Memacu Adrenalin dengan Wisata Paralayang Batu Dua

By Categories : Wisata Alam

Batu Dua merupakan salah satu lereng bukit yang ada di kawasan Gunung Lingga. Tepatnya di Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini memiliki ketinggian 930 mdpl, dan menyajikan hamparan pemandangan alam yang memesona.

Bagi pengunjung yang memiliki hobi olahraga dirgantara, Batu Dua adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi. Meski dahulunya lokasi Batu Dua ini merupakan hutan yang biasanya dijadikan tempat mencari kayu bakar, namun lokasinya sangat cocok dan bagus untuk dijadikan tempat olahraga dirgantara seperti paralayang.

Wisata Paralayang Batu Dua Gunung Lingga tempat wisata di sumedang

Wisata Paralayang Batu Dua Gunung Lingga via tandang.info

Paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas dengan bantuan semacam parasut. Di Batu Dua pengunjung bisa melayang di udara sejauh 45 km dengan durasi sampai tiga jam. Lokasi lepas landas (Take Off) olah raga paralayang di Batu Dua sangat layak dan ideal. Di lokasi ini, terdapat kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata. Perpaduan tersebut sangat bagus untuk pertandingan paralayang di nomor cross country (lintas alam).

Kondisi geografis Batu Dua, Gunung Lingga pun sangat mendukung yakni terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa bisa menerbangkan paralayang lebih tinggi, bahkan bisa lebih dari 1000 mdpl. Sehingga paralayang bisa terbang lebih lama. Hembusan anginnya pun membuat paralayang bisa melakukan manuver. Areal pendaratannya bisa memilih sendiri, sebagian besar berupa areal pesawahan yang terhampar di bawahnya.

Kondisi geografis di Batu Dua dengan berbagai keunggulannya tersebut, tak kalah saing dengan lokasi lainnya yang dipakai kejuaraan paralayang. Terlebih lokasi paralayang di Batu Dua ditunjang dengan pemandangan alam yang indah nan eksotik. Pada tahun 2013 pun, Batu Dua pernah dipakai sebagai venue event bergengsi “Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open” atau Kejuaraan Pra Piala Dunia Paralayang. Rencananya, cabang olah raga paralayang dalam SEA Games di Indonesia pada 2018 mendatang juga akan digelar di Batu Dua ini.

Disamping dapat melakukan olah raga paralayang, Pengunjung juga bisa sekalian menikmati wisata alam, wisata budaya, dan wisata ziarah di Batu Dua ini. Karena selain memiliki pemandangan alam yang indah nan eksotik, kawasan Gunung Lingga juga merupakan lokasi makam Prabu Tajimalela, Raja Sumedang Larang pertama. Banyak peziarah yang datang ke sini, terutama di bulan Maulud. Di saat bulan Maulud, jumlah peziarah bisa membludak mencapai hampir 2000 orang.

Kawasan Gunung Lingga juga cocok untuk dipakai berkemah, bahkan di sini ada bumi perkemahan pula yaitu Bumi Perkemahan Gunung Lingga dengan fasilitas outbond dan flying fox. Sarana yang sudah dibangun di puncak Bukit Batu Dua adalah bangunan-bangunan seperti lahan parkir, WC, dan sarana air.

Kawasan Batu Dua, Gunung Lingga ini mudah dijangkau dan bisa menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jadi, pengunjung yang ingin berkunjung ke Batu Dua tidak perlu repot harus berjalan kaki hanya untuk mencapai lokasinya. Jaraknya juga cukup dekat dengan jalan raya Sumedang – Wado, sekitar 4 km. sementara itu, dari kota Sumedang jaraknya mencapai 25 km.

Baca juga: Sensasi River Tubing Desa Cipancar Sumedang

Demikian informasi mengenai wisata paralayang Batu Dua, Gunung Lingga. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Memacu Adrenalin dengan Wisata Paralayang Batu Dua | Elsan Nasrillah | 4.5