Sensasi River Tubing Desa Cipancar Sumedang

By Categories : Wisata Alam

Anda sudah mempunyai rencana berlibur, tapi bingung mau pergi ke mana? Kalau Anda tidak ingin pusing karena terjebak kemacetan, cobalah berwisata ke daerah-daerah pinggiran kota. Suasananya pasti jauh lebih eksotis dan menawan. Bahkan ada pula yang menawarkan wisata baru yang pasti akan menyegarkan hati dan pikiran Anda.

Seperti di Kecamatan Sumedang Selatan. Di sana terdapat Sungai Cihonje yang membelah Desa Citengah sampai Desa Cipancar. Kini sungai ini mulai ramai dikunjungi warga dan menjadi objek wisata baru yang keren. Sungai yang airnya mengalir jernih ini diserbu warga untuk bermain river tubing.

Buat Anda yang punya jiwa petualang tinggi, river tubing menjadi kegiatan yang cocok untuk dicicipi. River tubing ini merupakan kegiatan meluncur bebas di atas permukaan sungai yang berarus ringan dengan menggunakan ban dalam mobil. Sama halnya dengan rafting, peserta river tubing juga dilengkapi dengan perlengkapan seperti helmet, pelampung keselamatan dan pelindung kaki.

River tubing yang merupakan wisata yang baru muncul di daerah Sumedang ini meliputi daerah Citengah-Cipancar-Ciawi. Awal mula wisata tersebut yaitu ketika ada anak-anak dari ciawi yang bermain air di sungai dengan menggunakan ban dalam mobil. Mulai saat itu wisata river tubing mulai merambat ke daerah Cipancar dan daerah Citengah, Sumedang.

River Tubing Desa Cipancar tempat wisata di Sumedang

River Tubing Desa Cipancar via jabar.tribunnews.com

Awal start river tubing yaitu di desa Citengah dekat TPU. Daerah tersebut menjadi penghubung tiga arah sungai yang berbeda, sehingga arus air yang melaju pun cukup deras. Namun bisa juga startnya dari Kolam Cibingbin, Desa Cipancar. Di daerah ini track yang dilalui lumayan terjal dan exstrim.

Bagi pengunjung yang ingin lebih lama mengarungi sungai dengan river tubing ini bisa memilih jalur yang panjang. Pengunjung bisa menjajal sungai dari Desa Citengah dan finis di jembatan Kampung Ciawitali, Desa Cipancar. Jaraknya lebih dari satu km dengan pemandangan hamparan sawah di kiri kanan sungai dan ada juga jalur yang masuk ke bagian hutan. Arus air yang kecil membuat perjalanan river tubing ini cukup lama untuk sampai ke finish. Jarak satu km tersebut dapat ditempuh dengan waktu hampir dua jam.

Namun bagi pengunjung yang ingin mencoba river tubing dengan jarak pendek bisa memilih alur yang jarak meluncurnya hanya sekitar 200 meter. Lokasinya berada di paling ujung kampung dan berdekatan dengan hutan di perkebunan teh Margawindu. Di kawasan wisata ini, jika sudah puas bermain river tubing bisa menikmati makanan yang disiapkan pengelola wisata.

Kondisi air yang masih bersih dan mengalir diantara pesawahan dengan udara yang lumayan dingin membuat perjalanan panjang tak melelahkan. Bahkan bisa melihat para petani yang sedang bekerja di sawah. Jika sedang musim hujan, arus airnya cukup deras tapi tetap aman dan tak terlalu berbahaya untuk diarungi.

Baca juga: 27 Tempat Wisata di Sumedang yang Menarik Untuk Dikunjungi

Ada banyak tempat disepanjang jalan menuju Desa Citengah yang menyewakan ban dalam mobil untuk wisata river tubing tersebut dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi pengunjung tidak perlu susah-susah mencariya. Untuk mencoba wisata ini, setiap pengunjung harus melakukan booking lebih dulu pada operator penyedianya yaitu Kalahari Adventure. Tunggu apalagi, ayo buruan booking! Dan rasakan sensasi river tubing di Desa Cipancar.

Selamat berlibur!

Sensasi River Tubing Desa Cipancar Sumedang | Elsan Nasrillah | 4.5
Leave a Reply