Rugi Tidak Mampir ke Empat Tempat Wisata Tersembunyi Ini Ketika Berkunjung ke Batam

Meski mendapat julukan sebagai kota industri, Batam tidak jauh berbeda dengan kota-kota besar lain di Indonesia. Menjadi kota singgah sebelum menyeberang ke Singapura, kota kecil di Kepulauan Riau ini menjadi ‘surga’ bagi para wisatawan. Pasalnya, ada banyak tempat wisata yang masih ‘perawan’ dan belum terjamah orang.

Tempat Wisata di Batam
sumber : hotnewsbatam.com

Penasaran, apa saja tempat wisata yang masih tersembunyi di Batam? Yuk, simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Pulau Subang Mas

Nama ini mungkin terdengar asing di telinga masyarakat Batam dan traveller. Pasalnya, lokasinya lumayan sulit dijangkau dan jaraknya juga cukup jauh dari kota Batam. Inilah yang membuat orang-orang enggan mendatangi tempat wisata yang masih alami dan ‘perawan’ ini. Pulau yang terletak di Kecamatan Galang menyimpan eskotisme yang khas, perpaduan antara pantai di Belitung dan Lombok.

Bebatuan yang seperti disebar secara acak di atas pasir putih, mirip seperti pantai yang ada di Belitung. Begitu pula keadaan air lautnya yang jernih, bebas dari para sampah, mirip keadaan pantai di Lombok yang masih alami. Benar-benar seperti surga dunia.

Untuk masuk ke tempat ini, Anda hanya harus menyisihkan uang sebesar sepuluh ribu rupiah sebagai uang retribusi. Otak bisa kembali segar dan penat hilang ketika singgah di pulau yang menyimpan misteri makam Putri Lingga.

2. Kampung Piayu Laut

Secuil surga di pinggiran Batam, mungkin itulah sebutan yang pas untuk Kampung Piayu Laut, salah satu dari 36 kampung tua yang ada di Batam. Kampung ini masih terpinggirkan lantaran keadaan yang masih tradisional. Rumah masih terbuat dari kayu dan berdiri di atas laut. Benar-benar pemandangan yang tidak akan mungkin didapatkan di kota Batam atau daerah lain.

Di Kampung Piayu Laut ini, Anda dapat menikmati seafood hasil tangkapan para nelayan sembari menikmati keindahan laut. Lezat dan indah. Perpaduan yang sungguh pas dan tiada duanya. Jika Anda memiliki hobi memancing, Anda pun bisa membawa alat pancing dan mengail di pinggir laut. Ikan-ikan kecil akan dengan senang hati menangkap umpan Anda.

3. Pulau Petong

Pulau satu ini cocok untuk Anda yang suka kegiatan bawah laut, seperti snorkeling atau diving. Pasalnya, di sini Anda dapat bermain bersama biota laut yang berkeliaran dan kerang-kerang indah tanpa takut terbawa arus, mengingat kontur airnya yang tenang.

Keadaan Pulau Petong pun masih alami dan asri. Belum banyak orang menjamah tempat ini. Sampah-sampah pun tidak memenuhi sekitar pulau. Belum lagi sudah tersedia penginapan untuk menikmati udara segar di pagi hari di tepi laut. Paket lengkap sekali untuk Anda yang ingin melepas penat dari pekerjaan.

4. Telaga Bidadari

Tidak hanya pusat perbelanjaan, Batam juga mempunyai hutan lindung yang menjadi surga bagi para penikmat alam. Salah satunya adalah Taman Wisata Alam Muka Kuning atau Hutan Pancur. Di dalam hutan tersebut, terdapat surga duniawi yang tidak akan dilewatkan oleh para traveller. Ialah Air Terjun Telaga Bidadari.

Untuk bisa menikmati keindahan Hutan Pancur dan kesegaran Air Terjun Telaga Bidadari, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Dari Kampung Aceh, Anda harus menyusuri jalanan setapak. Medan yang cukup sulit tidak akan membuat kapok pengunjung, mengingat keasriannya memberikan udara segar bagi paru-paru.

Jika sudah sampai di Batam, sayang jika tidak menginap dan menghabiskan waktu untuk menyusuri tempat-tempat menarik yang ada di kota ini. Maka, tidak ada salahnya untuk mencari hotel murah di Batam. Dengan bantuan aplikasi Airy Rooms yang dapat diunduh di Playstore atau Appstore, Anda bisa mendapatkan akomodasi berkualitas dengan harga terjangkau.

Hotel di Batam

Meski murah, jangan khawatir. Fasilitasnya cukup lengkap. Kamar bersih, AC, layar TV LED, shower air hangat plus perlengkapan kamar mandi, Wifi Gratis, dan pastinya air minum di setiap kamar. Pembayarannya pun mudah, bisa melalui transfer bank, kartu kredit, hingga gerai Indomaret terdekat.

Sumber:

http://cintaihidup.com/listicle/39440′
https://travel.idntimes.com/destination/yoshi/6-destinasi-wisata-tersembunyi-di-kota-batam-1
https://travelingyuk.com/air-terjun-pancur/36223/
https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2438312/hutan-pancur-oasis-tersembunyi-di-kota-batam
http://batam.tribunnews.com/2011/10/23/surga-wisata-yang-tersembunyi
https://www.tempat.co.id/wisata/Pulau-Subang-Mas
http://www.linasasmita.com/2017/08/pesona-pantai-permata-di-pulau-subang.html
https://djangki.wordpress.com/2012/05/13/subang-mas-surga-tersembunyi-di-batam/’
https://www.jejakpiknik.com/pulau-petong/

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.