Taman Prestasi Surabaya Tempat Liburan Murah Tapi Berkelas

By Categories : Wisata Keluarga

Taman Prestasi atau Taman Kalimas Surabaya merupakan sebuah taman perkotaan yang nyaman. Anda bisa bersantai di bawah pohon pinus dan anyelir sambil memandang Kalimas yang airnya mengalir ke selat Madura. Setiap hari khususnya pada hari libur, taman Prestasi banyak dikunjungi warga kota, anak-anak dan remaja serta orang tua. Jumlah pengunjung pada hari libur bisa mencapai lebih dari 2.000 orang/ hari.

Taman ini membentang sepanjang Kalimas mulai dari JI. Yos Sudarso hingga Jl. Gentengkali. Dulu tepi Kalimas ini terlihat gersang, kumuh dan panas. Namun sekarang berubah menjadi rimbun berhias tanaman bunga hias seperti mawar, melati dan anyelir yang begitu elok dipandang.

Kota Surabaya mempunyai program tamanisasi perkotaan. Taman kota juga dikembangkan sebagai lempat rekreasi, tempat warga kota berinteraksi sambil menikmati indahnya taman.

Taman Prestasi Surabaya

Taman Prestasi Surabaya via surabayaonthespot.blogspot.com

Paling Diminati

Alhasil kini kota Surabaya semakin cantik dan memiliki banyak paru-paru kota. Sebut saja Taman Bungkul, kebun bibit, taman bundaran Dolog, taman rolak Jagir dan taman Surya di depan kantor Walikota Surabaya.

Taman Kalimas paling diminati karena ada wisata airnya sementara bagi anak-anak disediakan aneka sarana bermain. Juga panggung hiburan pada hari Minggu atau hari libur. Di sekitar taman ada kuda tunggang dan mobil keliling taman dengan biaya Rp 3.000.

Dinas Pariwisata Kota Surabaya telah menyediakan perahu menyusuri Kalimas dengan biaya Rp 2.000/ orang. Anda bisa melihat-lihat keindahan sekitar Kalimas mulai dan belakang Gedung Grahadi hingga di sebelah Monumen kapal selam (Monkasel) Delta Plaza.

Tempat rekreasi ini juga dilengkapi sarana olahraga, tempat out bound, dan ruang diskusi. Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, Anda dapat memanfaatkan perpustakaan keliling. Anda dapat datang pada sore hjngga malam karena sudah dipasang lampu untuk memperindah taman. Selain itu, kebanyakan pengunjung di lokasi dijaga petugas Linmas dan Satpol PP.

Taman ini letaknya sangat strategis di pusat ibu kota Jawa Timur yakni di belakang Gedung Negara Grahadi JI. Ketabang Kali Surabaya. Taman Prestasi ini posisinya membentang di sepanjang tepi Kalimas dekat dengan pusat pertokoan Surabaya Della Plaza, Kantor Walikola dan pertokoan Tunjungan Plaza.

Jika ditempuh dengan angkutan bus kota dari Terminal Purabaya cukup mengeluarkan Rp 3.000/ orang. Kalau naik angkatan Lyn N jurusan Jembatan Merah Plaza terminal Bratang turunnya di Taman Surya ongkosnya Rp. 3.000,-.

Taman Kalimas mulai dibangun 2006 dan diresmikan Walikota Bambang DH. Sedangkan pengelolaannya oleh Dinas Pariwisata Kota Surabaya tetapi setelah 2008 hingga sekarang diserahkan kepada Dinas Kebersihan dan Taman Kota Surabaya.

Monumen

Pengujung juga bisa melihat monumen Pesawat Bomber B 26 Intruder lengkap dengan peluru kendali dan bomnya. Pesawat bomber buatan Amerika Serikat tahun 1950 ini masuk jajaran TNI AU mulai 1950 sampai dengan 1977 di Skwadron Udara I.

Pesawat bomber ini pada 1950 pernah digunakan TNI AU pada operasi penumpasan DI/TII di Jawa Barat. Pada 1960 digunakan operasi Trikora pembebasan Irian Barat. 1968 operasi Trikora di Blitar Selatan dan pada 1977 digunakan operasi Timor Timur.

Baca juga: Top 10 Kuliner Surabaya yang Wajib Dicicipi Saat Anda Menjamah Kotanya

Bagaimana tertarik mengunjunginya? Segera ajak sanak keluarga Anda ke Taman Prestasi Surabaya.

Selamat berlibur Zobur Lovers!

Taman Prestasi Surabaya Tempat Liburan Murah Tapi Berkelas | Yura Aliazee | 4.5