Melihat Keindahan Pelangi di Curug Cimahi

Curug Cimahi dikenal pula dengan nama Curug Pelangi atau Air Terjun Pelangi. Curug Cimahi sudah dikenal sejak lama, keindahan alam yang disuguhkan air terjun ini sangat memanjakan mata para pengunjung. Konon nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang dan mengalir ke kota Cimahi.

Kemudian Perhutani sebagai pengelola Curug Cimahi menyebut air terjun di Bandung ini dengan nama Curug Pelangi. Penamaan baru ini merupakan upaya Perhutani untuk mempromosikan objek wisata Curug Cimahi pada malam hari.

Dinamakan Curug Pelangi karena pengunjung dapat menyaksikan panorama alam yang sangat menakjubkan, yaitu seperti melihat pelangi di malam hari. Lampu penghias yang sengaja dipasang oleh pengelola mampu menghasilkan efek yang sangat indah.

Baca juga: Objek Wisata Curug Malela Bandung Barat yang Memikat

Dikutip dari Wikipedia, Curug Cimahi memiliki ketinggian sekitar 87 m. Curug ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bandung dan sekitarnya. Curug ini berada di ketinggian 1.050 mdpl, dengan suhu berkisar antara 18 – 22 derajat celcius.

Curug Cimahi Bandung

Pemandangan siang hari

Selain dapat menyaksikan keindahan Curug Cimahi dan merasakan kesejukan udara sejuk dengan suasana yang tenang pada siang hari, pengunjung juga dapat menyaksikan pesona air terjun pelangi di malam hari.

Curug Pelangi Bandung

Pemandangan malam hari

Lokasi Curug Cimahi

Lokasi Curug Cimahi relatif mudah dijangkau, yaitu terletak di Jalan Kolonel Masturi Nomor 325 Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Letaknya di pinggir jalan dan tidak jauh dari Universitas Advent Bandung.

Untuk menuju ke lokasi, terdapat beberapa jalur alternatif yang bisa Anda gunakan, yaitu dari arah Bandung, dari Cimahi atau dari Lembang. Akses yang paling mudah adalah via Lembang – Parongpong sampai ke terminal angkot Cisarua. Pintu masuk Curug Cimahi berada di sebelah terminal angkot Cisarua.

Dari pintu masuk ke lokasi Anda harus berjalan kaki 15-20 menit. Jalannya berupa tangga yang bagus dan terawat. Di jalur tangga terdapat beberapa shelter untuk tempat beristiharat melepas lelah sambil menghirup udara segar.

Curug Cimahi sudah didukung oleh fasilitas penunjang wisata yang memadai, di antaranya warung, mushola, kamar kecil, tempat parkir dan tempat istirahat, juga terdapat beberapa dek untuk pengunjung menikmati keindahan alam yang disuguhkan Curug Cimahi. Secara umum, objek wisata alam di Bandung ini baik dan terawat.

Tiket Masuk Curug Cimahi

Objek wisata alam ini buka dari pagi sampai jam 9 malam. Pengunjung yang masuk kawasan objek wisata Curug Cimahi sebelum jam 5 sore akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 12.000 per orang, sementara pengunjung yang masuk dari jam 5 sore hingga jam 9 malam akan dikenakan tarif masuk Rp. 15.000 per orang.

Demikianlah ulasan tentang Curug Cimahi atau Curug Pelangi Bandung, semoga dapat menambah referensi liburan Anda bersama sahabat atau keluarga tercinta.

Selamat berlibur!

Melihat Keindahan Pelangi di Curug Cimahi | Husni Cahya Gumilar | 4.5
Leave a Reply