Mencicipi Lezatnya Sate Maranggi, Kuliner Legendaris Khas Purwakarta

Sate Maranggi adalah salah satu kuliner khas Indonesia dari Kabupaten Purwakarta. Dulu sate maranggi sering dijajakan berkeliling kampung dengan grobak. Namun sekarang grobak sate maranggi itu sudah cukup langka, karena penjual yang menjajakan sate maranggi dengan grobak keliling kampung sudah sangat jarang.

Langka bukan berarti tidak ada lho, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Purwakarta dan penasaran ingin mencicipi lezatnya Sate Maranggi, bisa mampir ke warung Sate Maranggi di Jalan Cibungur, Purwakarta yang merupakan ruas jalan alternatif penghubung Jakarta-Bandung.

Warung sate legendari ini buka pada jam 09.00 pagi sampai dengan 09.00 malam. Pas banget buat Anda yang sedang melakukan perjalanan wisata ke Jawa Tengah atau Jawa Barat dan melintasi daerah Purwakarta.

sate maranggi kuliner khas purwakarta

Image : food.detik.com

Tampilan sate maranggi memang tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya, yaitu daging ayam atau daging kambing yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk dan dibakar. Setelah itu ditaburi dengan bumbu kacang atau bumbu kecap yang sangat lezat.

Tapi sate maranggi beda lho sob!

Jika kita mencicipi sate maranggi ini pada gigitan pertama saja pasti dapat membedakannya. Bahan dasar sate maranggi adalah daging kambing atau daging sapi yang sangat empuk di setiap gigitannya. Rasa manisnya dominan, ditambah dengan aroma rempah-rempah yang khas menjadikan sate maranggi patut untuk dicicipi saat berkunjung ke daerah Purwakarta.

Untuk mencoba kelezatannya Anda cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 25.000,- untuk satu porsi yang berisi 10 tusuk.

Ciri khas atau keunikan Sate Maranggi adalah penyajiannya lengkap dengan sambal tomat yang sangat pedas. Bagi yang tidak menyukai rasa pedas,  bisa menggantinya dengan sambal kecap atau dengan sambal kacang pada umumnya.

Selain itu, sate maranggi diwarung jalan Cibungur juga disajikan dengan sambal oncom, nasi timbel atau ketan bakar. Sebagai makanan penutup sekaligus penghilang rasa pedas yang menempel di lidah, di situ Anda bisa memesan es kelapa muda seharga Rp. 7.500,-.

Saat Anda pulang kampung ke Purwakarta, sengaja berkunjung atau sekedar melintas saja, tidak ada salahnya jika Anda mencoba kelezatan sate maranggi, kuliner khas dari Purwakarta.

Selamat berlibur!

Mencicipi Lezatnya Sate Maranggi, Kuliner Legendaris Khas Purwakarta | Husni Cahya Gumilar | 4.5