Pantai Rajegwesi, Destinasi Wisata Alam yang Berbalut Sejarah

By Categories : Wisata Alam

Kabupaten Banyuwangi memiliki julukan The Sunrise of Java, merupakan pemilik pantai sepanjang 175 kilometer. Tak heran, karena memiliki banyak pantai yang indah dan relatif masih belum terjamah manusia. Salah satunya Pantai Rajegwesi.

Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Dimana profesi masyarakatnya sebagian besar sebagai nelayan. Pantai ini memiki ombak kecil dibandingkan dengan pesisir pantai selatan lainnya, hal itu dikarenakan adanya bukit dengan batu karang  yang tinggi dan mampu menahan glombang yang datang langsung dari pantai selatan (samudra hindia). Hal ini yang menjadikan pantai ini bernama Rajegwesi. Rajeg yang berarti tiang panjang/ pagar dan wesi artinya besi. Sebuah nama yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti pagar besi.

pantai-rajegwesi-banyuwangi

Bebatuan dan bukit-bukit menjadi pemandangan yang menawan, dengan pasir bersih berwarna kecoklatan, pantai ini tidak sama dengan pantai lain yang berada di satu kawasan pesisir pantai selatan yang pasirnya berwarna putih bersih. Warna coklat ini ditimbulkan karena endapan lumpur di sungai yang terbawa dan bermuara di pantai ini saat hujan tiba.

Dari cerita masyarakat setempat, pantai yang ada di wilayah terpencil ini kali pertama ditemukan oleh tentara Jepang. Di sebelah barat pantai berdiri Bukit Capil, yang dipunggungnya terdapat beberapa bunker pengintai yang dibangun Jepang.

Dahulunya bunker yang disebut warga setempat sebagai Gua Jepang itu di dalamnya masih terdapat persenjataan berupa meriam. Moncong meriam mengarah ke teluk Rajegwesi dalam posisi siap membidik musuh yang datang. Namun keberadaan meriam itu sendiri lenyap tanpa ada yang mengetahui dan kemungkinanya dicuri oleh orang yang bertanggung jawab dan kini hanyalah tinggal sebuah goa yang sudah tua.

Dahulu Jepang menancapkan rajegwesi di mulut teluk dengan formasi bersap yang barisan depan dan belakang saling menutupi tujuannya untuk menyulikan kapal musuh yang akan menyusup ke wilayah tersebut. Orang-orang Rajegwesi kemungkinannanya ada orang Yogyakarta karena dahulu Jepang mempekerjakan pribumi dan diberi tempat bermukim.

Kini, Pantai Rajegwesi yang memiliki keindahan panoramanya yang masih alami ini mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Ombaknya yang relatif tenang, pasirnya yang putih, dan deretan perahu nelayan yang menjadi pemandangan pantai menjadi daya tarik. Disini juga menjadi tempat jual beli ikan yang masih segar. Gugusan bukit di tepi teluk menjadi paduan tofograpi yang unik dan menarik.

Selain pemandangan yang menawan. Di sini juga menjadi habitat penyu dan penangkaran penyu karena pantai ini meruakan bagian dari Taman Nasional Meru Btiri. Dan di bulan tertentu, diadakan tradisi petik laut dengan melarung kepala kambing ke tengah laut. Pantai Rajegwesi juga merupakan pintu masuk dari destinasi lain yang ada di kawasan Taman Meru Betiri. Dengan menggunakan jasa perahu nelayan setempat, Anda akan dapat sampai di destinasi teluk hijau dan destinasilainnya yang masih satu kawasan.

Bagi Anda yang berminat weekend di sana, jaraknya dapat ditempuh dari pusat kota Banyuwangi sekitar 80 km. Akses jalan menuju ke sana relatif mudah, bagi Anda yang datang baik dari arah Jamber ataupun dari Banyuwangi, Anda menuju kota Jajag, dilanjutkan ke Desa Pesanggaran, Sarongan dan sampailah di Pantai Rajegwesi. Dengan mengunakan roda empat dan roda ruda.

Setibanya di Sarongan jalan akan relatif mulus tetapi bila sudah meninggalkan Sarongan maka medan perjalanan Anda akan mulai menantang. Anda harus menempuh jalanan yang sengaja dibiarkan alami dan tidak beraspal akan Anda temui di sepanjang jalan Desa Sarongan, jalan berlumpur dan berlubang memberikan kesan petualangan dan adventure. Jangan hawatir akan kelelahan karena di sepanjang jalan akan disuguhkan pemandanagn hamparan perkebunan yang sangat luas, mulai dari pohon jati, sengon, perkebunan karet, dan coklat yang akan memanjakandan menghilangkan rasa lelah Anda.

Baca juga: Menyusuri Pesona Pantai Watu Dodo Banyuwangi

Bagi Anda yang beruntung akan bertemu satwa yang berkeliaran di perkebunan ini seperti kera hitam, burung elang, dan satwa liar lainnya.

Nah itulah ulasan Pantai Rajegwesi Banyuwangi. Menarik kan? makanya ayo liburan ke pantai Rajegwesi.

Pantai Rajegwesi, Destinasi Wisata Alam yang Berbalut Sejarah | Sa'adah Ze | 4.5