Pantai Sukamade, Surganya Penyu di Banyuwangi

By Categories : Wisata Alam

Pantai Sukamade atau pantai penyu adalah surganya penyu bertelur di Banyuwangi. Tempat ini adalah sebagai wilayah konservasi alam untuk mengembangbiakkan atau melindungi kura-kura. Anda dapat menyaksikan penyu-penyu besar di tempat tersebut.

Pantai Sukamade bisa disebut sebagai surga bagi spesies penyu, pada saat bulan purnama di Sukamade biasanya akan muncul sekelompok besar penyu yang menuju ke bibir pantai untuk berteleur di sepanjang pantai. Nah di tempat ini banyak wisatawan yang menikmati fenomena tersebut dengan menyaksikan secara langsung kegiatan penyu pantai mulai dari bertelur sampai kembali lagi ke laut.

pantai-sukamade-banyuwangi

Pantai Sukamade Banyuwangi via icukwijayadi.wordpress.com

Bagi Anda yang belum pernah melihat penyu bertelur dan ingin melihatnya, di pantai ini terdapat kegiatan penetasan secara manual dengan telur penyu yang telah dikumpulkan oleh petugas. Para wisatawan juga diperbolehkan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut dengan kegiatan konservasi penyu setelah rilis tukik ke laut di pantai.

Untuk mendapatkan petualangan di atas Anda bisa mengikuti tour malam di Pantai Sukamade Banyuwangi.  Anda akan dipandu oleh pemandu sumber daya alam  untuk menemukan kura-kura laut datang ke pantai untuk bertelur. Otomatis Anda dapat melihat penyu betina meletakkan lebih dari seratus telur di pasir pantai. Penyu betina biasanya berlabuh di bibir pantai pada malam hari.

Fasilitas Pantai Sukamade

Objek wisata ini  memiliki fasilitas seperti pondok tour, camping ground, ruang untuk pertemuan, wisata trail, pusat informasi, labolatorium dan workshop. Tentang akomodasi hotel, Anda hanya memerlukan 1 pilihan untuk menginap yaitu di wisma lokal yang disediakan oleh Taman Nasional Meru Betiri.

Di tempat  ini Anda tidak akan menemukan restoran atau cafe, walaupun ada itupun berjarak sangat jauh menuju desa terdekat,  jadi Anda harus memasak sendiri dan bahannya diharapkan membawa sendiri  dari luar karena di tempat ini tidak ada pasar. Ya untuk urusan perut sedikit ribet tampaknya.

Sedangkan untuk infrastruktur jalan dari Pesanggran ke Sarongan sebagian besar sudah beraspal, namun di beberapa bagian jalan mulai ada yang rusak. Jadi untuk sampai ke Pantai Sukamade ini, diharuskan menggunakan layanan jasa sewa jeep Sukamade atau kendaraan jenis off road yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap  medan terjal. Sehingga diperluka kewaspadaan saat mengendari kendaraan.

Rute ke Pantai Sukamade

Bagi Anda yang penasaran berwisata ke objek wisata ini, Anda dapat mencapai Pantai Sukamade Banyuwangi dengan mobil tour atau mobil pribadi dari bandara Surabaya, Malang atau Banyuwangi.  Cara terdekat untuk mencapai  pantai ini adalah dari pelabuhan Banyuwangi ketapang atau dari Jember.

Setelah sampai di Banyuwangi perjalanan diteruskan menuju Serongan dengan menggunakan mobIl pribadi atau mobil tour. Kemudian dari Sarongan Anda menyewa jeep, jeep digunakan untuk menyimpan barang bawaan.

Jalan lain yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan off road dan diharuskan membawa pemandu atau guide yang mengetahui seluk-beluk jalan menuju Pantai Sukamade. Karena di sini belum tersedia angkutan umum  yang dijadwalkan khusus menuju Pantai Sukamade.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai Sukamade jangan khawatir dengan harga tiket karena di sini hanya dikenakan biaya untuk melepas tukik sebesar Rp 50.000 per group, selain itu petugas balai konservasi menyiapkan permohonan donasi bagi Anda tapi sifatnya sukarela. Jika suka maka silahkan mengisi, jika tidak tidak apa-apa.

Penasaran kan, ingin melihat bagimana kura-kura bertelur dan melepaskannya ke laut? Yo ajak sanak saudara Anda untuk berlibur ke objek wisata ini.

Demikianlan info Pantai Sukamade Banyuwangi, terimakasih. Selamat berlibur!

Pantai Sukamade, Surganya Penyu di Banyuwangi | Sa'adah Ze | 4.5