Ingin Menengok Masjid Aya Sofia Istanbul Turki? Tak Perlu Jauh-Jauh, Di Indonesia Ada, Masjid Al A’zhom Tangerang

Masjid merupakan tempat ibadah bagi para pemeluk agama Islam. Bukan hanya itu, masjid-masjid di penjuru dunia zaman ini sudah mulai menjadi destinasi wisata religi yang tak kalah menariknya. Seperti Masjid Al-A’zhom Tangerang yang akan saya paparkan berikut ini.

Masjid Al-A'zhom Kota Tangerang

Masjid  Al  Azhom berdiri di atas sebidang tanah yang luasnya 2,25 hektar. Masjid terbesar di Kota Tangerang ini mulai dibangun tahun 1997. Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh walikota yang kala itu menjabat, Djakaria Mahmud.

Masjid yang mampu menampung  15.000 jamaah tersebut dirancang berdasarkan referensi yang berasal dari al-Qur’an dan As-Sunnah. Desainnya juga berpegang pada seni Islam atau arabesque.

Dilihat dari asal usul katanya Al-A’zhom diambil dari kata Ismul A’zhom yang artinya Nama Yang Agung. Jika maksudnya Nama Allah Yang Agung tentunya adalah 99 asmaul husna. Barang siapa berdoa dengan memuji-Nya dan menyebut Ismul A’zhom niscaya mustajab.

Masjid Al-A'zhom Tangerang

Bila diperhatikan, bangunan Masjid raya Al Azhom mirip dengan Masjid Aya Sofia yang ada di Istanbul, Turki. Masjid raya di Tangerang ini memiliki lima kubah dengan bentuk menarik. Kubah utamanya diapit oleh kubah-kubah kecil yang saling bergandengan. Selain itu, tempat ibadah ini juga dilengkapi dengan menara pada keempat sisinya.

Masjid dengan warna dominan biru tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan ibadah maupun keperluan lain. Masjid Raya Al-A’zhom memiliki tempat sholat khusus pria maupun wanita yang masing-masing disertai tempat wudhu, ruang mihrab dan persiapan, ruang pengkajian, ruang perpustakaan, hingga ruang kantor dan peralatan. Cocok sekali bagi Anda yang suka berwisata religi sambil belajar.

Mesjid Al-A'Zhom Tangerang

Pelataran masjid yang dihiasi ukiran-ukiran indah tersebut juga dilengkapi dengan taman. Halaman yang luasnya mencapai 14 ribu meter persegi itu ditanami tanaman bunga serta pepohonan untuk memberikan rasa teduh. Tempat tersebut juga sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat parkir kendaraan.

Filosofi dari rancangan Mesjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang diantaranya :

5 kubah mencerminkan kewajiban sholat 5 waktu, 4 tiang menara mencerminkan 4 tiang ilmu, yaitu ilmu bahasa Arab, Syariah, Sejarah dan filsafat. Sedangkan tiga bagian tinggi menara mencerminkan Iman, Islam dan Ikhsan. 30 meter tinggi badan menara mencerminkan jumlah 30 juz al-Quran dan 6 meter tinggi kuncup menara mencerminkan 6 rukun iman

Kemegahan Masjid Al Azhom dapat dilihat saat Anda take off dari Bandara Soekarno-Hatta. Jarak antara masjid kebangaan warga Tangerang dengan bandara internasional itu hanya 30 menit perjalanan. Bila ingin berkunjung ke sana, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Setelah melewati Jalan Tol Tangerang-Merak, belok kanan ke Jalan Mohamad Thamrin. Dengan mengikuti jalan tersebut Anda akan sampai di Jalan Jendral Sudirman yang mengarah langsung ke Masjid Al Azhom.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi

Tertarik untuk berwisata rohani di Indonesia namun rasa Istanbul Turki? Masjid yang satu ini wajib Anda kunjungi.

Selamat berlibur…..

Tentang Penulis: Yura Aliazee

Gambar Gravatar
Satu dari milyaran manusia yang mencintai tulisan dan menulis.