Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo, Kopeng, Wekas dan Suwanting

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo, Kopeng, Wekas dan Suwanting – Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142 mdpl pada puncak trianggulasi. Gunung ini berada di empat wilayah kabupaten, yakni bagian barat masuk ke Kabupaten Magelang, bagian timur di Boyolali, bagian selatan di Salatiga dan sebelah utara masuk ke wilayah Semarang Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “babu” yang berarti wanita. Di gunung ini terdapat 5 buah kawah, yakni kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo.

Mitos gunung Merbaru yang beredar adalah kerajan Jawa yang sangat besar terkubur di dalam Gunung Merapi dan gunung Merbabu yang berkaitan dengan kerajaan Mataram Kuno. Di gunung ini juga dipercaya ada Pasar Setan sebagai tempat jual-beli-nya makhluk halus.

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung favorit pendaki pemula, karena jalur pendakian Gunung Merbabu ini cukup bersahabat terhadap pendaki pemula dan pemandangannya pun sangat menakjubkan.

Sunrise jalur pendakian gunung merbabu

Sunrise di Mt. Merbabu. Pict: instagram By @oktofandy

Gunung Merbabu dikenal sebagai gunung tidur, gunung ini tercatat pernah meletus pada tahun 1560 dan tahun 1797. Gunung Merbabu dapat didaki dari empat jalur yakni jalur Selo dari Magelang/ Boyolali, jalur Kopeng dari Salatiga, jalur Wekas dari Magelang, dan Suwanting dari Magelang. Trek jalan datar, bergelombang, agak naik, menanjak sampai menanjak sekali ada di gunung ini.

Dalam perjalanan munju puncak gunung Merbabu, mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan hutan homogen, sabana dan bukit-bukit rumput yang sangat indah sehingga pendakian yang cukup melelahkan akan terbayar lunas dengan pemandangan alam di sana.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Gunung Merbabu dapat didaki dengan empat pilihan jalur pendakian. Masing-masing jalur menawarkan pemandangan alam yang khas dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Empat jalur tersebut adalah jalur Selo dari Magelang/ Boyolali, jalur Kopeng dari Salatiga, jalur Wekas dan Suwanting dari Magelang.

(1) Jalur pendakian gunung Merbabu via Kopeng

Jalur pendakian Kopeng adalah jalur pendakian dari Salatiga. Jalur ini terkenal lebih sulit dan ekstrim. Di jalur ini kita akan bertemu dengan jalan curam yang sering disebut jalur setan.

jembatan setan jalur pendakian gunung merbabu

Jembatan Setan image by. Infopendaki.com

Jalur pendakian gunung Merbabu via Kopeng memiliki 2 cabang jalur pendakian yang saling berdekatan, yakni jalur Kopeng Thekelan dan jalur Kopeng Cunthel. Persimpangan kedua jalur ini akan bertemu di pemancar.

Pemancar jalur pendakian gunung merbabu

Persimpangan jalur Kopeng Thekelan dan Cunthel by Infopendaki.com

Mt. Merbabu via Kopeng Cunthel

Total waktu pendakian Mt. Merbabu via Kopeng Cunthel kurang lebih 8 jam naik dan 4-6 jam turun, dengan rincian sebagai berikut:

  • Basecamp – Pos I (1 jam)
  • Pos I – Pos II (1 jam)
  • Pos II – Pos III (45 menit)
  • Pos III – Pos IV (1 jam)
  • Pos IV – Pemancar (1,5 jam)
  • Pemancar – Puncak Syarif (1,5 jam)
  • Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo (1 jam)
  • Mt. Merbabu via Kopel Thekelan

Di jalur ini, tepatnya di Pos 3 kita akan menemui batu besar yang disebut “Watu Gubuk’. Dari sini ke Puncak Kenteng Songo/ Triangulasi masih membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan lagi.

Mt. Merbabu via Kopeng Thekelan

Pendakian dimulai dari Pos Pending. Waktu perjalanan dari Pos Pending ke puncak  gunung Merbabu via Kopeng Thekelan adalah:

  • Pos Pending – Pos I Gumuk (1jam)
  • Pos I Gumuk – Pos II Lempong Sampan (1jam)
  • Pos II Lempong Sampan – Pos III Watu Gubuk (1jam)
  • Pos III Watu Gubuk – Pos IV Pemancar (1jam)
  • Pos IV Pemancar – Pos V Helipad (1jam)
  • Pos V Helipad – Puncak Syarif (1jam)

(2) Jalur pendakian gunung Merbabu via Suwanting

Jalur pendakian gunung Merbabu via Suwanting terletak di dusun Suwanting, desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Atau berjarak sekitar 4 km dari gardu pandang Ketep.

