Pantai Plengkung Alias G-Land Banyuwangi Surganya Para Peselancar Dunia

By Categories : Wisata Alam

Pantai Plengkung atau sering disebut G-Land Banyuwangi, Jawa Timur merupakan spot terbaik untuk surfing (selancar). Bagi Anda pecinta olah raga selancar, cobalah menjajal ombak di Pantai Plengkung Banyuwangi. Pantai yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini merupakan salah satu surganya para peselancar. Dikenal juga sebagai nama G-Land, Anda dapat merasakan serunya menunggangi gulungan ombak yang memukau.dengan ombak tinggi, besar, serta memanjang sehingga Pantai Plengkung dikenal sebagi laut dengan ombak terbesar di dunia.

Pantai Plengkung atau yang lebih dikenal G-Land adalah pantai yang terletak di kawasan Taman  Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya dapat di tempuh dengan perjalanan darat dari kota Banyuwangi sekitar 1,5 jam. Terletak di bagian tenggara pulau Jawa, berada dalam gugusan pantai selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia, sehingga Pantai Plengkung Banyuwangi termasuk berombak besar.

pantai-plengkung-g-land-banyuwangi

Pantai Plengkung Banyuwangi alias G-Land via www.banyuwangibagus.com

Ombak besar ini dihasilkan oleh sistem bertekanan rendah yang berasal dari selatan (Antartika). Letaknya berada di sisi Teluk Grajakan, maka dari sisi kanan memiliki ombak dominan. Ombak berbentuk panjang, tinggi, serta berkecepatan tinggi. Ombaknya juga berbentuk tabung, ombak hampir sempurna sehingga menjadi favorit para penggila olah raga surfing atau peselancar.

Dahsyatnya ombak di Pantai Plengkung Banyuwangi membuatnya masuk ke dalam jajaran “The Seven Giant Waves”, yaitu sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat berselancar asing.

Pada tahun 1972, terdapat 8 kelompok peselancar melakukan ekspedisi menuju kawasan G-Land. Eksepidisi selanjutnya menggunakan dua rute yaitu rute darat dan rute laut. Tiga kelompok menggunakan boat dan lima kelompok lainnya menggunakan jalur darat. Perjalanan kelompok ekspedisi yang menggunakan jalur darat membawa mereka sampai ke Desa Gjagan. Perjalanan jalur laut mencapai Plengkung lebih keras. Mereka sampai menghadapi kekurangan air bersih, namun akhirnya mendarat di Plengkung. Di sinilah mereka mendirikan camp untuk meninjau kelayakan pantai G-Land sebagai tempat surfing.

Pantai G-Land memiliki ombak yang selalu ada terus-menerus di sepanjang tahun. Di bulan April-Agustus, ombak lautnya mencapai puncak tertinggi. Tidak heran lagi jika pantai G-Land  telah lima kali dijadikan sebagi tempat kegiatan surfing berskala internasional.

Ada empat tipe ombak di Pantai Plengkung ini. Biasanya  para peselancar menyebut ombak paling kecil dengan istilah “chickens” , lalu “speedies” dan “monkey trees”, ombak terbesar dinamai dengan “kongs”.

Ombak paling besar biasanya muncul di bulan Juni, Juli, serta November. Dalam rentang waktu tersebut, ketinggian ombak dapat dicapai hingga 6 m dan tentu saja pantai ini ramai dikunjungi para peselancar.

Bagi Anda yang tidak ingin bermain selancar di Pantai Plengkung, di sini tersedia rumah panggung untuk menonton peselancar yang sedang beraksi. Agar dapat melihat aksi mereka dengan jelas, Anda disarankan membawa teropong. Selain itu, Anda juga dapat menikmati panorama pantainya yang indah, hamparan pasir putih, air laut biru dengan gelombang yang tak pernah putus-putus adalah serangkaian pesonanya yang menarik.

Rute ke Pantai Plengkung / G-Land Banyuwangi

Bagi Anda yang mau berselancar atau hanya ingin menikmati keindahan alamnya, rute menuju pantai G-Land ini sangaja menguji adrenalin, jika dari Surabaya dan Malang menuju ke arah timur yakni Pasuruan-Probolinggo-Bondowoso-Situbondo dan terakhir Banyuwangi. Dari Banyuwangi dilanjutkan menuju Alas Purwo, jalanan menuju pantai rusak parah dan licin bila musim hujan karena belum diaspal. Tempat ini juga dikenal sebagi tempat bersemedi (mencari ilmu), dan juga terdapat macam hewan liar seperti banteng, badak Jawa dan harimau Jawa.

Setelah menempuh perjalanan jauh kita akan disuguhkan pemandangan sangat indah dan melihat peselancar lokal maupun luar negri yang meliuk-liuk sangat indah di atas ganasnya ombak pantai selatan.

Bagi Anda yang berminat jangan hawatir dengan harga tiket  karena tidak akan terlalu mahal, Anda cukup membayar tiket sebesar Rp. 5.000.

Nah itulah ulasan Pantai Plengkung alias G-Land Banyuwangi, semoga dapat memberi manfaat dan menambah referensi liburan Anda akhir pekan ini. Selamat berlibur!

Pantai Plengkung Alias G-Land Banyuwangi Surganya Para Peselancar Dunia | Sa'adah Ze | 4.5