Penangkaran Buaya Teritip, Tempat Wisata Menantang di Balikpapan

Penangkaran buaya Teritip Balikpapan adalah tempat penangkaran buaya dengan jumlah buaya terbanyak di Kalimantan Timur. Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan kota Balikpapan yang sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Balikpapan Kalimantan Timur

Tempat Penangkaran Buaya Teritip sudah beroperasi sejak tahun 1990-an.  Saat ini terdapat lebih dari 1.450 ekor buaya yang ditangkar, yakni jenis buaya muara (Crocodylus porosus) yang paling dominan dan dua jenis buaya langka, yaitu buaya air tawar (Crocodylus siamensis) dan buaya supit (Tomistoma segellly).

penangkaran buaya teritip balikpapan

Penangkaran Buaya Teritip berada di lahan seluas 5 hektar. Letaknya tidak jauh dari Pantai Manggar Balikpapan. Lebih tepatnya, Penangkaran Buaya Teritip berlokasi di Jl. Mulawarman No. 66, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Atau berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota Balikpapan.

Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat, juga dapat dijangkau dengan kendaraan umum yaitu angkutan kota No. 7 dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Penangkaran buaya teritip Tempat wisata di balikpapan

Penangkaran Buaya Teritip dikelola oleh CV. Surya Raya sejak tahun 1993. Tempat penangkaran ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 – 17.00 WITA. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 15.000 per orang.

Di Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan, Anda bisa melihat gerak-gerik hewan buas dan berbahaya dari jarak dekat. Berlibur ke tempat wisata yang satu ini tidak hanya butuh kemauan, tapi dibutuhkan juga nyali dan keberanian.

Di sini Anda dapat membeli ayam untuk diberikan langsung kepada buaya. Anda dapat melihat dari dekat bagaimana hewan amfibi dengan badan besar dan gigi tajam berebut makanan.  Sensasi liburan yang sangat menantang dan mengesankan.

penangkaran buaya teritip

Selain itu, di Penangkaran Buaya Teritip ini Anda juga bisa melihat telur buaya, proses penangkaran serta menyaksikan bayi-bayi buaya yang lucu. Selama berada di sini, Anda dapat mengamati kegiatan buaya sehari-hari seperti berenang, tidur, dan makan.

Apabila sudah cukup puas menyaksikan ragam aktifitas buaya sehari-hari dari jarak dekat, Anda bisa berkeliling di areal Penangkaran Buaya Teritip dengan menunggangi gajah Lampung.

Setelah seharian menyaksikan buaya-buaya berkeliaran serta mengelilingi kawasan wisata penangkaran dengan gajah Lampung, Anda pasti lapar. Sekarang saatnya mencicipi sate buaya, hidangan istimewa yang ada di Penangkaran Buaya Teritip.

Di sekitar tempat wisata ini terdapat warung sate buaya yang dipercaya sangat berkhasiat dan baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya gurih dan lezat.

Sate buaya di sini dijual seharga Rp. 3.000 per tusuk. Sedangkan alat kelamin buaya (tangkur) dijual dengan harga Rp. 400.000 – Rp. 700.000. Tapi sate buaya, tangkur dan minyak buaya hanya bisa ditemukan pada akhir pekan atau hari libur saja.

Tempat Penangkaran Buaya Teritip terawat dengan baik dan memiliki banyak fasilitas, seperti lahan parkir, toilet, toko souvenir, dan restoran.

Demikianlah ulasan tentang Penangkaran Buaya Teritip sebagai salah satu tempat wisata menantang di Kota Balikpapan. Berkunjung ke tempat ini akan menjadi pengalaman traveling yang sulit terlupakan.

Selanjutnya, lihat juga : Bekantan, Primata Hitung Panjang dari Pulau Kalimantan.

Penangkaran Buaya Teritip, Tempat Wisata Menantang di Balikpapan | Husni Cahya Gumilar | 4.5