Mengejar Senja di Bukit Parangndog Jogja

By Categories : Wisata Alam

Pantai Parangndog Jogja – Jika Anda pernah mendengar kata Yogyakarta mungkin juga pernah mendengar sebuah pantai dengan nama Pantai Parangtritis. “Tak lengkap datang ke Jogja bila tidak berkunjung ke Pantai Parangtritis”, mungkin seperti itu kalimat yang tepat bilamana Anda datang ke Yogyakarta.

Mungkin bagi sebagian orang yang tinggal di Jogja, Pantai Parangtritis kurang begitu menarik. Namun bagi sebagian orang dari luar kota Jogja hal tersebut berbeda. Pantai Parangtritis tetap menjadi icon tersendiri bagi mereka.

Baca juga: Pantai Parangtritis, Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Sering Dikunjungi

Selain Pantai Parangtritis yang sudah tersohor tersebut, di sekitar Pantai Parangtritis terdapat sebuah destinasi baru yang patut Anda ketahui dan kunjungi. Nama destinasi baru di sekitar Pantai Parangtritis tersebut adalah Bukit Parangndog.

bukit-parangndog-jogja

Pantai Parangndog Jogja

Bukit Parangndog

Bukit Parangndog Jogja ini adalah sebuah bukit yang terletak di sebelah timur Pantai Parangtritis. Lebih lengkapnya Bukit ini disebut dengan Bukit Paralayang.

Kenapa disebut begitu? Karena di bukit ini sering dijadikan tempat untuk lepas landas paralayang dan gantole.

Bukit Paralayang Parangndog terletak di sebelah timur pantai Parangtritis. Secara administratif, Bukit Paralayang Parangndog berada di wilayah kabupaten Gunungkidul.

Lebih lengkapnya Bukit Parangndog berada di Desa Girijati Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul.

Lokasi Bukit Parangndog

Untuk menuju bukit indah ini, Anda bisa menuju ke arah timur dari Pantai Parangtritis. Kurang lebih 1 KM. Bukit Paralayang Parangndog bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Medan yang harus dilewati setiap pengunjung menuju Bukit Paralayang Parangndog ini cukup sulit dan menantang. Jalan berkonblok semen menanjak yang sangat menguras konsentrasi dan tenaga akan membuat mesin-mesin kendaraan kerja keras.

Jika Anda berboncengan menggunakan sepeda motor harap pastikan kendaraan Anda cukup kuat. Mengingat bilamana sepeda motor tidak dalam kondisi terbaik maka akan memaksa Anda atau teman Anda berjalan kaki menaiki bukit.

Setiap pengunjung tidak bisa membawa kendaraannya sampai ke lokasi Bukit Parangndog. Oleh sebab itu silahkan parkirkan kendaraan Anda di tempat parkir yang tersedia. Anda dapat berjalan kaki menaiki bukit untuk menuju spot utama dari Bukit Parangndog. Kurang lebih 5 menit berjalan kaki menaiki bukit, sesampainya di puncak Bukit Paralayang Parangndog, Anda akan disuguhkan pemandangan yang menabjubkan. Bentangan Pantai Parangtritis hingga ujung ufuk barat letak dari sang mentari tenggelam akan terlihat dengan begitu jelas.

Waktu

Bukit Paralayang Parangndog akan mulai ramai bila hari sudah sore, kurang lebih pukul 15:00 WIB. Sebaiknya Anda datang ke lokasi ini juga sekitar jam tersebut. Kunjungan di Bukit Parangndog ini akan mulai ditinggalkan oleh para pengunjung ketika kumandang adzan magrib terdengar.

Pada waktu itu juga mentari sudah tenggelam dan yang tertinggal hanya kegelapan dan kerlap-kerlip lampu penduduk Parangtritis. Silahkan turun dari Bukit Parangndog kurang lebih pukul 18:30 WIB maksimal. Mengingat bila lebih dari jam tersebut sudah tidak ada orang yang menjaga parkiran kendaraan.

Apa saja yang bisa dilakukan di Bukit Paralayang Parangndog?

