Objek Wisata Dekat Leuwi Tonjong Cihurip

Lokasi Leuwi Tonjong di Kecamatan Cihurip memang terbilang jauh dari pusat kota. Oleh karena itu ada baiknya kalau sekali ngetrip ke Cihurip kamu mengunjungi beberapa objek wisata. Selain Leuwi Tonjong yang menawarkan keindahan alam dan daya tarik tersendiri, Cihurip masih memiliki 2 objek wisata alam yaitu Curug Nyogong, Curug Cibadak dan Amlong.

Baca juga: Ada Apa Saja di Leuwi Tonjong Cihurip?

Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut hanya memiliki 4 desa, yaitu Desa Cihurip, Desa Mekarwangi, Desa Jayamukti dan Desa Cisangkal. Selain Leuwi Tonjong yang terletak di Desa Jayamukti, berikut adalah objek wisata di Kecamatan Cihurip.

1. Curug Nyogong

Keindahan Curug Nyogong Cihurip Garut
Curug Nyogong Cihurip in Twitter dari ihsan_amd

Curug Nyogong terletak di Desa Mekarwangi. Jalan menuju Curug Nyogong dari pertigaan jalan raya Cihurip cukup bagus, sudah rabat beton dan beraspal.

Tiket masuk dan biaya parkir kendaraan di Curug Nyogong Rp. 10.000. Dari tempat parkir ke lokasi curug pengunjung harus berjalan beberapa menit.

Curug Nyogong memang tidak terlalu tinggi, namun air terjunnya cukup besar. Di musim kemarau juga tidak terlalu surut.

2. Curug Cibadak

Curug Cibadak Cihurip
Dok. ZonaLibur.com

Curug Cibadak berlokasi di Desa Cisangkal, desa paling ujung di Cihurip. Dari Desa Cihurip terus ke bawah, melewati jalan desa yang terdiri atas rabat beton dan sebagian jalan masih rusak parah (16-6-2018).

Curug Cibadak lumayan tinggi, letaknya tepat di pinggir jalan setelah Pudunan Rudet. Namun jika musim kemarau, air terjun di Cihurip ini kecil karena air sungainya surut.

Untuk melihat keindahan Curug Cibadak bisa dari pinggir jalan atau bisa juga mendekat ke titik curug melewati bebatuan sungai yang sedikit menantang.

Belum ada fasilitas penunjang, di pinggir jalan hanya ada beberapa warung jajanan. Saat saya berkunjuung ke sana pada 16 Juni 2018, tempat wisata ini belum dikenai tiket masuk atau biaya parkir kendaraan.

Jika kamu ingin berkunjung ke sini, sebaiknya tidak menggunakan mobil karena melewati jalan yang rusak parah dan belum tersedia tempat parkir.

3. Bukit Amlong

Bukit Amlong Cihurip
Dok. ZonaLibur.com

Amlong merupakan dataran tinggi atau perbukitan. Dari Kantor Polsek Cihurip belok kiri lewat SMA 30 Garut terus ke atas. Jalannya nanjak dan berbelok, namun cukup indah. Di kiri kanan jalan terdapat hutan pinus sehingga di jalan terasa teduh dan berudara sejuk.

Dari Amlong kamu bisa melihat pantai selatan dan lanskap Garut selatan yang hijau dan berbukit. Di Amlong tersedia warung, wc dan menara pandang. Berkunjung ke Amlong tidak dipungut biaya atau tiket masuk dan parkir, semuanya gratis. Kecuali berfoto atau selfi dari atas menara pandang, di situ tertera tarif Rp. 5.000.

Waktu yang tepat berkunjung ke Amlong adalah sore hari karena kalau siang hari di sini panasnya cukup terik. Kamu tak akan kuat, berat! Wkwkwk

Selain foto-foto dan melihat view yang indah, di Amlong juga kamu bisa camping ceria. Peralatan kempingnya bawa sendiri, karena di Amlong tak ada tempat penyewaan peralatan dan perlengkapan kemping.

Itulah 3 tempat wisata di Cihurip dekat Leuwi Tonjong. Sebetulnya tidak terlalu berdekatan, namun masih berada di satu wilayah kecamatan.

Dari arah Garut via Batu Tumpang, urutan destinasinya adalah Curug Nyogong, Leuwi Tonjong, Curug Cibadak, terakhir ke Amlong. Selamat menjelajah Cihurip!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.