Pulau Tabuhan, Pulau Eksotis yang Tak Berpenghuni di Banyuwangi

By Categories : Wisata Alam

Objek wisata Pulau Tabuhan adalah pulau yang menyimpan sejuta pesona alam yang belum banyak dijamah para wisatawan. Pulau Tabuhan sebenarnya  pulau kecil yang memiliki luas sekitar 5 hektar yang tidak berpenghuni. Pulau ini berada di sebelah pulau jawa, tepatnya di sebelah  utara Banyuwangi.

Pulau Tabuhan terletak 20 km dari pusat kota Banyuwangi, persis di tengah selat Bali yang memisahkan pulau Jawa dan pulau Bali. Tepat berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Diberi nama Tabuhan karena angin yang melintasi daerah ini cukup kencang sehingga akan terdengar seperti bunyi tetabuhan musik.

Keindahan Pulau Tabuhan

Keindahan pulai ini sangat unik karena mempunyai warna pasir pantai yang putih. Dengan hamparan pasir pantai yang bersih dan putih, ditambah air laut yang jernih, dan kupulan trumbu karang yang beragam, juga tidak lupa deburan ombak yang lirih, hembusan angis yang sepoi-sepoi dari hamparan laut yang luas dan menawan, akan membuat Anda sangat betah berlibur ke pulau ini.

pulau-tabuhan-banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi via fazdhianaadventure.blogspot.com

Dengan berbagai pesona tersebut menjadikan pantai ini memiliki nilai unggul tersendiri bagi para wisatawan yang ingin sejenak melupakan kebisingan atau kepusingan untuk mencari sebuah ketenangan dari kepenatan aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang membuat wisatawan berkunjung ke Pulau Tabuhan akan tersihir dengan keindahan panorama pantai.

Selain itu pulau ini juga memiliki kebun laut yang eksotis, terumbu karang yang memukau dan dihuni oleh ribuan spesies ikan, bunga karang, udang karang dan berbagai tumbuhan laut adalah menu utama yang disuguhkan oleh keindahan Pulau Tabuhan. Ditambah lagi dengan kejernihan airnya.

Pulau Tabuhan juga sangat cocok bagi Anda yang gemar dengan kegiatan maritim sperti scuba diving maupun snorkeling. Air yang masih jernih serta kondisi laut yang tidak terlalu dalam akan membuat Anda tertarik untuk mencoba menengok keindahan bawah lautnya.

Di objek wisata ini tidak hanya para satwa dan biota laut saja, tetapi berbagai jenis satwa darat pun bisa hidup dengan nyaman di pulau ini. Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya burung maleo yang sangat terkenal dari pulau Sulawesi, bermigrasi ke Pulau Tabuhan. Selain kedatangan burung maleo,  juga  menjadi tempat berkumpul burung Enggang Gading dan burung jalak yakni burung yang menjadi maskot pulau Bali. Dan ada juga tanaman segi tiga yang menjadi keunggulan Pulau Tabuhan.

Rute  Menuju Pulau Tabuhan

Bagi Anda yang berminat berlibur ke pulau ini Anda bisa berangkat dari Genteng lalu melanjutkan ke Rogojampi kemudian ke Banyuwangi kota setelah itu ke Watu Dodol dan ke Bangsering kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Tabuhan.

Terdapat 3 pilihan penyebrangan yang dapat Anda lewati yakni:

Pertama dari Watu Dodol menyewa perahu nelayan,  kedua dari Bangsaring , tersedia 2 paket penyebrangan yakni: yang pertama seharga Rp. 350 rb untuk 4 orang dan seharga Rp. 500 rb untuk 10 orang. Harga sudah termasuk ke dalam paket peralatan untuk senorkling yang berisi pelampung dan kacamata snorkling. Yang ketiga, Anda bisa menyebrang dari Kampe dengan harga Rp. 500 rb untuk paket 10 orang (harga belum termasuk alat senorkling, yang harus disewa sendiri).

Setelah menempuh perjalanan panjang, Anda akan disambut oleh pasir putih dan keindahan laut yang menawan dengan gradasi warna laut mulai dari warna hijau, biru muda dan warna biru tua.

Demikian info Pulau Tabuhan Banyuwangi, terimakasih.

Selamat berlibur!

Pulau Tabuhan, Pulau Eksotis yang Tak Berpenghuni di Banyuwangi | Sa'adah Ze | 4.5