  1. Menikmati senja

Sudah tidak diragukan lagi jika pemandangan sore hari di bukit Parangndog ini bagus. Anda dapat menikmati senja di bukit ini bersama orang tercinta atau pun sahabat dan teman. Angin yang berhembus sepoy-sepoy dan udara yang segar akan menghipnotis siapa saja yang berada di tempat ini, terasa enggan untuk meninggalkan setelah mentari terbenam.

  1. Melihat Paralayang atau Gantole

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa bukit Parangndog ini juga dijadikan untuk para penerbang Paralayang dan Gantole.

Anda dapat menyaksikan mereka terbang secara gratis. Jika Anda belum pernah melihat paralayang atau gantole sebelumnya, pasti pengalaman pertama ini tidak akan pernah Anda lupakan.

  1. Melihat Hamparan Samudera Hindia

Seperti yang kita ketahui jika laut selatan pulau Jawa langsung berhadapan dengan samudera Hindia. Oleh sebab itu arus atau ombak yang berada di pantai selatan pulau Jawa mempunyai ombak yang kuat. Hal tersebut berbeda dengan laut yang berada di sebelah utara pulau Jawa yang lautnya lebih tenang. Dari atas bukit Parangndog ini Anda dapat melihat hamparan laut samudera Hindia.

  1. Menyatakan Cinta

Menikmati kemesraan bersama orang tercinta di tempat romantis Bukit Parangndog. Selain indah Bukit Parangndog ini sangat romantis, bahkan melebihi tempat romantis lainnya di Jogja seperti Bukit Bintang.

Anda yang sedang kasmaran atau jatuh cinta, tidak ada salahnya  menjadikan tempat ini untuk mengungkapkan cinta kepada orang yang Anda cintai. Jika Anda sudah mempunyai pasangan atau pacar, tempat ini juga cocok untuk dijadikan kencan atau sekadar menikmati hari Anda bersamanya. Dan jika Anda jomblo, hah jangan harap bisa tenang ya berlibur di sini. Karena Anda tidak akan kuat menyaksikan keindahan alam Bukit Parangndog sendirian. hihi

Tips untuk menikmati Bukit Parangndog

  1. Persiapan Waktu

Siapkan rencana Anda untuk menuju tempat ini terutama di hari-hari yang cerah. Sangat disayangkan bilamana cuaca tak bersahabat namun Anda tetap ke Bukit Parangndog ini. Tak salah memang datang ke tempat ini kapan saja, namun bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati Bukit Parangndog dengan pemandangan sunset yang indah, berangkatlah di cuaca yang cerah.

  1. Persiapan Kendaraan

Saat Anda ingin menuju ke Bukit Parangndog menggunakan kendaraan roda dua atau empat, pastikan kendaraan Anda dalam keadaan prima dan siap untuk menerjang segala medan. Mengingat Bukit Paralayang Parangndog mempunyai rute dan medan jalan yang cukup menguras energi dan perjuangan, jalan yang menanjak dan bergelombang sampai dengan bebatuan akan menyambut Anda. Periksa mulai dari ban kendaraan hingga mesin kendaraan Anda.

Pasti Anda tidak ingin kan jika di tengah jalan mengalami mogok atau ban kendaraan bocor atau pecah. Jadi persiapkan kendaraan Anda dalam keadaan prima.

  1. Persiapan Pribadi

Untuk persiapan pribadi ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.  Seperti halnya alat-alat untuk mengabadikan tempat ini (kamera, handphone atau camera action). Jika Anda ingin mengajak teman atau pasangan Anda, pastikan mereka siap untuk menempuh perjalanan cukup jauh.

  1. Persiapan Berangkat

Jika Anda berada di kabupaten Sleman atau kota Jogja, pastikan Anda berangkat sekitar pukul 15:00 WIB. Mengingat perjalanan dari Sleman atau Jogja menuju bukit Parangndog ini memakan waktu kurang lebih 1.5 jam. Anda tidak ingin kan sampai di Bukit Parangndog dalam keadaan gelap atau malam?

Ayo segera ajak orang terkasih Anda ke Bukit Parangndog.

Selamat berlibur.

Mengejar Senja di Bukit Parangndog Jogja | Yura Aliazee | 4.5