Pantai Lampon Kebumen, Surga Tersembunyi Serasa Pantai Pribadi

By Categories : Wisata Alam

Bagi pecinta petualangan, Pantai Lampon bisa dijadikan pilihan untuk berlibur. Pantai Lampon merupakan pantai yang tersembunyi di Kebumen. Bagaimana tidak tersembunyi, lokasinya saja tertutup oleh bukit dan hiruk pikuk aktivitas nelayan Pantai Pasir yang sibuk membawa hasil laut dari lautan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) setempat.

Pantai ini terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Kebanyakan orang lebih mengenal Pantai Pasir yang berada di desa yang sama dengan Pantai Lampon.

pantai-lampon-kebumen

Pantai Lampon Kebumen via diasporaiqbal.blogspot.com

Pantai Lampon dikelola oleh warga Desa Pasir dengan nama Pesona Wisata Bahari Pasir Indah. Pantai ini mendiami teluk sempit di selatan perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS). Pantai Lampon bukanlah pantai yang luas dan panjang. Pantai Lampon hanya memiliki panjang garis pantai tak lebih dari 100 meter dan lebar yang sempit. Namun demikian suasana alami masih sangat terasa jika Anda menginjakan kaki di Pantai Lampon.

Pasir pantai cokelat di Pantai Lampon masih sangat bersih. Air laut yang berwarna hijau kebiruan berpadu dengan pasir pantai yang landai. Sama seperti Pantai Pasir, Pantai Lampon juga dibatasi tebing karang di sisi barat dan timurnya. Pepohonan hijau nan asri berundak mengelilingi Pantai Lampon hingga ke puncak perbukitan. Tak ketinggalan pohon kelapa khas pesisir yang juga menghiasi Pantai Lampon.

Rute perjalanan menuju Pantai Lampon ini adalah sebagai berikut.

Dari Kota Kebumen ambilah jalan menuju Pantai Petanahan dan dilanjutkan ke arah Pantai Suwuk. Perjalanan diteruskan ke arah Pantai Karang Bolong. Jika menemui pertigaan jalan yang luas, lurus saja ke arah Pantai Logending. Dari Karang Bolong kira-kira hanya lima menitan, akan dijumpai masjid megah di pertigaan jalan.

Di pertigaan itu terpampang petunjuk arah ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasir atau belok ke kiri di pertigaan itu. Dari TPI Pasir dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri bukit ke arah barat.

Dari ketinggian bukit tersebut, keindahan Pantai Lampon yang spektakuler bisa disaksikan. Di atas bukit ini pula hamparan pasir Pantai Lampon berpadu indah dengan perbukitan Karst (kapur) di sekitarnya. Dan tentu saja birunya samudera yang tampak tak berujung memberikan sebuah nuansa damai di hati.

Puas menikmati keindahan pantai dari atas bukit, pengunjung bisa langsung menyusuri dan menuruni bukit menuju hamparan pasir Pantai Lampon. Tempatnya masih sangat alami akan membuat pengunjung serasa berada di sebuah hidden paradise atau surga tersembunyi.

Ombak di pantai ini pun sudah tidak begitu besar karena sudah pecah di kejauhan. Saat sedang sepi pengunjung, maka pantai ini akan benar-benar seperti pantai pribadi. Sejuk, tenang, dan damai.

Adapun harga tiket masuknya adalah Rp. 3.000/orang. Sementara itu, harga parkir kendaraan roda dua Rp. 2.000 dan kendaraan roda empat Rp. 4.000. Sangat terjangkau bukan? Tunggu apalagi? Ayo telusuri keindahan Pantai Lampon yang tersembunyi di balik bukit.

Selamat berlibur!

Pantai Lampon Kebumen, Surga Tersembunyi Serasa Pantai Pribadi | Elsan Nasrillah | 4.5
Leave a Reply