Pantai Surumanis Kebumen, Manisnya Pesona Pantai yang Masih Asli

By Categories : Wisata Alam

Kabupaten Kebumen memang memiliki banyak pantai-pantai indah yang belum banyak diketahui masyarakat terlebih yang berasal dari luar Kebumen. Pantai Surumanis menjadi salah satu pantai yang tersembunyi tersebut. Pantai ini terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah atau berbatasan dengan Desa Srati, Kecamatan Ayah. Pantai yang berada tepat di sebelah timur Pantai Pecaron ini belum banyak dikunjungi orang. Bukan tanpa alasan, untuk menjangkau Pantai Surumanis ini pengunjung harus melewati jalan yang terjal dan sulit serta menaiki bukit.

Medan yang begitu ekstrim dan penuh tantangan sangat cocok untuk yang berjiwa muda dan selalu ingin tahu tempat-tempat tersembunyi di Kebumen. Pemandangan yang indah dan sejuk udara pegunungan akan membayar rasa lelah saat menempuh perjalanan ke lokasi Pantai Surumanis ini. Kesan pertama yang didapati saat menginjakan kaki di Pantai Surumanis adalah sepi, bersih, dan indah. Hal tersebut akan membuat para pengunjung nyaman dan ingin berlama-lama di Pantai Surumanis ini.

pantai-surumanis-kebumen

Pantai Surumanis Kebumen via mandiriransel.blogspot.com

Berbeda dengan Pantai Menganti, pasir di pantai ini terlihat berwarna hitam kecoklatan. Warna pasir tersebut membuat Pantai Surumanis tak jauh berbeda dengan Pantai Pecaron. Pantai ini memiliki panjang sekitar 600 meter. Gulungan ombak khas pantai selatan yang keras menjemput pasir pantai yang lapang menjorok ke daratan. Pepohonan hijau yang asri menambah keindahan dari pantai yang tersembunyi ini.

Tebing hijau memanjang dari barat ke timur menjadi latar yang apik dan memanjakan mata. Dan dilengkapi dengan aliran sungai kecil dibawahnya. Di sisi barat pantai ini dibatasi oleh Bukit Bunton yang menjulang dengan ditumbuhi banyak pohon kelapa. Di sisi timur terdapat Pantai dan Tanjung Karang Penganten.

Untuk dapat menghabiskan waktu liburan di Pantai Surumanis tidak perlu takut dengan budget yang tinggi, karena tiket masuk ke Pantai Surumanis ini hanya Rp. 5.000/orang dan parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000. Harga tersebut cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Bagi yang ingin mengunjungi Pantai Surumanis bisa mengikuti rute perjalanan sebagai berikut. Dari Kota Kebumen ambillah jalan menuju Pantai Petanahan dan dilanjutkan ke arah Pantai Suwuk. Perjalanan diteruskan ke arah Pantai Karang Bolong. Jika menemui pertigaan jalan yang luas, lurus saja ke arah Pantai Logending. Selanjutnya ikuti jalan raya hingga melewati Pantai Pasir.

Setelah itu akan ditemui tikungan tajam yang menanjak. Lalu, masuklah ke gerbang masuk Pantai Pecaron. Dari sini, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri perbukitan dengan jarak kurang dari 1 Km. Dengan sulitnya medan yang ditempuh, Pantai Surumanis sangat cocok untuk pengunjung yang suka berpetualang.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Surumanis ini maka sebaiknya membawa perlengkapan yang cukup seperti membawa bekal air minum agar tidak kehausan saat di perjalanan. Medan yang di tempuh untuk sampai di Pantai Surumanis berupa jalanan yang berkerikil dan lumpur jika musim hujan tiba. Jalan tersebut dapat diakses dengan cara mengendarai sepeda motor.

Selamat berlibur dan selamat berpetualang!

Pantai Surumanis Kebumen, Manisnya Pesona Pantai yang Masih Asli | Elsan Nasrillah | 4.5