Oleh-oleh Khas Garut Selain Dodol

Oleh-oleh khas Garut ternyata bukan cuma dodol. Ada banyak makanan khas Garut yang memiliki cita rasa unik dan lezat serta kerajinan khas Garut yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berwisata ke Garut.

Garut merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Warganya juga terbilang ramah terhadap pendatang. Tidak heran bila mantan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, menyebut Garut sebagai Kota INTAN, yaitu kota indah, tertib, aman dan nyaman.

Silakan baca: 15 Tempat Wisata di Garut Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Selain memilki banyak tempat wisata yang memanjakan mata, Garut juga dikenal dengan oleh-olehnya yang khas, yaitu dodol Garut. Di Garut ada banyak pabrik dodol yang memproduksi dodol Garut dengan varian rasa yang berbeda-beda.

oleh-oleh khas garut dodol

Bila Anda berkunjung ke Garut, Anda akan menemukan aneka dodol Garut dan aneka makanan khas Garut lainnya di toko-toko souvenir Garut yang berjajar di sepanjang jalan Otista, Tarogong, sebelum belok ke jalan Cipanas. Kawasan ini bisa dibilang sebagai pusat oleh-oleh khas Garut, sebab mulai dari makanan hingga kerajinan khas Garut bisa Anda temukan di sekitar jalan Otista, Tarogong.

Pada artikel kali ini, saya akan mengulas oleh-oleh khas Garut selain dodol, baik berupa makanan khas Garut maupun kerajinan khas Garut.

Oleh-oleh khas Garut selain dodol

A. Makanan Khas Garut

1. Cochodot Garut

oleh-oleh khas garut cochodot

Chocodot Garut adalah coklat isi dodol atau dodol Garut yang dibalut coklat. Cochodot Garut belakangan ini menjadi buah bibir di kalangan pecinta kuliner Tanah Air. Kiki Gumelar sang maestro cochodot Garut, mengemas dodol menjadi sesuatu yang berbeda, dengan rasa yang unik, serta bentuk dan kemasan yang kreatif. Tak heran apabila oleh-oleh khas Garut yang satu ini sangat disukai dan diminati banyak orang, termasuk warga dari luar kota Garut.

2. Opak Bungbulang

oleh-oleh khas garut opak bungbulang

Oleh-oleh khas Garut selain dodol yang sudah terkenal hingga ke kota-kota besar adalah opak Bungbulang. Opak bungbulang terbuat dari ketan berkualitas tinggi, saripati kelapa dan garam.

Opak Bungbulang memiliki rasa yang khas, renyah dan nikmat di lidah. Cara memasak opak Bungbulang adalah dibakar di perapian.

Bungbulang sendiri merupakan nama kecamatan di Garut yang telaknya berada di wilayah Selatan. Selain terkenal dengan opaknya, Kecamatan Bungbulang juga menjadi sentra batu akik Garut yang fenomenal. Bungbulang juga memiliki tempat wisata pantai yang indah, yaitu Pantai Rancabuaya.

3. Dorokdok dan Kerupuk Kulit

oleh-oleh khas garut dorokdok

Dorokdok dan kerupuk kulit adalah oleh-oleh khas Garut yang terbuat dari kulit. Dorokdok biasanya terbuat dari kulit sapi pilihan dan diolah dengan rempah-rempah istimewa khas Garut. Sedangkan kerupuk kulit biasanya terbuat dari kulit kerbau.

Bila dilihat dari tampilannya, dorokdok terlihat lebih gelap, sedangkan kerupuk kulit biasanya terlihat lebih putih dan teksturnya lebih padat. Namun yang jelas, kedua makanan khas Garut ini lezatnya tiada dua.

Oleh-oleh khas Garut ini banyak di jual di sepanjang jalan Sukaregang dan jalan Otista Tarogong. Sering juga dijajakan oleh pedagang asongan di terminal Guntur Garut.

4. Comring Banjarwangi

oleh-oleh khas garut comring banjarwangi

Comring Banjarwangi meskipun belum populer seperti opak Bungbulang, namun pantas masuk daftar oleh-oleh khas Garut. Comring Banjarwangi pertama kali dikenalkan oleh Pak Maman Gembol. Di tangan Pak Maman, singkong diubah menjadi camilan renyah dan nikmat.

