Mendaki Gunung Cikuray via Olan Cikajang, Legal?

Mendaki gunung Cikuray bersama orang-orang yang sudah kita kenal tentu menyenangkan. Tapi sebetulnya mendaki bersama orang baru kenal pun tak kalah menyenangkan. Yang terpenting bukan dengan siapa kita mendaki, tapi bagaimana kita menemani teman pendakian agar mereka sama-sama menikmati perjalanan yang cukup menguras energi dan menguji kesabaran. Dalam pendakian, bukan kekuatan fisik saja yang diuji. Tetapi kekuatan tekad pun benar-benar dibutuhkan.

Manajemen perjalanan, perlengkapan dan sistem pergerakan semuanya harus terkonsep dengan baik. Tak boleh asal, mentang-mentang sudah berpengalaman. Sejatinya manusia tak ada yang gagah. Yang merasa diri hebat, sesungguhnya dia lemah di tengah-tengah rimba. Apalagi di hadapan Sang Pencipta Yang Maha Besar. Para suhu seringkali bilang, “mendaki bukan untuk menaklukkan gunung melainkan menaklukkan diri sendiri”.

Gunung Cikuray memang bukan gunung tertinggi di Jawa Barat. Namun gunung tertinggi di Garut dengan ketinggian 2821 mdpl ini tidak bisa dianggap enteng. Jalur-jalur pendakian gunung Cikuray tak jarang menggoda pendaki untuk bermalam di tengah perjalanan. Selain menyuguhkan trek menantang, gunung Cikuray juga menawarkan view luar biasa yaitu garis pantai selatan, gunung Ciremai, gunung Slamet, gunung Guntur, gunung Papandayan, Garut Kota dan Garut Selatan serta yang paling dinanti pendaki adalah sunrise dan hamparan awan tebal. Tak heran jika gunung Cikuray kemudian menjadi salah satu gunung di Indonesia yang mendapat julukan “negeri di atas awan”.

sunrise gunung cikuray
Sunrise

Info Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Olan

Banyak jalur pendakian yang bisa ditempuh untuk mencapai puncak gunung Cikuray, salah satunya adalah jalur pendakian via Olan. Olan merupakan nama kampung terakhir di jalur pendakian ini. Secara geografis, Kampung Olan berada di Desa Barusuda Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut.

Untuk sampai di kampung Olan, dari terminal Guntur Garut naik angkot atau elf jurusan Cikajang lalu berhenti di alun-alun Cikajang. Tarif ongkos terminal Guntur – alun-alun Cikajang sekitar Rp.10.000 – Rp. 15.000. Selanjutnya kamu bisa berjalan kaki menuju kecamatan Cigedug, lalu belok kanan di pertigaan menuju ke Barusuda. Jalan terus hingga menemukan mushola di perkampungan terakhir. Jika kebingungan bisa bertanya ke warga sekiar. Lama perjalanan dari alun-alun Cikajang – Olan sekitar 1,5 jam – 2 jam.

Mau menghemat waktu dan energi untuk menempuh trek Olan? Bisa, dari alun-alun Cikajang naik ojek sampai ke kampung Olan. Bahkan jika naik ojek, kamu bisa berhenti di ujung jalan berbatu yang jaraknya cukup jauh dari perkampungan sehingga bisa lebih cepat sampai ke batas hutan. Namun konsekuensinya tentu saja kamu harus merogoh kocek sekitar Rp. 20.000 – Rp. 30.000. Saya sendiri belum pernah naik ojek ke jalur ini.

Dari masjid Olan ke batas hutan akan menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam. Jalur yang dilewati merupakan jalan berbatu dan sering digunakan sebagai jalan ojek gunung yang membawa pupuk, rumput dan hasil panen sayuran. Pemandangan terbuka, di kiri kanan jalan terdapat kebun-kebun sayuran seperti wortel, cabai, kol dan kentang.

Sebelum memasuki hutan lebat, terdapat sedikit dataran. Di situ kamu bisa beristirahat sejenak untuk makan, sholat dan mengambil air yang berada tak jauh dari situ. Persediaan air memang harus diisi di batas hutan ini, karena di sepanjang perjalanan sampai puncak Cikuray tidak terdapat sumber air.

Batas Hutan – Pos Bayangan

Mendaki Gunung Cikuray via Olan Cikajang
Olan – Batas Hutan

Memasuki batas hutan, terdapat pertigaan. Ambil yang jalur kanan (lurus). Dari batas hutan ke pos bayangan membutuhkan waktu pendakian sekitar 30 menit. Trek cukup menanjak dengan vegetasi semak belukar. Ikuti tanda medan berupa ikatan tali rapia di ranting-ranting atau pepohonan. Hati-hati jangan sampai memasuki jalur sesat bekas perambah hutan, pemburu atau jalur perlintasan babi hutan.

