Wajah Indah Pantai Pecaron Kebumen

By Categories : Wisata Alam

Pantai Pecaron merupakan sebuah wisata pantai yang terletak di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Srati, mungkin karena terletak di Desa Srati. Pepohonan kelapa yang rimbun akan membuat nyaman pengunjung untuk sekedar duduk santai menikmati suasana pantai.

Pasir di Pantai Pecaron berwarna abu-abu, namun ada juga yang berwarna hitam. Terdapat cukup banyak kerikil di pantai ini, sehingga pengunjung harus lebih berhati-hati dalam melangkah. Pantai Pecaron tergolong pantai yang berombak besar dan cukup tinggi, tak jauh berbeda dengan ombak di pantai lainnya yang masih alami.

Pantai ini dikelilingi tebing-tebing yang lumayan besar. Dan jika lautnya surut, pengunjung bisa mengunjungi pantai di sebelah timur yang di pisahkan dengan tebing. Sedangkan di sebelah barat pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan tebing tinggi dengan hamparan pohon-pohon kelapa di bawahnya.

Pantai Pecaron Kebumen

diasporaiqbal.blogspot.com

Pantai Pecaron juga merupakan pertemuan antara sungai dan laut. Jadi, di pantai ini terdapat sebuah muara sungai yang bersumber dari Desa Argosari. Sungai ini bisa digunakan untuk berenang. Di sini disediakan ban pelampung yang dapat pengunjung sewa untuk berenang di muara sungai tersebut.

Sambil menikmati keindahan Pantai Pecaron, para pengunjung juga bisa menikmati kesegaran minuman khas di kawasan wisata Pecaron. Minuman yang alami, manis, dan menyehatkan yaitu air nira atau badhek. Air nira diambil dari pohon kelapa yang ada di sekeliling Pantai Pecaron oleh para pengambil air nira. Kegiatan para pengambil air nira tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Gubug-gugug dan Mercusuar yang ada di Pantai Menganti juga terihat dari Pantai Pecaron ini. Pengunjung bisa ke sana, jika ingin menikmati keindahan Pantai Pecaron dari Pantai Menganti. Karena ada sebuah jalan setapak untuk menuju bukit Pantai Menganti.

Berbeda dari Pantai Menganti, di pantai ini tak terlihat satupun kapal yang mendarat. Padahal Pantai Pecaron pun merupakan tempat pelelangan ikan. Selain itu, tempat duduk yang ada juga sangat sederhana yang terbuat dari bambu. Namun cukup nyaman, karena diatasnya dinaungi oleh pohon kelapa.

Warga bersama Dinas Pemerintah Daerah Kebumen juga telah membuat beberapa obyek atau wahana wisata di pantai Pecaron. Hal tersebut guna meningkatkan jumlah pengunjung ke Pantai Pecaron. Wahana wisata tersebut yaitu fasilitas panjat tebing, lokasi untuk perkemahan, jalur track untuk balap motor trail, lapangan untuk voli pantai, serta fasilitas menarik lainnya.

Untuk masuk ke lokasi wisata Pantai Pecaron, setiap pengunjung hanya dikenai tarif masuk sebesar Rp. 2.500/orang dan sebesar Rp. 2000 untuk biaya parkir kendaraan.

Bagaimana, tertarik untuk liburan dan menelusuri wisata Pantai Pecaron? Ayo ajak keluarga, teman, atau siapapun yang ingin Anda ajak untuk berkunjung kesini!

Selamat berlibur!

Wajah Indah Pantai Pecaron Kebumen | Elsan Nasrillah | 4.5