Pantai Bama, Objek Wisata Eksotik di Taman Nasional Baluran Situbondo

By Categories : Wisata Alam

Pantai Bama adalah slah satu destinasi wisata taman nasional baluran (NTB) yang ada di Situbondo, Jawa Timur. Mempunyai pasir putih dengan ombak yang relatif tenang serta di kawasan pantai yang tidak terlalu ramai ini dikelilingi banyak pohon rimbun yang membuat udara di sini terasa sejuk.

Jawa Timur juga dikenal sebagai kawasan yang kaya akan pantai dengan beragam karakteristiknya. Tak terkecuali Pantai Bama, sebuah pantai nan indah dengan pasir putih dan air jernih yang berada di balik eksotika taman nasional baluran.

Keunikan Pantai Bama yaitu lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Berjalan ke barat menyusuri jalan setapak, Anda bisa menyaksikan eksotika tumbuhan mangruve dari dekat dengan menyusuri jembatan padang. Ujung jembatan padang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung yang ingin melakukan kegiatan memancing.

Objek wisata Pantai Bama memiliki keindahan dengan pasir putih dan bersih, airnya jernih serta nuansa yang masih alami dengan beberapa binatang liar yang ada di sekitar obyek wisata Pantai Bama. Hewan-hewan liar seperti biawak, lutung dan berbagai jenis burung. Tetapi Anda perlu hati-hati dan waspada terhadap kera-kera liar yang terkadang berbuat iseng kepada para pengunjung.

pantai-bama-situbondo

Pantai Bama Situbondo via wisatasitubondo.com

Kita bisa berteduh di bawah rerimbunan pohon sambil menikmati panorama alami pantai dengan melintasi mangrove trail yang dikelilingi oleh hutan mangrove (bakau). Ketika melintasi jembatan kita akan disajikan panorama hutan mangrove yang mempunyai pohon rhizopora sp dengan ukuran cukup besar, pohon bakau ini memiliki akar jenis jangkar, sehingga bagi Anda yang suka berpetualang juga bisa menaiki akar-akar tersebut. Jika sudah melewati hutan bakau kita akan disambut dengan gazebo atau gardu pandang untuk bersantai bersama menikmati pemandangan laut selat Bali.

Baca juga: Indahnya Pantai Dreamland Bali

Selain dikenal dengan berbagai keunikannya, Pantai Bama juga dilengkapai dengan beberapa fasilitas penunjang wisatawan, seperti kamar bilas, tempat makan dan istirahat, hingga penginapan dengan pemandangan pantai di depannya. Menurut pengelola Taman Nasional Baluran, Pantai Bama kerap menjadi destinasi wisata unggulandi Situbondo dengan pemandangan matahari terbit dan pemandangan bawah laut yang menawan.

Secara administrasi, Pantai Bama masuk dalam wilayah Situbondo. Untuk sampai di lokasi pantai, pengunjung harus melewati gerbang masuk Taman Nasional Baluran yang berada di jalan Banyuwangi-Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih. Dari gerbang  Taman Nasional Baluran menuju lokasi Pantai Bama berjarak sejkitar 8 km. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disajikan  keindahan Taman Nasional Baluran yang hijau di musim hujan dan terlihat gersang seperti musim kemarau.

Setibanya di lokasi pantai, pengunjung akan disambut dengan kawanan  kera abu-abu ekor panjang. Pantai Bama, selain dikenal sebagai pantai dengan air jernih  dan hamparan pasirnya yang putih, ternyata juga menjadi habitat sekawanan hewan liar, seperti kera dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur.

Bagi Anda yang berminat berlibur ke Pantai Bama jangan khawatir dengan harga tiket, karena harganya cukup murah yaitu berkisar Rp. 20.000  per orang, ditambah biaya parkir roda dua berkisar Rp. 3.000 dan utuk roda empat berkisar Rp 6.000.

Jika Anda ingin menginap di Pantai Bama jangan khawatir karena Anda akan dengan mudah menemukan penginapan dengan harga berkisar Rp. 75.000 per orang. Bagi Anda yang membawa keluarga besar maka dapat menyewa Bunglow di sini dengan harga bekisar Rp. 300.000. Apabila Anda ingin menambah fasilitas extra bed, maka harus menambah sekitar Rp. 25.000 agar lebih leluasa menikmati keindahan Pantai Bama.

Yang perlu Anda ingat adalah listrik di sni hanya menyala pada pukul 5 sore hingga pukul 11 malam. Apabila Anda sangat membutuhkan untuk semalaman, maka mereka juga menyediakan sumber listrik tenaga surya yang sudah mereka simpan, dengan harga sewa Rp. 150.000 sampai pagi. Menarik bukan?

Itulah tadi ulasan mengenai Pantai Bama, semoga bermanfaat. Selamat berlibur!

Pantai Bama, Objek Wisata Eksotik di Taman Nasional Baluran Situbondo | Sa'adah Ze | 4.5