Menurut informasi dari masyarakat setempat, jalur pendakian Suwanting pernah dibuka pada tahun 1990 dan 1998. Namun setelah tahun 1998 jalur ini sempat ditutup dan dibuka lagi pada pertengahan Maret 2015.

Akses untuk menuju Dusun Suwanting dari Jogja bisa menggunakan moda transportasi bus menuju kabupaten Muntilan lalu menuju Ketep.

Sampai di dusun Suwanting, para pendaki bisa beristirahat atau menginap di Basecamp Suwanting Indah. Tiket mendaki Rp. 3.000 per orang. Tarif parkir kendaraan roda dua Rp. 5000,- dan Rp. 20.000,- untuk mobil.

Perjalanan dari Basecamp Suwanting Indah menuju Pos 1 dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30-45 menit. Trek pendakian cenderung datar, suasananya sangat sejuk dan melewati ladang tanaman pegunungan serta hutan pinus.

jalur pendakian gunung merbabu via suwanting

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting by instagram via @khalifyussef

Dari Pos 1 ke Pos 2 akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Treknya lebih menanjak dari sebelumnya.

Sebelum tiba di Pos 3, Anda akan menemukan sumber air yang bernama Sendang Dampo Awang. Pendaki biasanya mendirikan tenda di jalur ini. Di sini juga Anda bisa melihat view gunung Merapi yang sangat indah. Waktu tempuh dari Pos 2 ke Pos 3 sekitar 2 jam perjalanan.

tempat ngecamp di jalur pendakian gunung merbabu

Tempat ngecamp Mt. Merbabu, Pict: instagram By @novemlawalata

Pos 3 menuju Puncak Keteng Songo bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan. Dalam perjalanan menuju ke puncak Keteng Songo atau Triangulasi ini Anda akan melewati beberapa sabana dengan tumbuhan rumput yang rimbun.

Pos 3 juga menjadi tempat favorit untuk ngecamp. Dari sini kita dapat melihat view gunung Sindoro-Sumbing, Merapi dan beberapa gunung lain.

Total waktu pendakian gunung Merbabu via Suwanting adalah 5,5 – 7 jam perjalanan naik dan 4-5 jam perjalanan turun.

(3) Jalur pendakian gunung Merbabu via Wekas

Jalur pendakian Wekas adalah jalur pendakian gunung Merbabu dari Magelang. Pemandangannya sangat indah, namun treknya lumayan ekstrim.

Untuk sampai di Wekas kita harus menuju kota Magelang menggunakan angkutan umum jurusan Yogyakarta – Magelang.

Setiba di Wekas, kita akan menemukan basecamp tempat pendaftaran. Di sini Anda harus membayar tiket mendaki sebesar Rp. 10.000 per orang per hari (update 2015). Untuk parkir kendaraan Rp 3.000 per motor dan Rp. 10.000 per mobil.

Perjalanan dari basecamp Wekas ke Pos 2 (Pos 1 sudah tidak digunakan) kurang lebih 3,5 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan di jalur ini kita akan menemui air terjun kecil, jalan menyamping di sebelah hamparan ilalang, pohon tumbang miring, hutan monyet, jalur pipa ganda, zona bekas hutan terbakar dan jalur landai terowongan.

Dari Pos 2 ke persimpangan kedua (sebelum puncak) akan memakan waktu sekitar 4 jam. Di jalur ini akan bertemu dengan persimpangan dari jalur Kopeng Thekelan dan Cunthel. Dari persimpangan ini, kita bisa memilih jalur kiri atau jalur kanan.

Persimpangan menuju Puncak Syarif membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Dan dari Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo/ Trianggulasi sekitar 30 menit.

Total waktu perjalanan menuju puncak gunung Merbabu via Wekas kurang lebih 8,5 jam naik dan 5 – 6 jam waktu turun.

 

(4) Jalur pendakian gunung Merbabu via Selo

Selo adalah nama sebuah desa di kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Selain menjadi tempat start pendakian gunung Merbabu, Desa Selo juga menjadi titik pemberangkatan menuju gunung Merapi.

Di Desa Selo terdapat basecamp yang dikenal dengan nama basecamp Pak Parman dan Basecamp Pak Bari. Di basecamp ini Anda bisa mendaftar untuk mendaki dengan membayar tiket Rp. 10.000/orang/hari dan menitipkan kendaraan bermotor dengan membayar uang parkir Rp. 3.000/motor dan Rp. 10.000/mobil.

