Rute Perjalanan Menuju Gunung Papandayan Garut

By Categories : Berita

Rute perjalanan menuju Gunung Papandayan Garut dapat ditempuh dari dua arah, yaitu via Cisurupan Garut dan dari Pangalengan Bandung. Namun perjalanan yang paling umum digunakan adalah jalur pendakian via Cisurupan.

Rute pertama adalah melewati jalur pendakian Gunung Papandayan via Cisurupan

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, rute perjalanan menuju Gunung Papandayan via Cisurupan adalah sebagai berikut:

Dari arah Jakarta, Bandung, Bekasi, Tasik atau kota yang melewati jalur Cileunyi  – Nagreg, di pertigaan Garut – Tasik ambil jalur kanan ke arah Garut.

Sampai di alun-alun Tarogong, belok kanan lurus sampai di Simpang Lima. Dari Simpang Lima, masuk ke arah Pemda, lurus lewat Rumah Sakit Umum dr. Slamet sampai ke perempatan Maktal. Nah, dari Maktal belok kanan dan berhenti di alun-alun Cisurupan.

Lama perjalanan dari Maktal sampai alun-alun Cisurupan sekitar 30 menit hingga 45 menit, tergantung kecepatan laju kendaraan.

rute perjalanan menuju gunung papandayan garut

Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, dari Jakarta, Bandung atau Bekasi naik bus jurusan Garut, turun di terminal Guntur Garut. Dari terminal Guntur, Anda bisa naik elf jurusan Garut – Cikajang, elf jurusan Garut – Bungbulang, elf jurusan Garut – Pameungpeuk atau jurusan Singajaya. Bisa juga naik angkot warna putih biru jurusan Garut – Ciakajang. Jika rombongan, bisa minta diantar sampai ke areal parkir Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

Untuk pengunjung yang dari Bandung, sebetulnya bisa langsung naik elf jurusan Bandung – Cikajang, elf jurusan Bandung – Singajaya, Bandung – Bungbulang atau Bandung – Pameungpeuk, minta turun di alun-alun Cisurupan.

Rute kedua, melewati Pangalengan Bandung

Perjalanan menuju Gunung Papandayan via Pangalengan tidak terdapat angkutan umum. Jarak tempuh perjalanan dari Pengalengan menuju Gunung Papandayan kurang lebih 40 kilometer. Di perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan keren berupa hamparan kebun teh yang hijau menyegarkan.

Kendaraan bisa dititipkan di rumah penduduk di kampung Cibatarua. Perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek atau jalan kaki. Waktu tempuh dari Kampung Cibatarua – Gunung Papandayan sekitar 90 menit – 120 menit jalan kaki.

Selanjutnya silakan baca : Menempuh Jalur Pendakian Gunung Papandayan Garut

Demikianlah informasi singkat mengenai rute perjalanan menuju gunung Papandayan Garut, semoga bermanfaat.

Selamat mendaki!

Salam rimba!

Salam lestari!

Rute Perjalanan Menuju Gunung Papandayan Garut | Husni Cahya Gumilar | 4.5