Mendaki Gunung Cikuray via Olan Cikajang 1
Pos Bayangan

Pos bayangan berupa dataran tempat beristirahat, luasnya kurang lebih setengah lapang voli. Di tempat ini terdapat jurang cukup curam menghadap ke jalan yang kita lalui.

Pos Bayangan – Pos 1

Mendaki Gunung Cikuray via Olan Cikajang pos 1
Pos 1

Waktu pendakian dari pos bayangan ke pos 1 kurang lebih 1 jam. Trek menanjak namun pendaki akan cukup terbantu dengan adanya akar-akar dan pepohonan kecil di sepanjang jalur yang bisa dijadikan pegangan. Jalur pendakian cukup jelas, terdapat tanda berupa ikatan tali rapia.

Pos 1 merupakan dataran, bisa digunakan untuk istirahat atau mendirikan tenda. Cukup menampung 2 hingga 3 tenda. Pos 1 juga merupakan titik pertemuan antara jalur Olan dan jalur Carik Cikajang.

Pos 1 – Pos 2 (Hutan Mati)

Mendaki Gunung Cikuray via Olan Cikajang pos 2
Pos 2 (Hutan Mati)
Pos 2 Jalur Olan
Pos 2
Pos 2 Mendaki Gunung Cikuray via Olan Cikajang
Kawasan hutan Pos 2

Waktu pendakian dari Pos 1 – Hutan Mati kurang lebih 45 menit. Medan pendakian dan vegetasi hutan tidak jauh beda dengan trek sebelumnya. Menanjak, licin dan terdapat beberapa pohon tumbang yang melintang di jalur lintasan.

Pos 2 atau Hutan Mati sering dijadikan tempat camp, untuk selanjutnya summit jam 4 pagi memburu sunrise. Kamu boleh mendirikan tenda di hutan mati atau langsung melanjutkan pendakian dan mendirikan tenda di area puncak. Yang jelas, suasananya akan berbeda ketika mendirikan tenda di tengah hutan dan di puncak. Nge-camp di tengah rimba, rasanya ngeri-ngeri sedap. Hehe

Pos 2 (Hutan Mati) – Puncak

Puncak gunung Cikuray
Puncak gunung Cikuray

Medan daki dari pos 2 menuju puncak saya rasa lebih berat dari sebelumnya. Selain kemiringan jalur pendakian semakin curam, ditambah pula fisik mulai semakin lelah. Waktu pendakian dari Hutan Mati ke puncak kurang lebih 1 jam. Sekitar 30 menit perjalanan, dari sebelah kiri akan ditemukan pertigaan dari arah Pabrik Bayongbong. Jadi kalau turun nanti, jika tak mau ‘tersesat’ ke jalur Pabrik, ingat di tempat ini ambil arah kiri (menuju Olan).

Total Estimasi Waktu Pendakian Gunung Cikuray

Alun-alun Cikajang – Olan: 90 menit jalan kaki, 15 menit naik ojek

Kampung Olan – batas hutan: 60 menit

Batas hutan – pos bayangan: 30 menit

Pos bayangan – pos 1: 60 menit

Pos 1 – pos 2: 45 menit

Pos 2 – puncak: 60 menit

Catatan: Waktu pendakian bisa lebih cepat atau lebih lambat, bergantung dari kecepatan perjalanan dan kesiapan tim.

Tiket Masuk dan Pos Pendaftaran Mendaki Gunung Cikuray Via Olan

Mendaki gunung Cikuray via Olan belum ada pos pendaftaran dan biaya masuk alias masih gratis. Saya sendiri kurang tahu, apakah jalur ini resmi atau ilegal. Namun kalau menimbang untung rugi muncak Cikuray via Olan, jelas ada untungnya dan ada ruginya. Untungnya karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tiket masuk. Tetapi kerugiannya adalah pendakian kita tidak diketahui, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, tidak akan ada pihak yang bertanggungjawab. Misalnya jika tersesat, siapa yang akan mencari?

Nah itu kembali pada pendaki sendiri. Mau aman? Silakan mendaki lewat jalur resmi yang sudah dikelola dengan baik. Mau hemat? Bisa menggunakan jalur Olan. Namun jika belum pernah mendaki via jalur Olan, sebaiknya tidak ambil risiko.

Open trip gunung Cikuray zonalibur

Sebagai informasi, ZonaLibur.com menyediakan jasa open trip, guide dan porter pendakian Gunung Cikuray. Untuk info lebih lanjut, bagi yang membutuhkan silakan hubungi kotak kami.

Selamat mendaki, semoga selamat sampai kembali di rumah.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.