Melepas Penat di Pemandian Air Panas Sangkan Hurip Kuningan

Pemandian Air Panas Sangkan Hurip adalah objek wisata yang terletak di desa Sangkan Hurip, kecamatan Cigandamekar, kabupaten Kuningan, provinsi Jawa Barat. Pemandian air panas ini merupakan salah satu objek wisata yang terkenal dan menjadi andalan di daerah itu. Jadi tidak heran bila pemandian ini sering ramai oleh pengunjung.

Pemandian air panas ini menyuguhkan sensasi air panas alami bersuhu sekitar 36°C – 42°C yang kaya akan mineral dan sulfur. Sumber air panas tersebut berasal dari gunung Ciremai. Air panasnya dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan untuk relaksasi otot-otot yang kaku. Ayo tunggu apalagi, buruan mampir ke Pemandian Air Panas Sangkan Hurip untuk menikmati sensasi mandi air panas dan melemaskan otot setelah semua rutinitas yang anda jalani.

Di dalam area Pemandian Air Panas Sangkan Hurip terdapat sebuah kolam renang air dingin cukup unik yang terkenal sebagai Kolam Renang Luncuran Naga. Disebut begitu karena puncak luncuran  berbentuk kepala Naga yang indah dan papan luncurnya berbentuk lidah Naga. Di ujung kolam juga terdapat kolam renang air dingin dangkal untuk anak-anak.

Pemandian Air Panas Sangkanurip tempat wisata di kuningan

Pemandian Air Panas Sangkan Hurip via seputarjalanjalan-new.blogspot.com

Di sebelah kiri Kolam Renang Luncuran Naga terdapat beberapa payung-payung peneduh yang di bawahnya ada tempat duduk yang terbuat dari semen beton yang cukup nyaman. Para wisatawan bisa menggunakan tempat tersebut untuk beristirahat dan menikmati suasana sekitar yang pemandangannya indah dan hawanya cukup sejuk, serta menikmati makanan yang tersedia di sana. Pemandangan di sana berupa panorama Gunung Ciremai yang menjadi latar belakang Kolam Renang Luncuran Naga.

Baca juga: 28 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

Bila ingin bersantai dan berendam di Pemandian Air Panas Sangkan Hurip yang menyehatkan dan menyegarkan ini, wisatawan tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Hanya dengan Rp. 10.000/orang untuk dewasa dan Rp. 7.000/orang untuk anak-anak, wisatawan bisa mendapatkan tempat berendam yang nyaman untuk sekedar melepas penat. Jika wisatawan ingin pemandian yang lebih bagus, maka bisa memilih pemandian kelas eksekutif. Masih dengan harga yang terjangkau, wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 30.000/orang untuk dewasa dan Rp 20.000/orang untuk anak-anak.

Bila ingin menginap di Pemandian Air Panas Sangkan Hurip, wisatawan juga dapat dengan mudah menemukan penginapan dengan harga yang cukup murah berkisar Rp. 100.000 sampai Rp. 150.000/kamar dengan fasilitas mandi air panas juga tentunya. Para wisatawan pun bisa menyewa delman untuk berkeliling di sekitar Desa Sangkan Hurip untuk menikmati pemandangan dengan biaya sekitar Rp. 25.000.

Wahana wisata ini buka dari pukul 07.00 s.d. 20.00 WIB. Lokasinya dapat dicapai dengan menempuh jarak sekitar 23 km dari Kota Cirebon dan sekitar 12 km dari Kota Kuningan dan berada pada jalur utama jalan raya Kuningan-Cirebon yang banyak dilalui oleh kendaraan umum baik bus maupun minibus.

Cukup sekian informasi mengenai Pemandian Air Panas Sangkan Hurip, semoga bermanfaat. Selamat berlibur!

Melepas Penat di Pemandian Air Panas Sangkan Hurip Kuningan | Elsan Nasrillah | 4.5
Leave a Reply