VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Pantai Klayar Pacitan, Wisata Alam Unik dan Eksotis

Pantai Klayar merupakan satu dari sekian banyak objek wisata pantai di Pacitan. Secara administratif, Pantai Klayar terletak di Desa Kakak, Kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasinya berada di perbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah serta masih segaris dengan Pantai Teleng Ria. Pantai Klayar berjarak sekitar 40 km ke arah barat dari pusat kota Pacitan atau dapat ditempuh selama kurang lebih 3 jam berkendara.

Pantai Klayar memiliki ciri khas berupa hamparan pasir putih yang dihiasi dengan deretan pohon kelapa, pemandangan bukit-bukit yang menjulang tinggi. Ditambah lagi dengan air mancur alami setinggi 10 meter, air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan sehingga sering disebut sebagai Seruling Laut. Tidak hanya itu, Pantai ini masih memiliki keunikan yang jarang ditemui di objek wisata manapun, yaitu di sisi timur terdapat deretan tebing karang raksasa mirip Sphinx.

Pantai Klayar Pacitan
Source image: initempatwisata.com

Melihat keindahan yang disuguhkannya tak heran bila kemudian pantai ini mampu menggoda sobat travelers untuk mengisi waktu liburan akhir pekan atau libur panjang di tempat eksotis yang satu ini.

Baca juga: Indahnya Pemandangan Air Terjun di Pantai Banyu Tibo Pacitan

Di Pantai Klayar, pengunjung bisa menyaksikan keindahan laut biru dengan deburan ombaknya yang sangat besar. Di tepi pantai terdapat deretan pohon kelapa dan gubug-gubug yang bisa Anda gunakan untuk berteduh. Jika beruntung Anda dapat melihat penduduk lokal yang memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan (bahan baku gula Jawa). Jika tertarik untuk mencicipi segarnya air deresan, Anda juga bisa memesannya kepada para pemanjat tersebut.

Mengingat ombaknya yang sangat besar, di pantai ini pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Namun jangan khawatir, karena meskipun tidak bisa berenang, saat air laut surut Anda bisa menyusuri karang-karang untuk mencari kerang-kerangan Mollusca dan binatang laut Echinodermata.

Rute Menuju Pantai Klayar Pacitan

Untuk mencapai Pantai Klayar, terdapat beberapa jalur alternatif yang bisa ditempuh, yaitu dari arah Pacitan, dari arah Jogja dan dari arah Solo.

  1. Dari pusat kota Pacitan, perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Moda transfortasi yang ada antara lain andongan, mobil matuk dan ojek. Sarana transfotasi ini umumnya hanya beroperasi pada pagi hari.
  2. Dari arah Yogyakarta, wisatawan bisa melewati rute dari arah Gunung Kidul melalui Wonosari dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam sampai ke lokasi wisata Pantai Klayar Pacitan. Jalannya sempit dan berkelok-kelok, sehingga direkomendasikan untuk menggunakan sepeda motor. Jika menggunakan mobil harus ekstra hati-hari karena sisi kanan dan kiri jalan terdapat jurang.
  3. Dari arah Solo ambil ke arah Kecamatan Pracimantoro hingga pertigaan Giribelah, dari situ belok kanan yang langsung ada tanjakan panjang dengan kemiringan radikal. Perjalanan dilanjutkan hingga perempatan Kalak. Dari Kalak ke lokasi pantai membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam berkendara dengan kecepatan sedang.

Secara keseluruhan, objek wisata ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Namun belum ditunjang oleh sarana pendukung yang memadai, seperti akses ke lokasi cukup sulit, jalannya sempit dan terjal. Selain itu, lahan parkir juga sempit dan petugas masih terbatas sehingga jika musim liburan wisatawan harus antri untuk memarkirkan kendaraannya. Inilah PR besar untuk dinas pariwisata Kabupaten Pacitan.

Demikianlah informasi mengenai Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur. Selamat berlibur!