VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

8 Oleh-oleh Khas Manado yang Wajib Dibeli Saat Kamu Berkunjung ke Sana

Oleh-oleh Khas Manado – Kota Manado menjadi tujuan wisata favorit wisatawan domestik dan turis mancanegara, karena di kota ini terdapat spot  diving yang sangat indah yaitu Taman Laun Bunaken.

Selain memiliki tempat wisata yang wajib dikunjungi, Manado juga miliki makanan khas yang sangat lezat. Jika Anda berkunjung ke kota Manado, tentunya tidak ingin pulang dengan tangan kosong. Ada banyak oleh-oleh khas Manado yang bisa Anda bawa untuk kerabat dan keluarga di rumah.

Oleh-oleh khas Manado

1. Halua Kenari

halua kenari oleh-oleh khas manado

Halua kenari adalah salah satu oleh-oleh khas Manado berbahan dasar kacang kenari yang dilapisi oleh cairan gula merah. Cemilan khas Manado ini banyak dijual di toko oleh-oleh khas Manado. Harganya tergantung ukuran kemasan, mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 45.000,-

2. Klappertart

Klapertart oleh-oleh khas manado

Klappertart adalah kue yang asalnya dari Belanda, kemudian dimodifikasi dengan sentuhan budaya Indonesia. Kue ini terbuat dari kelapa muda, air kelapa, tepung, margarin, gula dan susu. Kue yang manis dan memiliki tekstur lembut ini enak disantap dalam keadaan dingin.

Harga Klappertart berkisar antara Rp. 15.000 – Rp. 60.000 tergantung ukurannya. Oleh-oleh khas Manado yang satu ini hanya mampu bertahan selama 12 jam. Harus disimpandalam wadah tertutup dan bersuhu dingin.

3. Pala Manis

pala manis oleh-oleh kahas manado

Pala manis merupakan oleh-oleh khas Manado yang sudah diekspor ke Malaysia. Cemilan ini terbuat dari buah pala dengan cairan gula sebagai pemanis, sehingga teksturnya mengkilap dan lebih bersih. Tampilannya berbeda dengan manisan pala yang terbuat dari kota lain.

Anda bisa membeli pala manis di berbagai sudut kota Manado, di counter Bandara Sam Ratulangi Manado atau Pelabuhan Bitung. Harganya rata-rata Rp. 40.000 per bungkus.

4. Panada

panada oleh-oleh khas manado

Panada adalah makanan peninggalan bangsa Portugis yang datang ke Minahasa beberapa abad lalu. Kemudian makanan ini diakui sebagai oleh-oleh khas Manado. Cemilan ini berupa ikan cakalang yang dibungkus roti.

Harga kue panada berkisar mulai Rp. 1.250. Semakin banyak isinya, maka harganya akan semakin mahal.

5. Sambal Roa

sambal roa oleh-oleh khas manado

Oleh-oleh khas Manado ini sangat digemari oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa yang telah diasap dan dihaluskan kemudian dimasak bersama bumbu dan minyak. Rasanya sangat lezat.

Oleh-oleh khas Manado ini bisa bertahan hingga satu tahun jika disimpan dalam kulkas, namun jika disimpan dalam suhu ruangan hanya bertahan sampai enam bulan saja. Harganya tergolong murah, yaitu antara Rp. 55.000 – Rp.65.000.

6. Cakalang Fufu

cakalang fufu oleh-oleh khas manado

Dalam bahasa Indonesia, fufu berarti pengasapan. Jadi, cakalang fufu adalah iklan cakalang yang diawetkan melalui proses pengasapan (fufu) selama kurang lebih 4 jam. Masyarakat di daerah pesisir mengawetkan iklan cakalang karena hasil tangkapan ikan cakalang sangat banyak. Harga cakalang fufu berkisar antara Rp. 35.000 hingga Rp. 65.000. Cukup murah bukan?

7. Dodol Amurang

dodol amurang oleh-oleh khas manado

Selama ini dodol memang identik dengan kota Garut, Jawa Barat. Namun ternyata Manado juga memiliki olahan dodol dengan cita rasa tersendiri, yakni dodol amurang yang terbuat dari gula aren, beras ketan, minyak kelapa, kacang dan kayu manis. Harga dodol amurang berkisar antara Rp. 500 sampai Rp. 5.000. Pelesir ke Manado, jangan lupa beli bawa oleh-oleh ini untuk keluarga di rumah.

8. Kacang Goyang

kacang goyang oleh oleh khas manado

Kacang goyang merupakan salah satu oleh-oleh khas Manado yang terbuat dari kacang atom dibalut tepung terigu dan dilapisi lumuran gula dengan warna yang berbeda-beda. Kudapan ini dapat Anda bawa pulang dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 sampai Rp. 25.000 saja.

Itulah kuliner oleh-oleh khas Manado yang wajib kamu beli, selanjutnya lihat juga 6 Kuliner Khas Banyuwangi yang Menggoda Lidah.