarjati memiliki udara yang sejuk dan segar. Sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau teman, karena di kawasan ini tidak hanya menikmati panorama alam dan udara sejuk. Di kawasan ini, wisatawan juga bisa melakukan aktifitas seperti memancing dan berenang.

Fasilitas Taman Wisata Alam Linggarjati

Fasilitas yang telah disediakan di Taman Wisata Alam Linggarjati di antaranya area parkir yang luas, toilet, mushola, restoran, penginapan (villa/cottage), dan aula pertemuan. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat fasilitas yang akan menambah keseruan saat berlibur. Fasilitas tersebut yaitu kolam renang, arena bermain anak, pemancingan, arena outbond, dan bukit-bukit serta pepohonan untuk bersantai.

Harga Tiket Masuk, Penginapan dan Beberapa Wahana di Taman Wisata Alam Linggarjati

Berlibur ke Taman Wisata Alam Linggarjati hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang untuk dewasa dan Rp. 9.000/orang untuk anak-anak. Cukup murah dan sangat terjangkau sehingga tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati keindahannya. Wisatawan juga bisa menginap untuk menikmati suasana malam di Taman Wisata Alam Linggarjati. Tak perlu bingung mengenai penginapan karena di kawasan ini telah tersedia villa atau cottage. Harga Single room Rp. 82.500, Standard room Rp. 110.000, dan Family room Rp. 165.000.

Saat berkunjung ke Taman Wisata Alam Linggarjati anda juga bisa menikmati aneka wahana yang telah disediakan dengan tarif yang relatif murah, yaitu sebagai berikut.

Kolam renang : Rp. 5.000

Sepeda air : Rp. 10.000

Mobil koin anak : Rp. 3.000

Kereta api mini : Rp. 3.000

Kuda putar : Rp. 3.000

Jika anda tertarik dengan Taman Wisata Alam Linggarjati. Anda bisa mengunjunginya di desa Linggarjati, kecamatan Cilimus, kabupaten Kuningan. Jarak yang ditempuh dari pusat kota Kuningan sekitar 28 km. Selamat berkunjung!

Menikmati Panorama Alam di Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan | Elsan Nasrillah | 4.5