Menelusuri Pantai Menganti, Surga di Kebumen

By Categories : Wisata Alam

Pantai Menganti merupakan sebuah objek wisata pantai yang berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah dan satu-satunya pantai berpasir putih di Jawa Tengah.

Dengan hamparan pasir putih yang di padukan dengan birunya air laut serta di kelilingi oleh bukit-bukit hijau dan tebing alam yang menjulang tinggi pasti akan membuat para pengunjung takjub dan betah untuk bermain-main di lokasi ini. Banyak masyarakat yang sering menyebutnya sebagai New Zeland-nya Kebumen.

Pantai ini diberi nama Pantai Menganti berdasakan cerita yang berkembang. Konon, seorang panglima perang Majapahit melarikan diri ke pantai selatan karena hubungannya dengan kekasihnya tidak direstui oleh orang tuanya. Keduanya kemudian berjanji untuk bertemu di tepi samudera berpasir putih. Sepanjang hari sang panglima perang menunggu di atas bukit kapur namun sang kekasih tak juga datang. Dan sang panglima itu terus menanti dan menanti hingga lama. Dan berdasarkan cerita itulah pantai ini diberi nama Pantai Menganti.

Pantai Menganti Kebumen

coco-jkrahardi.blogspot.com

Pantai Menganti memiliki jajaran pohon kelapa khas pesisir. Pantai ini juga mempunyai tebing pantai raksasa yang tinggi dan besar di bagian barat yang dikenal dengan sebutan Tebing Bidadari. Di Pantai Menganti juga terdapat banyak batu karang besar yang dapat digunakan untuk duduk sambil melepaskan pandangan ke arah samudera. Objek lain yang perlu dikunjungi ketika berada di pantai Menganti adalah menara mercusuar dan Tanjung Karangbata.

Mercusuar ini dibangun pada tahun 1912-1915. Mercusuar memiliki ketinggian 20 meter dan dapat pengunjung naiki hingga bagian puncaknya. Dari lokasi tersebut, birunya Samudra Hindia dengan lekukan bukit karang yang membentang serta hamparan pemandangan laut yang sangat indah dapat pengunjung saksikan.

Di Tanjung Karangbata ini pengunjung dapat melihat luasnya Samudera Hindia dan sebuah pulau karang. Disini juga disediakan gubuk-gubuk untuk berteduh dari terik matahari. Dari Tanjung Karangbata juga terlihat pantai lainnya seperti Pantai Karangbata dan pantai Peacron di sebelah timur.

Suasana yang khas dari pantai Menganti adalah perahu-perahu nelayan yang berjajar, karena sebenarnya Pantai Menganti merupakan pusat tempat pelelangan ikan. Disini banyak terdapat kapal-kapal atau perahu-perahu yang bersandar dengan rapi sehingga menambah keindahan Pantai Menganti jika dilihat dari atas bukit. Meskipun sebagai Tempat Pelelangan Ikan, Pantai Menganti menjadi tempat tujuan wisata nomer satu di Kabupaten Kebumen karena keindahan panorama yang disajikan dan dapat dinikmati dengan sepuasnya.

Pantai Menganti berlokasi kurang lebih 35 Km dari Kota Gombong dan 42 Km dari Kota Kebumen. Pantai ini bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. Belum ada transportasi umum yang bisa menuju Pantai Menganti, karena wilayah pantai ini masih sulit dijangkau karena lokasinya yang berada di balik perbukitan karst dan hutan kawasan Kedu selatan serta jalannya yang cukup curam dan berkelok. Pengunjung lebih di sarankan untuk menggunakan sepeda motor, jangan menggunakan mobil ataupun bus. Berikut ini beberapa rute alternatif yang bisa ditempuh:

Kota Kebumen

Dari Kota Kebumen menuju ke arah Pantai Petanahan, lalu dilanjutkan ke arah Pantai Suwuk. Perjalanan dilanjutkan ke arah Pantai Karang Bolong. Jika menemui pertigaan jalan yang luas, lurus saja (jalur kanan) menuju Pantai Logending. Selanjutnya mengikuti jalan raya hingga melewati Pantai Pasir. Lanjutkan perjalanan hingga melewati tanjakan yang panjang di Desa Srati. Setelah masuk Desa Karangduwur akan ada papan nama petunjuk menuju Pantai Menganti, belok kiri hingga sampai ke pantai.

Kota Purwokerto

Sementara itu, dari Kota Purwokerto lebih baik ambil arah jalan menuju Pantai Pantai Logending. Saat menemukan pertigaan, jika Pantai Logending belok kanan maka kalau ke Pantai Menganti belok ke kiri. Ikuti jalan yang menanjak, kurang lebih 4 km dari Pantai Logending. Membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit untuk sampai ke Gerbang Masuk Pantai Menganti. Lalu belok ke kanan dan terus turun sampai ketemu Pos Retribusi. Lalu tinggal turun terus sampai ke parkiran.

Di sini juga terdapat Warung-warung yang berada di sepanajang pantai yang bisa pengunjung datangi saat mulai merasa lapar setelah menikmati pesona pantainya. Tak hanya itu, di sini juga terdapat gubuk-gubuk dan villa yang disewakan di pinggiran tebing untuk menikmati suasana pantai dengan nyaman.

Untuk memasuki kawasan Pantai Menganti, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5.000/orang. Cukup terjangkau bukan? Tunggu apa lagi? Mari nikmati pesona Pantai Menganti! Selamat berlibur!

Menelusuri Pantai Menganti, Surga di Kebumen | Elsan Nasrillah | 4.5