Menempuh Jalur Pendakian Gunung Papandayan Garut

Menempuh jalur pendakian gunung Papandayan Garut – Taman Wisata Alam Gunung Papandayan merupakan salah satu dari tiga gunung favorit di Kabupaten Garut, #Jawa Barat, Indonesia. Gunung Papandayan berada di ketinggian 2.665 meter dpl, gunung ini cocok didaki oleh pemula dan wisatawan bukan pendaki, karena jalurnya landai dan jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari tempat parkir kendaraan Camp David.

Silakan baca : Menaklukkan medan terjal jalur pendakian gunung Cikuray Garut

Taman Wisata Alam gunung Papandayan terkenal dengan spot-spot eksotis dan menawan seperti Kawah Papandayan, Hutan Mati, Pondok Saladah, Tegal Alun, Tegal Panjang, Gober Hut dan lain-lain.

Baca juga : Keindahan di balik angkernya Hutan Mati Papandayan Garut

Secara administratif, Taman Wisata Alam Papandayan berada di wilayah Kecamatan Cisurupan, #Garut. Jika sobat petualang berangkat dari Jakarta atau Bandung, bisa menggunakan moda transfortasi bus atau elf jurusan Garut dan berhenti di terminal Guntur Garut.

Dari terminal Guntur, ada banyak pilihan moda transfortasi menuju Alun-alun Cisurupan. Sobat boleh pilih bus jurusan Bandung-Garut-Pameungpeuk, Bandung-Garut-Bungbulang, Bandung-Garut-Singajaya, elf jurusan Bandung-Garut-Cikajang, Bandung-Garut-Bungbulang, Garut-Pameungpeuk, Garut-Bungbulang, Garut-Singajaya, Garut-Cihurip atau angkutan kota warna putih biru jurusan Garut-Cikajang.

Baca juga : Menguji nyali di tebing Batu Tumpang Cikajang yang menantang

Waktu tempuh dari terminal Guntur ke Alun-alun Cisurupan kurang lebih 45 menit, dengan tarif angkutan Rp. 10.000 per orang. Di belakang Alun-alun terdapat Masjid Agung, di sekitar alun-alun juga terdapat pasar tradisional dan beberapa minimarket.

Dari Alun-alun Cisurupan, kita bisa naik ojek dengan tarif Rp. 20.000 – 30.000 per orang, sebaiknya tawarlah dulu sebelum naik. Jika rombongan, bisa juga menggunakan jasa angkutan mobil colt buntung.

jalur pendakian gunung papandayan

Jalur Pendakian Gunung Papandayan

Berbeda sekali dengan jalur pendakian gunung Guntur dan gunung Cikuray, sarana jalan menuju ke areal publik Camp David #Papandayan cukup bagus dan lebar sehingga layak ditempuh oleh mobil pribadi.

Baca juga : Gunung Guntur, Semeru di tanah Garut

Dari Camp David, wisatawan akan melewati jalan batu yang cukup lebar melewati Kawah Papandayan. Pemandangan alam di kawasan Kawah Papandayan sungguh menawan, di sebelah kanan terdapat tebing sedangkan sebelah kiri terdapat sungai kecil. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini disarankan membawa masker karena baru blerang cukup menyengat.

Perjalanan melewati Kawah Papandayan menghabiskan waktu kurang dari satu jam. Selanjutnya kita akan melewati jalanan datar, lalu di jalan buntu belok kanan menurun sampai menemukan sungai. Dari situ jalanan kembali menanjak menyusuri jalan setapak di hutan cantigi.

Tidak lama kemudian, kita akan sampai di jalur batu. Sebelum melanjutkan perjalanan, cobalah balik badan menengok ke belakang. Kita akan menyaksikan panorama alam Papandayan yang menakjubkan.

Jalan yang akan kita lewati selanjutnya cukup besar, beberapa menit kemudian akan sampai di Pos 2. Dari terdapat dua jalur, jalan lurus menuju ke arah Pangalengan Kabupaten Bandung, sedangkan ke sebelah kiri menuju ke Pondok Saladah Papandayan.

Dari kawasan Pos 2, Pondok Saladah sudah dekat, kita akan sampai di camping ground Pondok Saladah tidak lebih dari 30 menit perjalanan. Jalurnya datar, berupa jalan setapak melewati hutan cantigi yang tidak terlalu lebat sehingga jalan nampak jelas.

Pondok Saladah merupakan areal yang luas berbentuk menyerupai lapang sepak bola. Tempat ini biasa digunakan oleh para pendaki gunung Papandayan untuk mendirikan tenda. Di Pondok Saladah terdapat fasilitas berupa mushola dan WC umum.

Dari Pondok Saladah menuju hutan mati atau tegal alun kita tinggal mengikuti jalur-jalur yang sudah ada. Atau jika tidak yakin, kita bisa meminta bantuan pemandu wisata gunung Papandayan di Camp David dengan tarif Rp. 150.000 – 200.000.

Baca juga: Cikaengan, Spot Baru River Boarding di Garut

Menempuh Jalur Pendakian Gunung Papandayan Garut | Husni Cahya Gumilar | 4.5