Pesona dan Keindahan Goa Petruk Kebumen

Goa Petruk berlokasi di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Goa Petruk berada di wilayah pegunungan kapur, berjarak sekitar 7 km dari Goa Jatijajar atau 2 km dari Pantai Ayah.

Di pegunungan kapur tersebut banyak dijumpai goa-goa yang memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Salah goa yang memiliki pemandangan menakjubkan adalah Goa Petruk. Goa Petruk sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang berjiwa petualang ke tempat-tempat uang menantang dan memacu adrenalin.

Di goa Petruk ini terdiri atas 3 bagian. Bagian pertama dihuni oleh kelelawar, bagian kedua terdapat bebatuan yang mirip tokoh Semar, bagian terakhir adalah Goa Petruk itu sendiri.

Goa petruk Kebumen

Asal usul nama Goa Petruk konon karena di goa ini terdapat stalagtit yang menyerupai tokoh dalam pewayangan Jawa bernama Petruk. Selain terdapat stalagtit yang menyerupai tokoh punakawan tersebut, terdapat pula stalagtit yang mirip anjing duduk, gorden raksasa, serta boneka-boneka kecil yang terletak di antara liran air dalam gua Petruk.

Alam Indonesia memang sangat kaya dan menyimpan tempat-tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Termasuk goa-goa peninggalan sejarah dan warisan alam yang harus kita jaga agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi berikutnya.

Seperti pepatah yang mengatakan “alam bukan warisan nenek moyang, melainkan titipan dari anak cucu yang harus dikembalikan dalam keadaan utuh”. Menjaga kelestarian alam juga termasuk bagian dari ungkapan rasa syukur kita akan anugerah Tuhan yang tidak terhingga.

Itulah info singkat tentang Goa Petruk di Kabupaten Kebuman yang sangat indah dan menakjubkan. Semoga bermanfaat. Selamat bertualang!

Baca juga: Gua Cibongas Singajaya, Tempat Wisata Caving di Garut

Pesona dan Keindahan Goa Petruk Kebumen | Husni Cahya Gumilar | 4.5
Leave a Reply