Pantai Parangtritis, Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Sering Dikunjungi

Pantai Parangtritis merupakan salah satu tujuan wisata alam di Jogja yang paling terkenal dan sering dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun turis mancanegara.

Selain menyimpan pesona keindahan yang luar biasa, Pantai Parangtritis juga kental dengan mitos alam gaib. Masyarakat Yogyakarta percaya Pantai Parangtritis ini merupakan gerbang masuk kerajaan penguasa laut selatan, Ratu Roro Kidul.

Pantai Prangtritis sering pula disebut dengan pantai Paris. Destinasi Wisata di Jogja ini termasuk salah satu pantai paling terkenal di Jogja. Selain menjadi objek wisata favorit para pelancong, pantai di Jogja ini sering sekali jadi tempat berkumpulnya para komunitas, seperti komunitas motor dan sebagainya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Pantai Parangtritis terletak di Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 25 kilometer dari ringroad selatan kota Yogyakarta. Pantai ini sangat mudah dijangkau karena terdapat kendaraan umum berupa bus jurusan terminal Giwangan yang langsung ke Parangtritis.

Pantai Parangtritis menyimpan pesona ombak besar dan karang-karang megah di beberapa lokasi bibir pantai, sehingga Anda tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Pemkab Bantul sendiri sangat serius dalam membangun tempat wisata ini, sehingga saat ini pantai Parangtritis sudah jauh lebih bersih dan tertata rapi.

pantai parangtritis jogja

Pict. fishyblue99.wordpress.com

Ada banyak sekali aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan di pantai ini, seperti bermain air dan pasir, berenang di kolam khusus yang sudah disediakan, naik andong kecil atau bendi, main layang-layang, berfoto, atau sekedar duduk-duduk santai di tepi pantai sambil menikmati semilir angin yang berhembus di bawah payung.

Untuk memanjakan pengunjung, pihak pengelola maupun masyarakat setempat telah menyediakan berbagai fasilitas wisata yang memadai. Di Pantai Parangtritis ini sudah tersedia tempat ibadah yang dilengkapi dengan kamar mandi dan tempat wudhu.

Untuk yang ingin menghabiskan waktu beberapa hari di Pantai Parangtritis, tidak jauh dari lokasi pantai juga sudah tersedia penginapan sederhana milik warga lokal yang menawarkan harga murah. Pada hari libur, biasanya hanya berkisar antara Rp. 50.000,- hingga Rp. 100,000,-.

Tapi jika Anda ingin beristirahat di penginapan yang lebih baik, berkendaralah ke arah selatan hingga jalan mulai menanjak. Harga penginapan di situ rata-rata Rp. 250.000,- per malam. Kalau tidak mau ribet, pesan saja hotel secara online di Pegipegi.com, Traveloka, atau yang lainnya.

Selain tempat menginap yang murah meriah, di Pantai Parangtritis juga terdapat warung-warung yang menjajakan aneka makanan, sekaligus menyediakan kamar mandi baik untuk berbilas setelah bermain air laut, buang air besar maupun air kecil.

Jika Anda penasaran ingin mengunjunginya, Anda boleh datang kapan saja. Objek wisata pantai Parangtritis dibuka setiap hari selama 24 jam. Pintu masuk biasanya hanya dijaga mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB, kecuali hari libur biasanya dijaga sampai malam.

Harga tiket masuk pantai Pantai Parangtritis tergolong murah, hanya Rp. 2.000.- untuk sepeda motor, dan Rp. 3.000,- untuk mobil. Penumpang lain selain pengendara akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang.

Untuk mencapai Pantai Parangtritis, dari terminal Giwangan silakan naik bus jurusan pantai Parangtritis. Atau, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan Anda melalui ringroad selatan kemudian belok ke arah selatan melewati jalan Parangtritis yang terbentang dari utara hingga selatan ringroad selatan Jogja. Luruslah terus kurang lebih 25 km hingga bertemu dengan loket masuk objek wisata pantai Parangtritis Jogja.

Itulah informasi seputar Pantai Parangtritis Bantul Jogjakarta, semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Pantai Parangtritis, Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Sering Dikunjungi | Husni Cahya Gumilar | 4.5