Mengenal Alam Lebih Dekat di Agro Wisata Nangorak

By Categories : Wisata Alam

Sumedang yang selama ini lebih terkenal dengan tahunya, juga mempunyai wisata alam yang tak kalah menarik dari daerah lain. Salah satu wisata alam yang patut dikunjungi yaitu agro wisata yang terletak di Kampung Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya cukup tinggi sehingga dapat terasa dinginnya udara pegunungan, yakni terletak di ketinggian antara 765 s.d. 1.035 mdpl.

Lokasi agro wisata di Kampung Nangorak ini lebih dikenal dengan nama KAS (Kawasan Agroteknobisnis Sumedang). Agro wisata ini merupakan sebuah kawasan yang berfungsi sebagai tempat pengkajian dan pengembangan sektor pertanian. Di bangun oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang yang bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta.

Kawasan agro wisata ini sebelumnya merupakan bekas perkebunan teh dengan luas lahan sekitar 95,345 hektar. Panorama alam yang indah dan udara yang sejuk dapat dinikmati para pengunjung. Bukit dan hutan yang masih terjaga juga mengelilingi kawasan ini sehingga memberikan kesan alami suasana pegunungan dan alam pedesaan.

Tujuan dibangunnya Agro Wisata Nangorak adalah untuk mengembangkan sektor pertanian yang berteknologi tepat guna dan berwawasan bisnis. Agro wisata ini menggunakan konsep agroeduteknowisata. Konsep Agroeduteknowisata adalah wisata agro yang menawarkan sarana rekreasi alam sekaligus sarana pengenalan dan pendidikan terutama dalam teknik budidaya, dan produksi pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan dengan sentuhan teknologi.

Agro wisata ini juga bersifat edukatif bagi masyarakat dan pelajar di Jawa Barat yang menekankan pada peningkatan kecintaan terhadap alam, kepedulian terhadap pelestarian lingkungan, peningkatan pengetahuan teknologi pertanian dan pengenalan konsep pertanian terpadu dan hidup selaras alam. Jadi agro wisata ini menjadi sebuah tempat yang asyik untuk rekreasi sekaligus juga tempat untuk mengenal alam lebih dekat dengan keindahan alam yang menjanjikan.

agro wisata nangorak tempat wisata di sumedang

Agro Wisata Nangorak via hartanto.wordpress.com

Beberapa bidang yang menjadi garapan Agro Wisata Nangorak diantaranya adalah sektor pertanian, sektor peternakan, sektor perikanan dan sektor pariwisata.

Sektor Pertanian

Kawasan agro wisata ini memiliki kebun jagung hibrida, kebun stroberi, screen house stroberi, screen house gold melon dan sebagian talas semir. Lahan Agro Wisata Nangorak dikelola oleh pihak KAS dan warga sekitar lokasi. Warga berkebun dengan persetujuan dari pihak KAS. Mereka menanam berbagai macam komoditas pertanian dan perkebunan di antaranya jagung, ubi kayu, ubi jalar, cabe rawit, bawang daun, kacang merah, kacan tanah, kacang panjang, tembakau, sawi, pisang, dan kopi. Ada juga berbagai macam pohon buah-buahan seperti alpukat, mangga, nangka, buah naga, dan buah merah. Sedang dikembangkan juga tanaman berkhasiat obat dengan jumlah sekitar 250 jenis tanaman.

Sektor Peternakan

Agro Wisata Nangorak memiliki peternakan domba dan sapi. Untuk ternak domba sampai saat ini berjumlah lebih dari 100 ekor. Deretan kandang di sisi kanan jalan terbagi menjadi beberapa bagian yang dibedakan menjadi kandang bagian penggemukan dan kandang bagian pembiakan. Di kawasan ini, reproduksi domba dilakukan dengan inseminasi buatan dan laser puncture.

Sektor Perikanan

Di Agro Wisata Nangorak terdapat kolam ikan untuk induk, pembiakan dan pembesaran. Di kolam tersebut terdapat ikan mas, mujair dan ikan gurame. Ikan hias pun dapat ditemui di sini. Dan bagi pengunjung yang mempunyai hobi memancing, di sini juga tersedia kolam pemancingan khusus ikan patin dan ikan mas.

Sektor Pariwisata

Agro Wisata Nangorak menyajikan tempat wisata bagi pengunjungnya, terutama wisata agro (pertanian). Di sini bisa bermain dan memancing di kolam ikan, memetik stroberi langsung dari kebun, memerah susu sapi, atau sekedar duduk-duduk di cafe atau gazebo sambil menikmati segarnya udara pegunungan. Bagi yang menyukai kegiatan di alam terbuka, di sini juga tersedia fasilitas outbond seperti flying fox.

Jika kenikmatan dalam melakukan berbagai aktifitas di Agro Wisata Nangorak tak cukup sehari, maka tersedia lahan bumi perkemahan di bagian selatan objek wisata. Lahan yang merupakan bagian tertinggi dari Agro Wisata Nangorak dapat dimanfaatkan sebagai tempat camping yang menantang. Lokasi yang berbatasan langsung dengan hutan primer dan dikelilingi jurang/lembah yang cukup dalam akan memberi tantangan sendiri bagi petualang. Selain dengan berkemah, di kawasan ini juga terdapat rumah pohon yang dapat disewa dan digunakan untuk menginap.

Aksesibilitas

Akses ke agro wisata di Kampung Nangorak ini cukup mudah. Bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jarak yang ditempuh sekitar 9 km dari pusat kota Sumedang ke arah selatan. Hanya memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Namun jalannya menanjak, bahkan di beberapa tikungan jalan terlihat agak terjal.

Dari arah Bandung, sekitar 500 meter sebelum alun-alun Sumedang, terdapat perempatan Palasari. Di sana ambil arah ke kanan. jika dari arah alun-alun Sumedang, maka sekitar 500 meter akan ditemui perempatan Palasari tersebut, dan ambil arah kiri. Ikuti jalan utama dan tanda petunjuk jalan ke arah Makam Pahlawan Nasional Cut Nya’ Dhien.

Arah ke lokasi agro wisata ini memang melewati Makam Pahlawan Nasional Cut Nya’ Dhien yang juga dikenal sebagai Makam Gunung Puyuh. Setelah melewati makam, ikuti terus jalan utama. Setelah menempuh jarak sekitar 2,5 km akan ditemui pertigaan, ikuti arah jalan ke kanan. Jalan ini akan membawa pengunjung langsung ke Agro Wisata Nangorak.

Perjalanan akan terasa cukup mengasyikkan karena sepanjang perjalanan menuju lokasi, pemandangan di sekitarnya tampak indah dan terlihat hijau oleh hamparan sawah yang membentang luas. Dari sini terlihat juga gunung Tampomas yang menjulang tinggi.

Baca juga: Pesona Waduk Jatigede Sumedang

Bagi yang berminat dengan Agro Wisata Nangorak dan berasal dari luar kota Sumedang, untuk perencanaan yang matang sebaiknya kontak dahulu basecamp di Jl. Cut Nya’ Dhien No. 80 Sumedang, tlp (0261) 203496. Selamat berlibur!

Mengenal Alam Lebih Dekat di Agro Wisata Nangorak | Elsan Nasrillah | 4.5