Pantai Karang Bolong Pacitan, “Surga” Wisata di Timur Pulau Jawa

Pantai Karang Bolong, satu lagi rekomendasi zona liburan untuk Anda yang sedang berkunjung ke Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Adalah Pantai Karang Bolong yang menyuguhkan panorama alam unik dan memanjakan mata. Seperti apa keindahan Pantai Karang Bolong Pacitan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Pantai Karang Bolong termasuk salah satu wisata pantai di Pacitan yang layak masuk daftar tujuan wisata favorit di Jawa Timur. Karena pesona yang dimilikinya, pantai ini disebut-sebut sebagai Uluwatu-nya Kabupaten Pacitan.

Pemandangan yang disajikan di sisi sebelah timur, kita bisa melihat Pantai Klayar. Di sebelah barat kita bisa menikmati bukit di atas pantai dan sunset. Dan pemandangan di sebelah selatan, kita bisa menikmati ombak dan luasnya laut selatan.

Pantai Karang Bolong Pacitan

Sumber: detik travel

Lokasi Pantai Karang Bolong tidak begitu jauh dari Pantai Klayar, tepatnya di Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Rute jalan menuju Pantai Karang Bolong adalah menggunakan arah yang sama dengan Pantai Klayar.

Baca Juga: Pantai Klayar Pacitan, Wisata Alam Unik dan Eksotis

Pantai ini menawarkan keindahan yang luar biasa, namun sayangnya akses menuju ke pantai ini tidak mudah. Jalannya sempit, berkelok-kelok dan turun naik serta tidak terdapat alat transfortasi umum.

Meski begitu, Anda tidak akan kecewa. Lelahnya perjalanan akan dibayar lunas oleh pemandangan eksotis. Selama perjalanan, mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan khas pedesaan dan hijaunya pepohonan. Setiba di lokasi, kita akan disambut oleh keindahan pantai yang masih alami, hembusan angin laut yang bertiup sangat kencang, deburan ombak pantai selatan, hamparan batu-batu karang dan tebing di kiri kanan pantai yang gagah berdiri. Siapapun yang melihatnya  akan merasa betah berlama-lama di Pantai Karang Bolong. Tak ada lagi alasan untuk mendustakan kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa.

Nama pantai di Pacitan ini terbilang unik, Karang Bolong. Dinamai Pantai Karang Bolong karena di sebuah tebing yang menjorok ke laut terdapat beberapa lubang cukup besar akibat hantaman ombak pantai selatan yang terkenal ganas.

Uniknya lagi, di sisi barat Pantai Karang Bolong terdapat sebuah air terjun yang langsung jatuh ke laut. Meskipun air terjun ini sifatnya musiman, namun dapat menambah kemolekan tempat ini.

Kegiatan wisata di pantai biasanya bermain pasir dan air, di Pantai Karang Bolong tidak. Pantai ini tidak memiliki pasir pantai seperti pantai-pantai yang lain. Kita dapat menikmati keindahan pantai Karbol dari atas tebing yang sangat curam.

Untuk melihatnya pun kita harus berhati-hati karena selain tebing sangat curam, juga disertai angin yang berhembus sangat kencang. Jika kita tidak berhati-hati dan kurang keseimbangan, anginpun bisa dengan mudah menerpa dan menjatuhkan tubuh kita ke laut.

Setelah menyimak ulasan di atas, apakah Anda masih ragu untuk liburan ke Pantai Karbol Pacitan? Ah, sayang sekali bila dilewatkan.

Selamat berlibur!

Pantai Karang Bolong Pacitan, “Surga” Wisata di Timur Pulau Jawa | Husni Cahya Gumilar | 4.5