Pantai Siung, Lokasi Rock Climbing Terbaik di Yogyakarta

Rock Climbing di Pantai Siung YogyakartaDaerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikenal sebagai kota di Indonesia yang sangat kaya dengan warisan budaya. Selain memiliki keanekaragaman budaya, Jogja juga menyimpan destinasi wisata yang mempesona dan menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Silakan baca : 10 Tempat Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Salah satu objek wisata di Jogja yang akan kita telusuri kali ini adalah Pantai Siung yang berlokasi Dusun Wates, Desa Purwoda, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 77 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Panorama alam Pantai Siung tergolong unik. Di sana terdapat batu-batu karang berukuran raksasa yang terbentang di timur dan barat pantai. Letak batu-batu karang ini agak menjorok ke laut dan bila dilihat dari kejauhan bentuknya menyerupai gigi kera atau Siung Wanara.

Menurut Pak Wastoyo, sesepuh yang tinggal di lokasi, keberadaan dan bentuk batu ini menjadi asal usul nama Pantai Siung di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Keberadaan tebing-tebing batu karang inilah yang menjadi daya tarik dan keunikan Pantai Siung yang tidak dimiliki oleh objek wisata Pantai lainnya. Pantai ini memiliki 250 jalur rock climbing dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Saking banyak dan menantangnya jalur panjat tebing di Pantai Siung, maka pantai ini dijuluki sebagai The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

rock climbing pantai siung jogja

Kegiatan rock climbing di Pantai Siung ini dimulai pada tahun 1989 yang dipelopori oleh komunitas pecinta alam asal negara sakura, Jepang. Mereka memanfaatkan tebing-tebing karang ini untuk lokasi panjat tebing alam.

Kemudian, pada tahun 2005 lalu, pemerintah Yogyakarta meresmikan objek wisata Pantai Siung ini sebagai lokasi khusus rock climbing di Yogyakarta. Di tahun yang sama, digelar sebuah perhelatan akbar, yakni Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh 250 pemanjat tebing dari 65 negara di Asia dan Eropa.

Selain menjadi lokasi panjat tebing, di Pantai Siung juga terdapat camping ground yang berada di dataran tinggi dan berlokasi tidak jauh dari pantai. Dari lokasi kemping, Anda bisa menyaksikan pesona Pantai Siung secara utuh.

Pantai Siung, Lokasi Rock Climbing Terbaik di Yogyakarta

Anda bebas mendirikan tenda di lokasi camping ground Pantai Siung ini. Bermalam di pinggir pantai tentunya akan sangat menyenangkan. Kita bisa menyaksikan indahnya panorama pantai sambil bersenda gurau bareng sahabat ditemani sajian jagung bakar dengan gemerlap cahaya sebagai penerang.

Untuk bisa berkemah di Pantai Siung syaratnya tidak sulit, Anda hanya perlu menjaga kelestarian lingkungan, tidak mengambil apapun selain gambar, tidak meninggalkan apapun kecuali jejak dan tidak membunuh apapun kecuali waktu.

Untuk memasuki kawasan objek wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- per orang ditambah biaya parkir motor Rp. 2.000,- (bisa berubah berdasarkan kebijakan pengelola).

Letaknya yang tersembunyi, sehingga moda transfortasi umum menuju ke Pantai Siung belum tersedia. Untuk sampai di sana, Anda harus membawa kendaraan pribadi dengan rute perjalanan dari Yogyakarta menuju Wonosari – Tepus – Purwodadi, lanjut ke lokasi. Waktu tempuh dari Yogyakarta menuju Pantai Siung kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan motor atau mobil.

Demikian informasi singkat mengenai Pantai Siung Gunungkidul Yogyakarta, jangan lupa simak juga Pantai Parangtritis, Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Sering Dikunjungi.

Silakan bantu share ke teman-teman di sosial media, agar pariwisata Indonesia semakin jaya. Terima kasih.

Pantai Siung, Lokasi Rock Climbing Terbaik di Yogyakarta | Husni Cahya Gumilar | 4.5