Wisata Pantai Tirtamaya Indramayu Jawa Barat

Pantai Tirtamaya merupakan obyek wisata alam yang berlokasi di pantai utara Pulau Jawa, tepatnya berada di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Bagi Anda yang hendak mudik ke Jawa dengan mobil pribadi lewat jalur pantura, Anda bisa mampir ke Pantai Tirtamaya karena letaknya berada di jalur Jalan Raya Indramayu-Cirebon.

Lokasi Pantai Tirtamaya sangat mudah dijangkau dengan roda dua mupun roda empat. Jaraknya kurang lebih 16 km dari pusat kota Indramayu atau sekitar 38 km dari kota Cirebon. Untuk masuk ke kawasan pantai ini dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 3.000 untuk per orangnya.

Pantai Tirtamaya merupakan pantai yang paling terkenal di Indramayu, mungkin karena obyek wisata alam ini sudah dikelola sejak dulu oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Indramayu.

Daya Tarik dan Keindahan Pantai Tirtamaya

pantai tirtamaya indramayu
Wisata Pantai Tirtamaya Indramayu by ZonaLibur.com via ayoowisatajabar.wordpress.com

Tempat Rekreasi Pantai Tirtamaya adalah salah satu tujuan Wisata yang banyak dikunjungi, selain sebagai pemandian laut yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari.

Pantai Tirtamaya termasuk salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Indramayu yang menjadi magnet tersendiri untuk menarik minat wisatawan dari luar kota untuk piknik atau rekreasi ke Indramayu.

Pantai Tirtamaya memiliki pemandangan laut yang luar biasa, deburan ombak yang khas dan panorama matahari terbenam yang sangat indah.

Di Pantai Tirtamaya, wisatawan tidak dapat melakukan kegiatan snorkeling atau diving karen arus ombaknya lumayan besar. Namun Anda jangan khawatir, di tempat wisata ini Anda masih bisa berenang dan bermain pasir serta menikmati keindahan sunset saat senja tiba.

Pantai Tirtamaya memang cocok dikunjungi bersama keluarga, Anda bisa membawa peralatan piknik dan mengajak si kecil bermain pasir di tepi pantai sambil jalan-jalan ke lepas pantai sambil menunggu datangnya senja senja untuk menyaksikan pesona matahari terbenam di Pantai Tirtamaya.

Di Pantai Tirtamaya terdapat pantai yang kurang lebih 50 meter ke lepas pantai masih bisa dilalui dengan berjalan kaki karena Pantai Tirtamaya dangkal.

Meskipun Pantai Tirtamaya tergolong aman untuk aktifitas berenang, namun Anda harus tetap waspada dan selalu mengawasi anggota keluarga terutama anak-anak jangan sampai terseret arus ombak yang cukup besar.

Di lokasi Pantai Tirtamaya terdapat warung-warung untuk peristirhatan selepas menikmati keindahan pantai, terdapat juga tempat untuk Pemandian atau ruan bilas apabila sudah selsai bermain di pantai ini.

Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.