Pantai Logending, Perpaduan Wisata Bahari dan Wisata Hutan

By Categories : Wisata Alam

Pantai Logending merupakan salah satu obyek wisata pantai yang telah diakui oleh Pemkab Kebumen, terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Pantai Logending disebut juga sebagai pantai Ayah. Objek wisata ini merupakan perpaduan antara wisata hutan dan wisata bahari, yaitu Hutan Wisata Logending dan Pantai Logending. Keadaan alamnya sangat memanjakan mata, membuat pengunjung betah berlama-lama untuk berwisata di sini.

Nama Logending berasal dari kata Lo dan Gending. Lo mempunyai arti kayu, yang kemudian kayu tersebut digunakan untuk membuat alat musik yang bernama Gending. Sehingga nama Logending berasal dari penggabungan antara kata Lo dan Gending.

Pantai Logending berada di daerah pantai selatan pulau Jawa sehingga pemandangan luas Samudera Hindia dapat terlihat dengan jelas. Pantainya yang cukup luas, membuat pengunjung bisa dengan leluasa menatap pantai dengan puas, dikarenakan Pemkab Kebumen melarang para pedagang mendirikan warung-warung di sekitar bibir pantai.

Pantai Logending memiliki pemandangan alam yang indah dengan air yang jernih, serta hamparan pasir luas dan landai. Dalam kawasan wisata ini, pengunjung dapat menghirup udara segar sambil berjalan menyusuri pantai. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa bermain sepakbola, voli pantai, serta duduk santai di atas hamparan pasir.

Pantai Logending Kebumen

kebumenberiman24.blogspot.com

Pantai ini juga merupakan muara dari Sungai Bodo yang memisahkan kabupaten Kebumen dan Cilacap. Untuk menikmati pemandangan sungai ini, pengunjung dapat berkeliling dengan menyewa perahu nelayan setempat. Sepanjang sungai, pengunjung dapat melihat air tenang Bodo, pohon tebal payau di tepi sungai, dan properti Perum Perhutani yang tampak rapi dan hijau.

Selain dibatasi oleh muara Sungai Bodo, pada bagian selatan pantai Logending dibatasi oleh bukit yang berisi pohon jati dan batu-batu besar. Di atas bukit terdapat sebuah rumah dengan pagar pembatas yang dari rumah tersebut dapat melihat laut dan kampung nelayan di sekitar pantai.

Pantai Logending dapat dikatakan sebagai pantai yang terlengkap di antara pantai-pantai lain di Kebumen, karena selain diapit oleh dua bukit atau gunung, pantai ini juga menjadi lahan bagi para nelayan. Hal ini terlihat dari puluhan kapal nelayan yang tiap harinya berjejer di pantai itu dan terdapat tempat penangkaran ubur-ubur serta tempat pelelangan ikan (TPI) yang beroperasi tiap hari.

Daya tarik yang lain dari pantai Logending adalah adanya jembatan di atas air sepanjang 554 meter yang memudahkan pengunjung melihat langsung indahnya panorama alam dan pantai Logending serta ada wisata perahu dapat dinaiki dengan membayar sewa Rp. 5.000 Per orangnya.

Selain pemandangan lautnya pantai Logending juga terkenal dengan hutan yang mengelilingi wilayahnya. Hutan tersebut merupakan hutan milik Perum Perhutani KPH Kedu Selatan. Hutan wisata tersebut mempunyai ketinggian sekitar 5 meter di atas permukaan air laut dengan suhu berkisar antara 24 hingga 34 derajat celcius.

Di hutan ini terdapat berbagai macam tanaman yang merupakan tanaman lokal yang langka. Salah satu tanaman langka yang dapat ditemukan di hutan ini adalah kayu mahoni Afrika. Tanaman ini jarang ditemukan di hutan lain di Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu kawasan hutan juga dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman langka serta pengembangan mahoni Afrika.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai Logending di malam hari, dapat mendirikan tenda untuk berkemah di situs Perum Perhutani yang terletak di hutan jati. Daerah berkemah yang luas, bersih, dan sejuk dirancang khusus bagi pengunjung yang suka berkemah saat bepergian.

Di pantai Ayah tersedia berbagai fasilitas, termasuk tempat untuk bersantai, area parkir yang luas, tempat ibadah, penginapan, arena permainan anak-anak, penyewaan perahu, pusat informasi pariwisata, dan lainnya. Ada juga warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, souvenir dan pedagang yang menjajakan ikan laut dalam kondisi segar.

Bagaimana? Anda tertarik dengan pesona pantai Logending dan Hutan Logending. Ayo segera berkunjung ke sini, karena biaya masuknya pun cukup terjangkau yitu Rp. 4.000/orang untuk dewasa dan Rp. 2.000/orang untuk anak usia 5 (lima) tahun ke bawah.

Selamat berlibur!

Pantai Logending, Perpaduan Wisata Bahari dan Wisata Hutan | Elsan Nasrillah | 4.5