Lembah Cilengkrang, Primadona Wisata Alam Kuningan

By Categories : Wisata Alam

Kuningan, Jawa Barat, menyimpan potensi wisata alam yang melimpah. Kehadiran Gunung Ciremai di daerah tersebut menjadi salah satu penyebabnya yang menyajikan aneka kecantikan alam di sekelilingnya. Adalah Lembah Cilengkrang, yang kini menjadi primadona wisata alam di Kuningan. Di lembah ini pengunjung bisa merasakan sensasi petualangan nan alami.

Lembah Cilengkrang merupakan objek wisata yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Pajambon. Luas lahannya mencapai 20 kilometer persegi terletak di desa Pejambon, kecamatan Kramatmulya, kabupaten Kuningan. Objek wisata ini termasuk salah satu kawasan wisata alam hutan hujan tropis Ciremai.

Di kawasan wisata Lembah Cilengkrang terdapat tiga wisata yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung di antaranya sebagai berikut.

1. Curug Lembah Cilengkrang

Curug yang menjadi daya tarik di Lembah Cilengkrang yaitu Curug Sabuk. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Air curug ini sebenarnya dingin, namun uniknya jika air sudah mengalir di sela-sela bebatuan sungai di bawah curug maka akan berubah menjadi hangat. Bila ingin melihat keindahan pelangi secara langsung dan dekat, pengunjung bisa datang ke lokasi curug Sabuk ini pagi-pagi.

Pada musim kemarau, curug yang ada di Lembah Cilengkrang akan menjadi favorit para pengunjung. Namun pada musim hujan, pengunjung dilarang berkunjung ke lokasi curug. Hal tersebut karena dikhawatirkan ada pohon roboh atau batu yang meluncur ke bawah dan ditakutkan akan melukai pengunjung.

Selain Curug Sabuk, ada juga sebuah curug yang disebut Curug Sawer. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter. Lokasi Curug Sawer ini adalah di atas Curug Sabuk. Untuk mencapainya tidak mudah karena harus mendaki jalan yang merupakan aliran sungai, sehingga pengunjung harus ekstra hati-hati.

lembah cilengkrang tempat wisata di kuningan

Lembah Cilengkrang via wisatakuningan.wordpress.com

2. Pemandian Air Panas

Di pemandian air panas Lembah Cilengkrang, pengunjung bisa merasakan sensasi berendam air panas alami di tengah hutan sambil menikmati keindahan alam yang mempesona. Pemandian ini terdiri dari beberapa kolam berukuran sedang dengan kedalaman tidak lebih dari 100 sentimeter. Airnya bersumber dari mata air panas alami curug yang berada di dekat kolam tersebut. Air tersebut dipercaya berkhasiat untuk kesehatan kulit dan kebugaran tubuh.

Baca juga: Melepas Penat di Pemandian Air Panas Sangkan Hurip Kuningan

3. Kopi Gede

Kopi Gede merupakan satu kawasan hutan yang cocok untuk mencari ketenangan dan menghilangkan rasa penat, karena panorama alamnya yang indah dan asri. Di kawasan ini pengunjung bisa bersantai ria bersama teman atau keluarga atau tercinta.

Beberapa fasilitas yang disediakan dengan dukungan Taman Nasional Gunung Ciremai atau pemerintah daerah di antaranya penyediaan tempat penginapan, rumah makan, dan pusat oleh-oleh di dekat obyek wisata. Sementara untuk tiket masuk lembah Cilengkrang ini, pengunjung dapat membayar tarif sebesar Rp. 10.000/orang.

Untuk sampai di Lembah Cilengkrang, bisa menggunakan beberapa rute. Dari Terminal Cirendang melalui desa Ragawacana, bisa menggunakan angkutan umum dan bisa juga menggunakan jasa ojeg. Bagi pengunjung yang datangnya dari arah Cirebon, bisa langsung belok kanan dari Pasar Kalapa Gunung menuju arah desa Pajambon yang jaraknya kurang lebih dua kilometer. Setelah ada di Desa Pajambon, bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata Kopi Gede, selanjutnya ke Curug Sabuk yang jaraknya 600 meter, melintasi sungai Cilengkrang menuju Curug Sawer.

Jalan menuju lokasi sudah terbilang baik, sehingga kendaraan bisa masuk sampai pintu gerbang kawasan hutan Pejambon yang merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Dari sini akses jalan menuju Lembah Cilengkrang lumayan menantang. Namun udara sejuk dan pemandangan pepohonan raksasa di sepanjang jalan bisa membuat rasa capek pengunjung terobati.

Itulah sekilas mengenai objek wisata Lembah Cilengkrang. Tentunya Anda penasaran dengan tempat ini. Yuk! ajak keluarga, teman, atau siapapun yang ingin Anda ajak untuk bisa menikmati keindahan alam dan sejuknya udara di Lembah Cilengkrang. Selamat berlibur!

Lembah Cilengkrang, Primadona Wisata Alam Kuningan | Elsan Nasrillah | 4.5