Berenang Bersama Ikan Keramat di Objek Wisata Cibulan Kuningan

Objek wisata Cibulan telah diresmikan sejak tahun 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yakni R. A. A. Mohamad Achmad. Maka objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata tertua di Kuningan. Meski sudah berumur tua, objek wisata ini kondisinya sangat terawat karena masih dikelola dengan baik hingga sekarang.

Berenang menjadi salah satu aktivitias menarik yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi objek wisata Cibulan. Anda akan mendapat keistimewaan yakni berenang bersama ikan yang dikeramatkan (ikan dewa). Anda jangan takut dengan keberadaannya pada saat berenang karena ikan dewa terkenal sangat ramah kepada pengunjung. Hal tersebut tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus mengasyikan.

Menurut cerita masyarakat sekitar, ikan dewa yang ada di kolam Cibulan merupakan jelmaan dari prajurit-prajurit yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi karena membangkang dan tidak setia pada pemerintahan. Katanya ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak pernah berubah. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan tersebut menghilang entah ke mana. Namun saat kolam diisi ar, ikan-ikan tersebut kembali dengan jumlah yang tetap sama. Cerita itu cukup menarik hingga membuat penasaran para pengunjung.

Objek wisata Cibulan memiliki dua kolam utama dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda. Kolam pertama memiliki kedalaman dua meter dengan ukuran 35 x 15 meter persegi, sedangkan kolam kedua memiliki kedalaman 60-120 centimeter dengan ukuran 45 x 15 meter persegi. Setiap kolamnya dihuni oleh ikan dewa yang memiliki ukuran yang beragam.

cibulan tempat wisata di kuningan

Objek Wisata Cibulan Kuningan via travel.kompas.com

Di tempat ini dilengkapi juga dengan fasilitas khas tempat pemandian yakni enam buah kamar kecil  untuk tempat ganti pakaian dan 2 buah kamar mandi untuk tempat bersih-bersih setelah berenang. Di sini juga terdapat fasilitas lain seperti kantin dan mushola.

Baca juga: Melepas Penat di Pemandian Air Panas Sangkan Hurip Kuningan

Selain kolam, di objek wisata Cibulan juga terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang diberi nama Tujuh Sumur. Tujuh mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri, yaitu Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Tujuh sumur itu terletak mengelilingi sebuah petilasan Prabu Siliwangi ketika ia beristirahat sekembalinya dari perang melawan Kasultanan Mataram. Petilasan itu berupa susunan batu seperti menhir dan dua patung harimau loreng, lambang kebesaran Raja Agung Padjajaran. Tujuh sumur dan petilasan Prabu Siliwangi ini sering dikunjungi orang untuk berziarah, terutama pada malam Jumat Kliwon atau selama bulan Maulud. Mereka percaya bahwa air di tempat itu akan membawa berkah dan dapat mengabulkan permohonan mereka.

Air di Cibulan selalu bersih, bening, sejuk, dan melimpah, meskipun pada musim kemarau panjang. Maka selain sebagai tempat wisata, Cibulan juga dijadikan sebagai sumber air untuk PDAM Kuningan dan dimanfaatkan Pertamina untuk memasok kebutuhan air bersih di dua kompleks miliknya, yaitu Padang Golf Ciperna di Kota Cirebon, dan Kantor Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat (DOH JBB) di Klayan, Kabupaten Cirebon.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, objek wisata Cibulan terletak di desa Maniskidul, kecamatan Jalaksana, kabupaten Kuningan, Jawa Barat. objek wisata ini dapat dicapai dari Kota Kuningan dan dari Kota Cirebon. Terletak di Jalur Jalan Raya Kuningan-Cirebon, tempat strategis, kondisi jalan umumnya beraspal dan baik, dan dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum jenis elf dari Cirebon atau Kuningan, lalu bilang ke sopir mau ke Cibulan. Nanti akan diturunkan di depan gang menuju Cibulan. Setelah itu jalan kaki sekitar 10 menit. Saat masuk ke obyek wisata Cibulan, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15.000/orang.

Demikianlah ulasan mengenai objek wisata Cibulan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Berenang Bersama Ikan Keramat di Objek Wisata Cibulan Kuningan | Elsan Nasrillah | 4.5