Keindahan Gunung Bromo Jawa Timur Yang Sangat Menakjubkan

Gunung Bromo di Provinsi Jawa Timur namanya sudah tidak asing lagi di tengah-tengah masyarakat Indonesia serta sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Gunung Bromo berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini terkenal sangat indah dan memiliki banyak keunikan. Ketinggiannya mencapai 2.400 mdpl dengan pasir seluas 5,5 ribu hektar. Untuk mencapai puncaknya, kita bisa melewati anak tangga mirip saat mendaki gunung Galunggung Tasikmalaya (Baca: Indahnya Objek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya).

Gunung Bromo berasal dari kata Brahma, yaitu nama seorang dewa dari agama Hindu. Bromo adalah gunung berapi yang sampai saat ini masih berstatus aktif. Meskipun bukan gunung api terbesar di Indonesia, namun Gunung Bromo mempunyai panorama alam yang menakjubkan dan view yang begitu spektakuler.

Gunung Bromo menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan serta memiliki keunikan yang sulit didapatkan di objek wisata lainnya. Tak heran kalau wisatawan yang datang ke tempat ini tidak hanya dari dalam negeri, tapi banyak pula turis asing dari berbagai negara datang ke gunung ini untuk menyaksikan sunrise dan keindahan alam yang mengagumkan.

Keindahanl Objek Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur Yang Memukau

Suhu udara malam di Gunung Bromo cukup dingin, yaitu sekitar 4 derajat celcius. Namun selama musim kemarau berlangsung, suhu di sini bisa beberapa derajat di bawah angka 0. Apabila tidak terbiasa dengan suhu dingin, sebaiknya Anda membawa perlengkapan seperti jaket, balaklava dan sarung tangan yang bisa melindungi tubuh Anda dari hembusan udara dingin. Namun setelah terbitnya matahari, cuaca di gunung Bromo akan cepat berubah menjadi panas.

Masyarakat suku Tengger memiliki tradisi unik, yaitu festival kasada yang biasa digelar setiap bulan sepuluh (kasada) yang jatuh pada bulan September – November. Mereka datang ke Gunung Bromo dan melemparkan beberapa sesajen seperti ayam, sayur mayur serta uang ke dalam kawah gunung tersebut.

Peralatan yang tidak boleh Anda lupakan saat liburan ke Gunung Bromo yaitu kamera dan handycamp untuk mengabadikan moment-moment indah selama berada di sana. Jangan lupa pula untuk membawa perbekalan makanan yang cukup karena di Gunung Bromo cukup sulit mendapatkan makanan.

Untuk mendapatkan makanan, Anda bisa pergi ke restoran di tempat yang agak jauh dari kawasan Gunung Bromo, yaitu di daerah Pasar Tosari  Desa Wonokitri yang buka pada jam 3 pagi sampai jam 9 malam. Di sana banyak dijual makanan seperti rujak cingur, nasi goreng, masakan padang, bandrek dan aneka kuliner lainnya.

Sedangkan untuk fasilitas penginapan, bisa Anda jumpai di kota yang paling dekat dengan Bromo yaitu di Tretes, Pasuruan dan kota Malang.

Untuk bisa tiba di Gunung Bromo, Anda bisa terbang langsung menggunakan pesawat dari bandara Internasional Juanda, di Surabaya. Dari situ, perjalanan ke Gunung Bromo dilanjutkan menggunakan jasa travel atau angkutan umum dengan rute Surabaya – Pasuruan – Wonokitri – Gunung Bromo dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam.

Demikianlah informasi mengenai keindahan Gunung Bromo Jawa Timur, semoga info singkat ini bermanfaat. Selamat berlibur!

Keindahan Gunung Bromo Jawa Timur Yang Sangat Menakjubkan | Husni Cahya Gumilar | 4.5