Menilik Pesona Curug Sidomba yang Berbalut Mitos

By Categories : Wisata Alam

Curug Sidomba merupakan obyek wisata air terjun buatan. Meski begitu, pesona dan keindahan curug ini tidak kalah dengan curug alami. Memiliki ketinggian kurang lebih tiga meter dengan air yang cukup jernih, dingin, dan segar yang bersumber dari mata air Gunung Ciremai. Di kawasan curug ini didominasi oleh pepohonan pinus dan beberapa jenis pohon besar. Hal tersebut membuat suasana di kawasan curug ini terasa asri, sejuk, dan damai.

Diberi nama Curug Sidomba karena dahulunya tempat ini merupakan tempat penggembalaan domba. Secara etimologi, kata curug berasal dari bahasa Sunda yang berarti air terjun, sedangkan kata si domba merupakan nama binatang domba atau kambing. Sesuai dengan namanya, di depan gerbang curug ini berdiri sebuah patung besar berupa domba.

Curug Sidomba hanya memiliki tinggi sekitar tiga meter dan air terjunnya sangat tipis, tetapi obyek wisata ini sering ramai oleh wisatawan. Lalu kenapa ramai dikunjungi? Ini karena adanya kepercayaan atau mitos yang berkembang bahwa jika cuci muka di curug ini maka akan dimudahkan dalam segala hal atau urusan, baik itu urusan rejeki, jodoh, maupun hal lain yang sedang dicita-citakan.

Dengan adanya mitos tersebut, bahkan telah disediakan kran khusus bagi wisatawan untuk mencuci muka. Air curug itu tidak begitu saja langsung digunakan untuk mencuci muka. Namun sebelum air tersebut digunakan, terlebih dahulu kuncen atau penjaga curug membacakan bacaan-bacaan tertentu. Baru setelah itu wisatawan bisa mencuci muka.

curug sidomba tempat wisata di kuningan

Curug Sidomba Kuningan via panoramio.com

Selain terkait mitos, tempat curug yang berada di kaki Gunung Ciremai dan kondisi alamnya yang indah juga menjadi alasan kenapa Curug Sidomba ramai dikunjungi. Bahkan kawasan wisata ini sering dijadikan sebagai area perkemahan oleh para pelajar atau mahasiswa.

Di curug ini hidup berbagai jenis ikan seperti ikan mas dan kancra bodas. Konon katanya yang menarik dari ikan kancra bodas adalah tidak bisa ditangkap. Ketika airnya dikuras ikan-ikan tersebut (katanya) menghilang begitu saja. Wisatawan juga tidak diperbolehkan memberi makan atau memancing ikan di kawasan curug ini karena dipercaya akan ada akibat buruknya.

Baca juga: Telaga Nilem, Danau dengan Mata Air Jernih di Kuningan

Lokasi dan Aksesibilitas Curug Sidomba

Curug Sidomba terletak di obyek wisata Bumi Perkemahan Sidomba tepatnya di desa Peusing, Jalaksana, Kuningan. Dapat ditempuh sekitar 30 menit dari kota Kuningan. Akses jalan menuju lokasi belum cukup baik. Berupa jalan desa yang tidak terlalu lebar dan terdapat tikungan tajam.

Jika wisatawan dari arah kota Cirebon bisa menggunakan kendaraan umum berupa elf atau bus jurusan Kuningan. Kemudian berhenti di desa Manis Lor. Sementara itu, jika wisatawan dari arah kota Tasikmalaya atau Cikijing bisa menggunakan kendaraan umum jenis elf atau bus jurusan Cirebon lewat terminal Cirendang dan berhenti di desa Manis Lor. Dari desa Manis Lor wisatawan bisa menggunakan ojek hingga sampai ke kawasan curug.

Dari tempat ojek berhenti wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 15 meter. Berbeda dengan tempat lain yang biasanya mengharuskan mendaki terlebih dahulu untuk melihat lokasi curug, di obyek ini wisatawan harus melewati turunan yang lumayan curam. Untuk menjaga keamanan, pengelola wisata telah membuat anak tangga untuk menuju Curug Sidomba.

Fasilitas Curug Sidomba

Di Curug Sidomba telah tersedia berbagai fasilitas penunjang demi memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Fasilitas tersebut di antanya gazebo, kolam renang, flying fox, mobil domba, kereta mini, motor ATV, karaoke out door, karaoke box, kolam pancing anak, gedung serba guna, live music, koleksi hewan dan area bermain anak, kantin dan area kamping.

Di kawasan ini juga terdapat Mesjid megah dengan satu menara Asma’ul Husna. Untuk menuju menara akan melalui tangga dengan jumlah 99 anak tangga. Dari atas menara para wisatawan bisa melihat keindahan alam kaki Gunung Ciremai.

Harga Tiket Masuk Curug Sidomba

Jika tertarik dengan wisata Curug Sidomba tidak perlu hawatir dengan harga tiket yang selangit, karena keindahan curug ini sudah bisa dinikmati hanya dengan Rp. 5.000/orang untuk dewasa dan Rp. 3.500/orang untuk anak-anak. Harga ini bisa melonjak tinggi ketika musim liburan seperti libur lebaran atau tahun baru.

Demikianlah ulasan mengenai Curug Sidomba. Cukup menarik bukan? Maka dari itu, pastikan obyek wisata ini menjadi salah satu referensi liburan anda selanjutnya. Selamat berlibur!

Menilik Pesona Curug Sidomba yang Berbalut Mitos | Elsan Nasrillah | 4.5
Leave a Reply