Menikmati Gulungan Ombak Pantai Petanahan Kebumen

By Categories : Wisata Alam

Pantai Petanahan atau dikenal juga sebagai Pantai Pandan Kuning merupakan sebuah pantai yang ada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Timur.  Pantai ini memiliki pasir berwarna abu-abu mengkilap dan kemiringan bibir pantai yang landai. Pantai Petanahan dikenal dengan ombak lautnya yang ganas sehingga di beberapa titik ditemukan abrasi.

Pantai ini sempat menjadi primadona pariwisata Kabupaten Kebumen yang tersohor di seluruh Pulau Jawa. Namun akhir-akhir ini pamor Pantai Petanahan mulai meredup. Dahulu pantai Petanahan memiliki gumuk pasir yang tinggi dan luas seperti Parangtritis di Yogyakarta. Kini kondiisnya mulai hilang/rusak dikarenakan penambangan pasir pantai. Namun tetap saja, pada saat musim liburan pantai ini akan dipenuhi oleh pengunjung. Hanya saja pada hari-hari biasa pengunjungnya hanya beberapa orang saja.

pantai-petanahan-kebumen

Pantai Petanahan Kebumen via didishevaharyadi.wordpress.com

Pantai Petanahan Kebumen ini terlihat sangat panjang dengan bibir pantai berlekuk. Hal tersebut mungkin terbentuk karena hempasan ombak ke tepi pantai yang berbeda-beda tingkat kekuatannya yang terjadi dalam waktu sangat lama. Di Pantai Petanahan juga terdapat tebing rendah yang memiliki tinggi sekitar satu meter. Tebing tersebut memisahkan daerah bibir pantai dengan tempat dimana ada warung terbuka diantara rindang pohon-pohon Cemara Udang.

Sebuah menara pengawas dari kayu menjadi salah satu titik menarik yang ada di tepian pantai ini. Tangga untuk menuju ke atas menara tersebut hanya dipasang pada waktu akhir pekan saja.  Di bawah menara tersebut juga terdapat tebing pendek yang merupakan batas hempasan ombak ketika air laut tengah pasang.

Setelah berjalan-jalan menelusuri pantai yang begitu luas dan menyaksikan deburan ombak laut yang bekejar-kejaran. Pengunjung juga bisa menyaksikannya dengan duduk-duduk santai di pengunungan yang ada di pantai tersebut. Di sekelilingnya terdapat tumbuhan cemara dan pohon pandan.

Di area Pantai Petanahan juga ada bundaran kecil yang di dalamnya terdapat tugu cukup tinggi dikelilingi oleh tembok pendek. Di dasar tugu itu terdapat prasasti yakni Monumen Peringatan Dini Tsunami. Prasasti tersebut dibuat setelah kejadian tsunami yang meluluhlantakkan pantai Selatan Pulau Jawa pada 2006.

Ada lagi yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Disana ada lokasi yang bernama pesanggrahan Pandan Kuning yang biasa digunakan oleh para wisatawan untuk berziarah dan menyepi. Pengunjung juga bisa berkuda di Pantai Petanahan ini dengan menyewa kuda seharga Rp. 5000. Pengunjung bisa menikmati jalan-jalan di pantai dengan naik kuda.

Dengan duduk bercanda dan bercengkrama menyaksikan laut yang begitu indahnya, pengunjung bisa melupakan semua persoalan yang dihadapi. Selain itu, akan mengingatkan akan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan bumi dan isinya.

Sekian informasi singkat mengenai objek wisata Pantai Petanahan yang ada di Kebumen, Jawa Tengah. Jika anda merasa tertarik, silahkan untuk segera berkunjung ke sana. Selamat berlibur!

Menikmati Gulungan Ombak Pantai Petanahan Kebumen | Elsan Nasrillah | 4.5