Pantai Pok Tunggal, Pantai Indah Tiada Duanya

By Categories : Wisata Alam

Destinasi wisata pantai di Yogyakarta memang tidak ada matinya. Terutama di bagian selatan Yogyakarta, Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang ikut meramaikannya. Pesona yang menarik dari Pantai Pok Tunggal sendiri adalah barisan tebing karang yang berdiri tegak bagai benteng yang melindungi pantai ini dari hiruk pikuk keramaian dunia luar.

Bisa dibilang tebing-tebing karang yang tinggi dan tegak lurus tadi mempunyai potensi untuk olah raga panjat dinding seperti di Pantai Siung. Memang dinding karang yang tingginya kira-kira sekitar 50 meter ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing yang memacu adrenalin. Namun berbeda dengan pantai siung yang sudah terdapat banyak jalur resmi, memanjat dinding di Pantai Pok Tunggal membutuh nyali dan keterampilan lebih. Karena hingga kini belum ada jalur pemanjatan yang resmi.

Baca juga: Pantai Siung, Lokasi Rock Climbing Terbaik di Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal adalah pantai di Yogyakarta yang masih berada di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Menyenangkannya, mengunjungi Pantai Pok Tunggal juga bisa sekaligus mengunjungi dua pantai lain. Yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Karena pantai ini berada diantara kedua pantai itu.

pantai-pok-tunggal-yogyakarta

Pantai Pok Tunggal via agussas.wordpress.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pantai Pok Tunggal memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst. Anda bisa banyak mengeksplorasi sisi unik dari Pantai Pok Tunggal. Misalnya pada sisi timur dan barat Pantai Pok Tunggal ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang tinggi. Meskipun Pantai Pok Tunggal sendiri bisa dibilang tergolong pantai baru, namun pantai ini mulai terkenal sejak diperkenalkan ke publik pada tahun 2012.

Pemandangan cantik memang terbentang pada sepanjang Pantai Pok Tunggal. Hamparan pantai pasir putih dengan ombak biru yang menghempas seolah menjadi sihir bagi pengunjung yang datang. Biasanya wisatawan yang mengunjungi Pantai Pok Tunggal bisa memanfaatkan momen dengan asyik bermain ombak pantai, sambil sesekali bergaya atau selfie di depan kamera. Di Pantai Pok Tunggal juga ada sebatang Pohon Duras (Pok Tunggal) yang tumbuh rindang.

Kemudian pohon ini menjadi ikon keberadaan pantai ini. Karena itu pohon yang katanya sulit tumbuh ini sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat. Siapapun tidak boleh memanjat pohon ini. Selain itu itu kebersihan Pantai Pok Tunggal ini masih sangat dijaga. Bahkan untuk tetap membuat kebersihan pantai ini terjaga, akan dikenakan denda sebesar Rp 10.000 jika Anda ketahuan membuang sampah sembarangan. Jangan sampai melakukan itu ya?

Tidak jauh dari pantai juga terdapat sebuah mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah. Selain menjadi salah satu keunikan Pantai Pok Tunggal, mata air tawar ini dijadikan sebagai sumber air bagi masyarakat setempat. Pun begitu, Anda yang berkunjung ke Pantai Pok Tunggal boleh juga melihat keberadaan mata air ini. Pemandangan pantai Pok Tunggal memang membuai siapapun.

Tips menikmati pemandangan pantai dengan sepenuhnya adalah dengan menikmatinya dari bukit yang berada di sebelah barat pantai. Bisa juga dinikmati dari balik bukit tebing di sebelah timur. Selain itu jika Anda beruntung, Anda akan menjumpai beberapa primata liar yang ada di sekitar pantai. Dan kalau sudah bosan menjelajah, Anda bisa menikmati pantai dengan berenang sepuasnya di batas bibir pantai. Pasir pantai di sini cukup landai, dan cukup aman untuk berenang.

Walaupun lokasinya jauh dari Yogyakarta, Pantai Pok Tungal ini fasilitasnya tergolong lengkap, mirip dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Selain itu karena ramainya pengunjung domestik maupun mancanegara membuat pengelola pantai mengembangkan dengan baik Pantai Pok Tunggal. Di pantai ini dengan mudah ditemukan warung makan maupun tempat beristirahat berupa gazebo.

Tarif untuk menyewa gazebo maupun payung sendiri masih tergolong murah. Gazebo atau payung dengan kapasitas dua sampai tiga orang tadi disewakan dengan harga IDR 20.000. Untuk Anda yang ingin menginap, bisa bermalam di Pantai Pok Tunggal dengan menyewa tenda dome disini. Biaya untuk satu tenda dome adalah IDR 60.000. Pun kalau yang tidak suka menginap di tenda bisa menginap di beberapa penginapan yang tersedia di sini. Di kawasan pantai juga sudah terdapat toilet umum dengan biaya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Rute Cara Menuju Pantai Pok Tunggal Dari Yogyakarta :

Yogyakarta – Imogiri – Panggang – Jalan Saptosari – Tepus – Ikuti Arah ke Pantai Baron – Pertigaan Jalan sebelum Pantai Baron belok kiri menuju Pantai Indrayanti – Pertigaan di Kawasan Pantai Indrayanti ke kiri ikuti jalan aspal – Pos Retribusi – beberapa meter sebelah kanan jalan ada papan petunjuk arah “Pantai Pok Tunggal” – ikuti jalan kecil berbatu ke lokasi pantai Pok Tunggal dengan ciri ada Pohon Duras di kanan jalan masuk.

Rute Cara Menuju Pantai Pok Tunggal Dari Arah Solo :

Solo – Prambanan – Ambil kiri di pertigaan Jl Solo Prambanan menuju Jl Wonosari – Patuk -> Sambipitu – Hutan Bunder – Wanagama – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari – Tepus – Pok Tunggal.

Bagaimana menarik bukan?

Selamat berlibur…

Pantai Pok Tunggal, Pantai Indah Tiada Duanya | Yura Aliazee | 4.5