6 Kuliner Khas Banyuwangi yang Menggoda Lidah

Kuliner khas Banyuwangi – Berbicara tentang kuliner nusantara memang gak ada habisnya. Kita tahu Indonesia ini sangat kaya dengan warisan budaya, kesenian dan cita rasa kuliner yang lezatnya luarbiasa.

Nah… Kali ini kita akan berbicara mengenai kuliner lezat khas Banyuwangi. Seperti kota-kota lainnya di Indonesia, Banyuwangi memiliki kuliner khas yang beraneka ragam. Walaupun tidak semua jenis makanan yang akan kita bahas di bawah merupakan kuliner asli Banyuwangi,  namun diakui sebagai makanan khas Banyuwangi karena memiliki akar budaya dari masyarakat Banyuwangi.

Apa saja kuliner khas Banyuwangi? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Jangan Klentang

jangan klentang kuliner khas banyuwangi

Pic. Telusurindonesia.com

Jangan klentang merupakan menu makanan sehari-hari masyarakat Banyuwang. Kuliner khas Banyuwangi ini tersebar hampir di seluruh Kabupaten Banyuwangi. Makanan ini terbuat dari klentang atau buah dari kelor dengan bumbu dari lombok besar, terasi, laos, lengkuas dan belimbing wuluh. Cara menikmati jangan klentang adalah dengan menghisap bagian tengah buah klentang yang memilki tekstur lembut dan segar. 

2. Jangan Daun Kelor

jangan daun kelor kuliner khas banyuwangi

Pic. Telusurindonesia.com

Daun kelor biasanya di gunakan untuk acara spiritual, namun di Banyuwangi daun kelor menjadi makanan sehari-hari. Jangan daun kelor atau sayur daun kelor adalah salah satu kuliner khas Banyuwangi dan menjadi masakan favorit bagi masyarakat, rasanya hampir sama seperti sayur bayam. Makanan khas Banyuwangi ini disajikan dengan nasi ditambah sambel tempong, ikan asin, tempe, tahu dan gimbal jagung.

3. Rujak Soto

rujak soto kuliner khas banyuwangi

Pict. siloka.com

Rujak Soto  merupakan salah satu kuliner khas Banyuwangi yang patut dicicipi saat Anda berkunjung ke sana. Makanan ini adalah perpaduan antara rujak dan soto. Bahan-bahan makanan khas Banyuwangi yang satu ini adalah aneka sayuran, tahu, lontong dan tempe, dicampur bumbu kacang dan disiram dengan soto kulit sapi atau babat dan cabe rawit.

4. Nasi Cawuk atau Sego Cawuk

sego cawuk kuliner khas banyuwangi

Pict. travel.kompas.com

Nasi Cawuk adalah salah satu kuliner khas Banyuwangi yang unik dan memiliki cita rasa yang khas. Sayang sekali jika pelesir ke Banyuwangi Anda melewatkan makanan yang satu ini.

Nasi Cawuk biasanya disiram dengan kuah pindang yang bening dan manis yang dimasak dengan cara gendam, yaitu cara memasak yang hanya ada di Banyuwangi. Selain kuah pindang, ada juga lauk tambahan seperti pepes ikan laut, kikil, dendeng, dan telur.

5. Sego Tempong

sego tempong kuliner khas banyuwangi

Pict. ikaningtyas.blogspot.com

Kuliner khas Banyuwangi selanjutnya yang harus kalian cicipi adalah Sego Tempong yang artinya nasi dan tempong (tempeleng). Bisa juga diartikan jika Anda mencicipi Sego Tempong seolah-olah merasa ditempeleng karena sambalnya pedas luar biasa.

Menu Sego Tempong disajikan dengan lauk tahu, tempe goreng, ikan asin, perkedel jagung, aneka sayuran seperti daun singkong, ketimun, kacang panjang, terong, serta sambal khas yang pedasnya nendang di lidah.

6. Pecel Pitik

pecel pitik kuliner khas banyuwangi

Pict. maskhanafebri.blogspot.com

Pecel pitik adalah kuliner khas Banyuwangi berupa ayam bakar yang disajikan dengan bumbu pecel. Dalam Bahasa Indonesia, pitik berarti ayam. Ayam yang digunakan dalam pembuatan pecel pitik adalah ayam kampung muda berumur sekitar 8 bulan.

Sedangkan bumbu pecel pitik terbuat dari parutan kelapa muda, dicampur dengan bumbu kacang yang sudah disangrai kemudian dihaluskan. Bumbu kacang tadi dicampur dengan rempah-rempah dan bumbu pedas dengan ditambahkan sedikit air kelapa muda.

Namun Pecel Pitik Banyuwangi hanya disajikan ketika masyarakat menggelar acara adat atau ritual. Jika ingin menikmati makanan khas Banyuwangi yang satu ini, datanglah ke desa adat Kemiren, Banyuwangi. Desa tujuan wisata ini akan membuatkan pecel pitik buat Anda dan para wisatawan lainnya.

Itulah ulasan singkat mengenai 6 kuliner khas Banyuwangi yang wajib kalian coba. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Klaten yang Wajib Kamu Cicipi

Selamat berlibur!

6 Kuliner Khas Banyuwangi yang Menggoda Lidah | Husni Cahya Gumilar | 4.5