Petilasan Prabu Siliwangi, Tempat Wisata Ziarah di Majalengka

Para petualang kali ini akan disuguhkan objek wisata yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk didengar. Ya objek wisata Petilasan Prabu Siliwangi menyajikan objek wisata yang lengkap dari mulai wisata budaya, wisata alam dan wisata air. Semua wisata tersebut memberikan keindahan tersendiri bagi para pengunjung. Objek  wisata ini terletak di sebuah kawasan hutan kecil yang memiliki pohon-pohon yang besar dan rimbun, sehingga membuat udara di objek wisat ini tersa sejuk.

Objek wisata ini memiliki dua talaga, yaitu Telaga Pancur dan Telaga Emas yang juga sering disebut Situ Cipadung. Telaga Pancur memiliki air yang sangat bening dan jernih bahkan dasar telaga pun terlihat selain itu ikan-ikan yang tinggal di telaga ini dapat terlihat dengan jelas, karena airnya yang dingin dan bening. Banyak pengunjung yang berenag di telaga, nah Anda bisa berenang ayo maen air basah-basahan, jangan lupa ajak kerabat-kerabatnya.

Air telaga ini berasal dari mata air yang muncul dari dasar telaga dan juga berasal dari air pipa dan kemudian dipancurkan oleh patung yang berbentuk lumba-lumba. Telaga Emas atau Situ Cipadung lebih ditunjukan sebagai wisata air telaga ini tak kalah menawan dengan telaga lainnya. Menarik bukan, nah berikut beberapa informasi mengenai Petilasan Prabu Siliwangi:

Lokasi dan Rute Menuju Petilasan Prabu Siliwangi

Objek wisata Patilasan Prabu Siliwangi berjarak kurang lebih 19 km dari pusat kota Majalengka, atau berada di Desa Pajajaran Kecamatan Rajagaluh. Akses yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi ini dengan menggunakan kendaraan umum adalah menuju terminal Rajagaluh lalu cari angkutan umum (biasanya mobil bak terbuka) atau jasa ojek yang bisa mengantarkan anda menuju Desa Pajajaran lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi, bila menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa langsung sampai menuju Desa Pajajaran dan langsung parkir di dekat pintu masuk objek wisata.

petilasan prabu siliwangi tempat wisata di sumedang
Petilasan Prabu Siliwangi via disparbud.jabarprov.go.id

Fasilitas yang ada di Patilasan Perabu Siliwangi

Objek wisata ini juga dilengkapi berbagai macam fasilitas, seperti toilet, musola, saung, juga permainan anak-anak seperti playing fox dan ada warung-warung warga yang menjual makanan untuk para pengunjung, jadi jangan khawatir dengan perut Anda. Ayo kunjungi objek wisata Petilasan Prabu Siliwangi.

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan

Objek wisata ini tentu memiliki daya tarik utama yaitu wisata ziarah dan budaya berupa Petilasan Prabu Siliwangi. Patilasan ini dijaga oleh kuncen dan banyak pula peziarah yang datang. Identik dengan Prabu Siliwangi, di wisata ini terdapat patung Maung atau Harimau. Tempat untuk ziarah lainnya adalah pancuran Cikahuripan atau pancuran Selendan Widadari.

Tempat wisata ini merupakan tempat pemandian para peziarah Patilasan Prabu Siliwangi. Yang unik di sini masih banyak kera yang bergelantungan sesekali pula akan terlihat kekelawar berkisar ribuan yang terbang bergelombongan entah dari mana asalnya. Dulu sebelum dikelola Pemda Majalengka situ di dalam wisata ini banyak yang mancing tetapi sekarang sudah dilarang.

Para petualang demikianlah tempat liburan Petilasan Perabu Siliwangi yang dapat dibagikan kepada Anda semua. selamat berakhir pekan!

Tentang Penulis: Sa'adah Ze

Gambar Gravatar
Penulis freelance yang rajin kuliah.