Inilah Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Dibawa Pulang Saat Berwisata ke Kota Kembang

Tidak lengkap bila Anda liburan ke Kota Kembang tanpa belanja oleh-oleh khas Bandung berupa cinderamata yang unik atau kuliner yang mantap di lidah dan bikin ketagihan.

Bandung memang dikenal memiliki banyak tempat wisata alam yang menawan serta menjadi kota tujuan wisata belanja warga Jakarta dan sekitarnya. Tidak hanya itu, kota yang dijuluki Paris Van Java ini juga kaya dengan aneka kuliner khas yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan buat keluarga di rumah atau kerabat Anda di kantor.

Oleh-oleh Khas Bandung

Beberapa makanan asli Bandung yang bisa Anda bawa pulang diantaranya:

1. Peuyeum Bandung

peuyeum oleh-oleh khas bandung

Peuyeum Bandung merupakan makanan tradisional yang tidak terpisahkan dari kota Bandung. Peuyeum atau tape terbuat dari olahan dari singkong. Peuyeum Bandung biasanya dijual dengan cara digantung di depan kios dan sangat mudah ditemukan di berbagai sudut Kota Bandung. Anda juga dapat menjumpai banyak penjual Peuyeum di kawasan Jalan Cihampelas, Bandung.

Oleh-oleh khas Bandung disukai karena mampu memberi efek hangat pada tubuh sehingga cocok dinikmati saat udara dingin. Rasanya unik dan beda dengan tape yang terdapat di daerah lain.

2. Oncom Raos

Oncom bandung sari raos

Oncom adalah produk olahan yang terbuat dari kacang yang sudah difermentasi. Oleh-oleh khas Bandung ini mempunyai rasa yang khas dan unik sehingga patut masuk daftar belanjaan Anda saat berada di Kota Kembang.

Selanjutnya, kuliner tradisional ini bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sejumlah masakan lezat, seperti Oncom Goreng dan lain-lainnya.

Oncom Bandung yang paling terkenal adalah Oncom Raos,  kedai Oncom Raos dapat dijumpai di jalan Cihampelas No. 91 B, Bandung.

3. Surabi

surabi oleh-oleh khas bandung

Surabi merupakan oleh-oleh khas Bandung yang dulunya dianggap sebagai ‘makanan kampung’. Namun sekarang, kue tradisional khas Bandung ini justru menjadi makanan yang sangat digemari warga Bandung dan para wisatawan. Bahkan saking populernya, surabi seolah menjadi icon kota Bandung yang sayang bila dilewatkan saat berkunjung ke Kota Kembang.

Surabi Bandung tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti Surabi rasa Oncom, rasa Durian keju, rasa Kismis, rasa Ayam Telur Keju, dan pilihan rasa unik lainnya.

Bentuk dan rasa surabi tetap original, namun dikemas dengan tampilan yang lebih modern. Apabila Anda ingin memborong oleh-oleh khas Bandung yang satu ini, Anda bisa datang ke Jalan Setiabudi, Bandung. Di situ  ada surabi yang terkenal di Bandung, yakni Surabi Enhai yang menawarkan varian rasa paling lengkap dengan harga murah.

4. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk nyonya ong oleh-oleh khas bandung

Gepuk adalah olahan makanan berbahan dasar daging sapi. Di beberapa daerah, nama lain dari gepuk adalah empal. Rasanya yang nikmat, membuat Gepuk Nyonya Ong cukup populer di kalangan wisatawan.

Gepuk Nyonya Ong memiliki beberapa varian rasa seperti Beef Lesss Sugar, Beef Salty, Beef Extra Pedas, dan Beef Original. Tersedia pula Chicken Spicy dan Chicken rasa Original. Rasanya sangat enak karena dibuat dari resep tradisional yang diwariskan secara turun-temurun.

Untuk membeli oleh-oleh khas Bandung yang satu ini, datanglah ke jalan Dr. Djunjunan No. 155E, Bandung.

5. Pisang Bolen Kartikasari

pisang bolen kartika sari oleh-oleh kahs bandung

Pisang Bolen Kartikasari mempunyai rasa yang sangat lezat dan bikin ketagihan. Oleh-oleh khas Bandung yang satu ini sudah terkenal sejak tahun 1970 dan hingga kini originalitas rasanya masih tetap terjaga.

Pisang Bolen Kartika Sari tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti rasa keju, coklat, coklat keju, dan durian. Jalan-jalan ke Bandung? singgahlan ke pusat oleh-oleh Kartikasari di jalan H. Akbar No. 4 Kebun Kawung, Bandung.

6. Picnic Roll Prima Rasa

picnic roll prima rasa oleh-oleh khas bandung

Picnic Roll adalah jajanan khas Bandung yang terbuat dari daging olahan yang dicincang dan telah dibumbui sebelumnya, kemudian dimasukkan ke dalam kulit pastry serta ditambah irisan telur rebus, lalu dipanggang sampai berwarna kecoklatan.

Kuliner khas Bandung ini ini sudah populer di kalangan warga Bandung dan para wisatawan karena memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Picnic Roll Prima Rasa tersedia dalam dua varian rasa, yaitu picnic roll rasa daging sapi dan daging ayam.

Kedai Picnic Roll Prima Rasa beralamat di jalan Kemuning, Bandung. Kualitas rasanya terjaga karena aneka pastry, picnic roll, dan semua produk kue Prima Rasa dibuat dalam satu dapur.

Itulah oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda bawa pulang saat liburan ke kota Kembang. Lihat juga 7 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Murah dan Terkenal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda suka dengan informasi ini, silakan share ke teman-teman di facebook, twitter atau google plus. Terim kasih.

Inilah Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Dibawa Pulang Saat Berwisata ke Kota Kembang | Husni Cahya Gumilar | 4.5
Leave a Reply