Pantai Karang Agung, Surga Kecil di Kebumen

By Categories : Wisata Alam

Di sepanjang garis selatan Kabupaten Kebumen terbentang deretan pantai-pantai yang menawan. Salah satunya adalah pantai Karang Agung. Pantai ini terletak di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Menurut cerita, pantai ini merupakan tempat yang cukup sakral dan dikeramatkan penduduk sekitar. Sebelum pantai ini dibuka untuk umum, beberapa warga setempat juga sering mengadakan ritual sedekah laut.

Pantai Karang Agung yang dikeramatkan oleh warga setempat ini tersembunyi di balik deretan perbukitan karst Gombong Selatan. Ciri khas dari pantai ini yaitu terdapat batu karang yang tinggi dan besar yang berdiri kokoh terpisah dari daratan. Pasir di pantai ini tak begitu banyak, tidak seperti pantai pada umumnya. Di pantai ini lebih didominasi oleh batu-batu kecil yang berserakan. Namun, hal itu tetap tidak mengurangi keindahan pantai tersebut.

Pantai Karang Agung Kebumen

diasporaiqbal.blogspot.com

Untuk mencapai pantai yang sunyi nan elok ini bisa melalui dua jalur yaitu jalur timur dan jalur barat. Bagi pengunjung yang memilih jalur timur, rutenya yaitu Gombong – Karangbolong – Pasir – Karangduwur – Argopeni. Sementara itu, bagi pengunjung yang memilih jalur barat rutenya adalah Gombong – Rowokele – Pantai Logending – Argopeni.

Ketika akan berwisata ke Pantai Karang Agung sebaiknya para pengunjung menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Meskipun terdapat angkutan umum, namun frekuensinya sangat jarang. Pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di jalan atau di sebuah warung yang ada di sini. Pengunjung tak perlu bingung mencari warung yang mana, karena di sini hanya terdapat satu warung tersebut.

Setelah memarkir kendaraan, pengunjung akan diberi tahu untuk turun ke bawah menerobos kawasan hutan jati milik perhutani dengan berjalan kaki. Jalan tersebut merupakan jalan setapak berjarak kurang lebih 1 km. Jalannya berupa tanah yang berjenis lempung sehingga akan terasa licin jika terkena air. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasi Pantai Karang Agung.

Pengunjung harus ekstra hati-hati melewati jalan setapak tersebut. Terlebih ketika sedang hujan atau sesudah hujan dipastikan jalan akan menjadi sangat licin. Namun kelelahan pengunjung selama berjalan kaki di jalan setapak tersebut akan terbayar begitu melihat pantai ini. Pengunjung akan disambut dengan hamparan karang dan pantai yang indah berpasir coklat.

Karang yang berdiri kokoh, pohon-pohon kelapa yang melambai diterpa angin, dan deburan ombak  akan menambah pemandangan yang menakjubkan. Apalagi jika kebetulan air laut belum pasang, pengunjung bisa berjalan mendekati batu karang besar yang ada di Pantai Karang Agung ini. Di salah satu sudut selatan pantai ini juga terdapat air terjun mini dan disisi utara terdapat batu karang yang dibawahnya ada goa yang sepertinya goa sarang burung.

Baca juga: Menyusuri Keindahan Pantai Karang Bolong Kebumen

Tidak ada tarif yang dipatok untuk menikmati pesona Pantai karang Agung ini. Pengunjung cukup membayar uang parkir kendaraan.

Ayo, tunggu apa lagi? Mari kita nikmati surga kecil di Pantai Karang Agung ini! Selamat berkunjung!

Pantai Karang Agung, Surga Kecil di Kebumen | Elsan Nasrillah | 4.5
Leave a Reply