Jalur Selo merupakan jalur pendakian Mt. Merbabu dari Magelang atau Boyolali. Jalur ini lebih direkomendasikan untuk pendaki pemula atau yang baru pertama kali naik gunung karena jalur Selo memiliki tingkat kesulitan yang medium.

Pemandangan di jalur ini sangat luar biasa, Anda akan melewati hutan, sabana rumput, bukit, kabut dan lain-lainnya.

Total waktu pendakian gunung Merbabu via Selo kurang lebih 8,5 jam naik dan 4-6 jam untuk turun gunung dengan pembagian waktu tempuh sebagai berikut:

  • Basecamp – Pos I (2,5jam)
  • Pos I – Pos II (30 menit)
  • Pos II – Sabana I (2,5jam)
  • Sabana I – Pos III (1jam)
  • Pos III – Sabana II (30 menit)
  • Sabana II – Puncak Kenteng Songo (1jam)
  • Puncak Kenteng Songo – Puncak Syarif (30 menit)

Puncak Gunung Merbabu

puncak syarif gunung merbabu

Puncak Syarif Merbabu 3.119 mdpl by infopendaki.com

Puncak Kenteng Songo Trianggulasi 3142 mdpl  gunung merbabu

Puncak Kenteng Songo/Trianggulasi 3142 mdpl by Infopendaki.com

Gunung dengan ketinggian 3.124 Mdpl ini mempunyai 7 puncak. Tapi biasanya puncak yang menjadi tujuan favorit para pendaki adalah puncak Syarif (3.119 mdpl) dan puncak Kenteng Songo/ puncak Trianggulasi (3.142 mdpl) yang merupakan puncak tertinggi Mt. Merbabu. Puncak lainnya adalah Watugubuk, Watutulis, Gegersapi dan Ondorante.

View Sindoro-Sumbing dan Merapi dari Mt Merbabu

View Sindoro-Sumbing dan Merapi dari Merbabu. Pict: instagram By @sarwono_bendoel

Dari puncak Merbabu, kita dapat melihat view gunung Merapi, Sumbing, Sindoro, Telomoyo, Ungaran dan gunung Lawu.

Akses Transfortasi Menuju Gunung Merbabu

Ke Selo via Magelang

  1. Bus jurusan Yogyakarta – Semarang. Turun di Blabak, sebelum kota Magelang.
  2. Bus kecil jurusan Magelang – Boyolali turun di Selo. Atau naik angkot ke desa Sawangan disambung mobil bak sayuran jurusan Klakah, sambung lagi mobil sayuran ke Selo.

Bila menggunakan kendaraan umum, tidak siarankan lewat Magelang. Kecuali kecuali carter mobil.

Ke Selo dari Yogya – Solo

  1. Bus jurusan Yogya-Solo turun di kota Kartasura.
  2. Bus jurusan Solo-Semarang turun di terminal Boyolali.
  3. Bus Kecil dari Pasar Sapi Boyolali ke Cepogo/ Selo
  4. Bus kecil dari Pasar Cepogo ke Selo.

Untuk ke Selo dari Semarang-Solo

  1. Bus Jurusan Semarang-Solo turun di kota Boyolali.
  2. Bus kecil dari Pasar Sapi Boyolali ke Selo.
  3. Bus kecil dari Pasar Cepogo ke Selo.

Tips Mendaki Gunung Merbabu

Mengingat perjalanan menuju puncak Gunung Merbabu lumayan panjang, otomatis akan membutuhkan waktu yang lumayan lama dan energi ekstra. Sehingga, sebelum mendaki gunung Merbabu sebaiknya Anda baca tips di bawah ini.

  1. Tidak mendaki gunung Merbabu saat musim hujan. Waktu yang pas untuk naik adalah pukul 10-13 pagi.
  2. Persiapkan mental dan latihan fisik, minimal seminggu sebelum naik gunung Anda sudah melakukan latihan.
  3. Buatlah ceklis peralatan dan perlengkapan naik gunung sesuai standar agar tidak ada yang ketinggalan.
  4. Mendakilah dengan orang yang berpengalaman dan sudah pernah naik gunung Merbabu agar keselamatan tim terjamin. Jumlah anggota tim pendakian yang direkomendasikan adalah 5 – 8 orang.
  5. Bawa perbekalan secukupnya.
  6. Jangan memaksakan diri naik gunung jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Demikianlah informasi lengkap tentang jalur pendakian gunung Merbabu via Selo, Kopeng, Wekas dan Suwanting. Baca juga : Mengenal Rute dan Jalur Pendakian Gunung Semeru. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa, kirimkan cerita dan foto pendakianmu ke gunung-gunung terindah di Indonesia, disini.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo, Kopeng, Wekas dan Suwanting | Husni Cahya Gumilar | 4.5