Kawah Kamojang, Destinasi Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

Kawah Kamojang Garut – Garut merupakan salah satu kabupate di Provinsi Jawa Barat yang kondisi tanahnya berbukit-bukit dan menyimpan potensi kekayaan alam yang sangat banyak. Mulai dari batu akik, emas sampai energi panas bumi ada di Garut.

Tempat wisata di Garut pun sangat banyak dan beragam, seperti wisata alam pegunungan, wisata keluarga, tempat wisata ziarah yang bersejarah, tempat wisata kuliner enak, pantai, dan sebagainya.

Silakan baca : 5 Tempat Wisata Pantai di Garut yang Wajib Dikunjungi

Kali ini saya akan mengulas destinasi wisata di Garut, yaitu Kawah Kamojang. Kawah ini tidak kalah menarik dari Kawah Papandayan. Kawah Kamojang terletak di daerah Samarang, Garut, Jawa Barat yang berada di ketinggian sekitar 1.730 mdpl sehingga suhu udara di kawasan Kawah Kamojang cukup dingin.

Baga Juga : Menempuh Jalur Pendakian Gunung Papandayan Garut

Kawah Kamojang pertama kali dibangun pada tahun 1926 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1983. Kawah ini dikelola oleh PLTU Kamojang, Pertamina dan Indonesia Power sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Kawah Kamojang menjadi kawah pertama yang energi buminya dimanfaatkan untuk PLTP.

kawah kamojang garut

Kawah Kamojang Garut

Air yang dihasilkan di Kawah Kamojang Garut ini bersuku sekitar kurang lebih 100 derajat celcius. Jika Anda membawa telur mentah dan memasukkannya ke dalam kawah Kamojang, maka dalam waktu 10 menit telur itu akan matang dan layak dikonsumsi.

Luas kawasan Kawah Kamojang Garut ini sekitar 10 ha. Kawah indah ini adalah salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif di kota garut. Disini terdapat 23 kawah 2 diantaranya berbentuk seperti danau uap. Uap yang dihasilkan dari kawah-kawah di sini berasal dari perut bumi yang keluar melalui saluran berupa gua.

Dari puncak Gunung Cikuray, titik-titik uap panas bumi di Kawah Kamojang ini terlihat mengalun sangat indah. dan inilah yang menjadi salah satu keistimewaan kawah kamojang.

Baca juga : Menaklukan Medan Terjal Jalur Pendakian Gunung Cikuray Garut

Selain Kawah Kamojang, di kawasan ini terdapat kawah-kawah lain yang cukup menarik. Di antaranya ada Kawah Manuk, Kawah Kereta, dan Kawah Hujan. Manuk dalam bahasa Indonesia berarti burung, disebut Kawah Manuk karena kawah ini menghasilkan bunyi mirip suara burung.  Begitu juga dengan Kawah Kereta. Bunyi yang dihasilkan Kawah Kereta ini mirip dengan pesawat jet atau seperti suara kereta api yang sedang melaju.

Sedangkan Kawah Hujan sedikit berbeda dengan kawah lainnya. Kawah Hujan biasa digunakan sebagai tempat mandi sauna oleh para pengunjung. Menurut informasi dari warga sekitar, uap yang dihasilkannya sangat baik untuk kesehatan kulit, dan bau uapnya bisa untuk melancarkan peredaran darah dan pernafasan. Masyarakat sekitar meyakini mandi sauna di Kawah Hujan ini dapat mencegah segala macam penyakit seperti jantung, stroke, influenza, dan lain-lain. Suhunya bisa di atur tingkat kepanasannya sesuai dengan keinginan para pengunjung.

Selain dapat menyaksikan panorama alam yang indah dan mandi sauna di Kawah Hujan, Anda juga bisa jalan-jalan menikmati keindahan alam Curug Madi, Danau Ciharus dan camping ground Kamojang yang menyajikan wahana permainan outbond.

Demikian ulasan singkat mengenai Kawah Kamojang Garut, semoga bermanfaat. Selamat berlibur!

Kawah Kamojang, Destinasi Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi | Husni Cahya Gumilar | 4.5