Pantai Indrayanti Gunungkidul, Tempat Wisata Alam di Yogyakarta yang Mirip Pantai di Bali

Pantai Indrayanti Gunungkidul merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik di Yogyakarta. Dari namanya, pantai ini terdengar sedikit aneh. Apalagi pemandangan alamnya. Pantai Indrayanti menawarkan panorama alam yang sangat indah dan unik dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, Jogja.

Nama Indrayanti berasal dari nama seorang pemilik restoran di kawasan pantai tersebut. Di depan restoran itu terdapat papan nama “Indrayanti”, sehingga para wisatawan mengenal pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti.

Padahal, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul sendiri memberi nama pantai ini dengan Pantai Pulang Syawal. Namun nama tersebut kurang familiar dan masyarakat lebih terbiasa menyebutnya dengan Pantai Indrayanti.

pantai indrayanti gunungkidul yogyakarta

Secara geografis, Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Lokasinya berada di sisi timur Pantai Sundak, juga berdekatan dengan dengan Pantai Baron dan Pantai Krakal.

Aktivitas Wisata yang dapat dinikmati di Pantai Indrayanti antara lain bermain pasir putih, mencari ikan warna-warni dan biota laut lainnya di sela-sela karang, hunting foto di atas tebing, naik jetski dengan tarif Rp. 250.000 / 15 menit atau duduk santai menikmati angin sepoi-sepot di tepi pantai.

Pantai di Gunungkidul ini memiliki bentang pasir yang putih, bersih dan bebas dari sampah, perbukitan batuan karang yang megah serta air laut jernih yang terlihat berwarna biru. Sehingga pantai ini sangat disukai oleh para wisatawan yang gemar bermain air atau berenang di pantai.

Tidak heran kalau saat ini pantai Indrayanti Gunung Kidul menjadi tujuan wisata favorit di Yogyakarta. Keindahan alam dan settingan pantai Indrayanti yang mirip pantai-pantai di pulau Bali mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Baca juga : Daftar Tempat Wisata di Bali yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

Kebersihan pantai Indrayanti ini terwujud berkat kesadaran pengunjung, peran aktif pihak swasta dan peraturan pemerintah setempat yang menjatuhkan denda Rp. 10.000,- per sampah bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan di tempat wisata ini.

pantai indrayanti gunungkidul jogja

Kebersihan dan kenyamanan tempat wisata pantai Indrayanti Gunungkidul ini patut diteladani oleh seluruh obyek wisata lainnya di Indonesia. Kepuasan pengunjung dan kelestarian alam harus tetap dijaga agar anak cucu kita bisa menyaksikan indahnya alam Indonesia tercinta.

Selain menawarkan keindahan, kebersihan dan kelestarian alamnya, Pantai Indrayanti Gunungkidul juga menawarkan hidangan kuliner khas laut yang menggoda selera. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati aneka kuliner seperti nasi goreng, bakso, soto, gudeg, dan lain-lain.

Bagi yang masih betah liburan di pantai ini atau ingin menikmati suasana malam yang indah di Pantai Indrayanti, tidak usah bingung memikirkan tempat untuk istirahat. Di sekitar pantai ini sudah tersedia sejumlah penginapan yang menghadap ke arah laut. Sehingga Anda bisa beristirahat ditemani desir angin pantai dan suara debur ombak yang bikin tubuh dan pikiran lebih rileks.

Jika Anda berlibur bersama keluarga, suasana malam di Pantai Indrayanti Gunungkidul akan memberikan nuansa berbeda yang mampu menumbuhkan kembali rasa cinta dalam keluarga Anda.

Tarif penginapan di Pantai Indrayanti bervariasi, mulai dari Rp. 100.000,- sampai Rp. 350.000,- per malam, tergantung fasilitas penginapan dan waktu menginap. Jika Anda menginap saat musim liburan harganya akan lebih mahal dari hari biasanya. Jika ingin reservasi hotel secara online, bisa memesannya di pegipegi.com atau yang lainnya.

Rute dan Jalan menuju Pantai Indrayanti

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, bisa naik bus jurusan Jogja – Wonosari, turun di terminal Wonosari lalu naik ojek sampai ke lokasi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, langsung mengikuti jalan Wonosari. Setelah sampai alun-alun Wonosari, perjalanan diteruskan menuju Terminal Wonosari.

Jalan menuju Pantai Indrayanti Gunungkidul terbilang bagus, namun dari pusat kota terminal Wonosari belum ada sarana transfortasi umum. Jalannya berkelok-kelok, banyak tanjakan dan turunan.

Harga tiket masuk Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

Pantai Indrayanti buka setiap hari. Untuk masuk ke kawasan pantai, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp. Rp.10.000/orang (sudah termasuk akses masuk ke pantai Baron, pantai Krakal, paktai Kukup, pantai Sepanjang, pantai Sundak, dan pantai Drini). Ditambah Rp. 4.000,- untuk motor dan Rp. 15.000,- untuk mobil.

Demikianlah informasi mengnai Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta. Selanjutnya baca juga : 10 Tempat Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi. Selamat berlibur!

Pantai Indrayanti Gunungkidul, Tempat Wisata Alam di Yogyakarta yang Mirip Pantai di Bali | Husni Cahya Gumilar | 4.5