Bila Anda kebetulan lewat ke wilayah Kecamatan Banjarwangi, Anda bisa menemukan Comring Singkong Pak Maman di jalan Patrol – Cikondang, Desa Wangunjaya. Tahu persis karena admin ZonaLibur.com asli orang Banjarwangi. he

5. Wajit Cisompet

oleh-oleh khas garut wajit

Wajit adalah makanan yang dibuat dari ketan pilihan, santan dan gula merah. Di Jawa Barat, wajit yang terkenal adalah wajit Cililin. Selain wajit Cililin, ada juga wajit Cisompet Garut yang legit dan unik. Uniknya wajit Cisompet berukuran cukup besar dan dibungkus dengan daun pelepah kawung (aren).

Oleh-oleh khas Garut yang satu ini bisa dijumpai di Kecamatan Cisompet. Jika Anda berencana liburan ke Pantai Santolo atau Pantai Sayang Heulang, silakan mampir di pasar Cisompet untuk berburu wajit khas Cisompet.

6. Kripik Kentang Cikajang

oleh-oleh khas garut kripik kentangjpg

Cikajang merupakan salah satu kecamatan di Garut sebagai sentra pertanian. Letaknya berada di kaki gunung Cikuray, sehingga suhu udaranya sangat dingin dan baik untuk bercocok tanam.

Sebagai sentra pertanian di Garut, Cikajang mampu menghasilkan kentang berkualitas tinggi. Selain dijual ke pasar induk di kota-kota besar, hasil produksi kentang juga bisanya diolah menjadi keripik/ kerupuk kentang yang gurih.

Keripik kentang Cikajang bisa Anda peroleh di pasar Cikajang atau di pusat oleh-oleh khas Garut di kawasan jalan Otista Tarogong.

7. Ranginang

oleh-oleh khas garut rangginang

Ranginang atau rangginang adalah makanan yang terbuat dari ketan. Ketan dikukus, setelah matang kemudian dibentuk bulat pipih, lalu dijemur. Proses penjemuran bisa memakan waktu berhari-hari, tujuannya agar ranginang benar-benar kering dan garing saat digoreng.

B. Kerajinan Khas Garut

Selain kaya dengan aneka makanan tradisional, Garut juga terkenal dengan kerajinan jaket kulit Sukaregang, batik Garut dan batu akik Bungbulang.

1. Jaket Kulit Garut

oleh-oleh khas garut jaket kulit

Sukaregang merupakan pusat produksi dan penjualan kerajinan kulit di Garut. Kerajinan kulit Sukaregang yang paling terkenal adalah jaket kulit. Jaket kulit Garut ini sudah terkenal ke seluruh penjuru Indonesia. Bahkan sudah diekspor ke mancanegara.

2. Batik Garut

oleh-oleh khas garut batik

Cinderamata khas Garut yang tidak kalah unik adalah batik Garut. Batik Garut sering juga disebut Batik Garutan. Motif batik Garut antara lain Merak Ngibing, Limar Eneng Segi Dodol, Kembang dan Kalajengking, Lereng Kecil, Parang, Rotan Matahari. Souvenir Garut ini banyak dijual di pusat oleh-oleh Garut di jalan Otista, Tarogong, Garut.

3. Batu Akik Bungbulang

oleh-oleh khas garut batu akik

Saat masyarakat Indonesia sedang demam batu akik pada tahun 2015 lalu, batu akik Bungbulang adalah jenis batu akik yang paling banyak diburu. Batu akik Bungbulang yang terkenal indah dan bernilai jual tinggi adalah batu hijau Ohen atau batu hijau Garut.

Tertarik untuk memakai batu akik Bungbulang?

Silakang datang ke Desa Caringin, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Atau beli di online shop batu akik terpercaya yang tersebar di Internet.

Itulah ulasan mengenai daftar oleh-oleh khas Garut selain dodol, semoga bisa menambah daftar buruan Anda saat berwisata ke Garut.

Tentunya masih banyak lagi kuliner Garut dan kerajinan khas Garut yang tidak ditulis dalam daftar oleh-oleh khas Garut ini, seperti jeruk Garut dan kerajinan akar wangi Garut. Di lain kesempatan, saya akan coba update artikel ini.

Selamat berbelanja dan jangan lupa bantu share ke media sosial, terima kasih.

Oleh-oleh Khas Garut Selain Dodol | Husni Cahya Gumilar | 4.5
Leave a Reply