Jalur Pendakian Gunung Guntur via Citiis, Info Lengkap dan Terbaru

Melanjutkan catatan perjalanan sebelumnya; Gagal Mendaki Gunung Guntur via Cikahuripan, pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang jalur pendakian gunung Guntur via Citiis. Citiis adalah obyek wisata berupa air terjun (curug) yang berada di kawasan gunung Guntur. Sayangnya pada pendakian ke Guntur kemarin, saya tidak sempat mengambil foto curug Citiis terbaru karena ketika itu sedang ada rombongan yang sedang mandi, tak enak lihatnya sehingga kami langsung turun.

Setelah kami ditolak masuk Pos 2 GPJ jalur Cikahuripan karena terlalu malam, kami bertujuh melanjutkan perjalanan ke basecamp Citiis. Pintu masuk ke objek wisata Citiis berada di daerah Tanjung, di samping SPBU atau di seberang lapang Tanjung, Desa Pesawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut. Seperti yang kamu lihat pada foto di bawah ini, di gapura jalan menuju Objek Wisata Citiis terdapat tulisan “Selamat Datang di Objek Wisata Citiis Kawasan Gunung Guntur”.

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 1

Bawa kendaraan pribadi? Lurus saja, sampai melewati jalan pasir, di pertigaan belok kiri menuju basecamp/pos pendaftaran. Saya sendiri malam itu malah lurus ke arah kanan melewati peternakan domba, sehingga tidak mengisi formulir di basecamp melainkan di Pos 1.

Jika menggunakan kendaraan umum, dari arah Bandung atau Jakarta naik bus jurusan Garut, berhenti di Tanjung Tarogong Kaler. Sebagai informasi, ongkos bus Jakarta-Garut Rp. 52.000 per orang. Dari Tanjung, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik ojek ke basecamp. Tarif ojek standar Rp. 15.000 per orang. Kata si Teteh pemilik warung tempat saya menitipkan motor, kalau tukang ojek minta ongkos mahal, istilahnya ‘nekuk’, bilang aja mau ke kang Maman Manis. Kalau mau dijemput langsung oleh kang Maman Manis, silakan catat nomor handphonenya 085294166339.

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 2

Tidak jauh dari basecamp, tepatnya di perempatan jalan terdapat tempat parkir/penitipan kendaraan. Tarif parkir motor Rp. 10.000 per motor. Di situ juga terdapat warung, kamu bisa mengganjal perut atau melengkapi persediaan logistik.

Basecamp – Pos 1

Jam 9 malam kami bertolak dari parkiran menuju Pos 1. Jalannya cukup lebar dan jelas dengan trek pasir yang lumayan landai. Jalan ini dulunya sering dipakai naik turun truk pengangkut pasir. Keistimewaan mendaki gunung Guntur via Citiis, yang saya temukan adalah di jalur menuju Pos 1 saja sudah bisa melihat pemandangan mempesona yaitu gemerlap cahaya lampu kota Garut. Di sepanjang jalur juga terdapat warung-warung, tapi kalau malam warungnya sudah pada tutup. Setidaknya bangunan warung-warung itu bisa digunakan untuk tempat beristirahat.

Beberapa meter sebelum Pos 1, terdapat warung, saung, tempat-tempat duduk, mushola dan wc. Bagi pendaki yang beragama Islam, bisa menunaikan shalat di tempat ini. Jalur pendakian Guntur sekarang beda jauh dengan kondisi beberapa tahun lalu, banyak perubahan terutama dalam segi fasilitas umum.

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 3 Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 4 Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 5

Tidak jauh dari mushola, sekitar belasan meter pendaki wajib lapor di Pos 1. Karena belum mengisi formulir di basecamp, saya menyelesaikannya di Pos 1. Seharusnya pendaki memang harus mengisi formulir pendaftaran di basecamp, bukan di Pos 1.

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 6

Data yang diminta cuma nama leader, nomor handphone, jumlah peserta, tanggal naik dan tanggal turun. Selain mengisi formulir pendaftaran, pendaki juga dipungut tiket masuk gunung Guntur sebesar Rp. 15.000 per orang. Setelah dicatat oleh petugas, formulir dan tiket dikembalikan ke pendaki untuk selanjutnya lapor lagi di Pos 3. Waktu tempuh dari basecamp – Pos 1 kurang lebih 1 jam.

Pos 1 – Pos 2

Jalur pendakian dari Pos 1 – Pos 2 lumayan teduh. Sampai ke Curug Citiis jalannya landai, namun setelah curug kamu akan melewati tanjakan terjal dengan trek bebatuan. Di sini tenaga mulai terkuras, tanjakan curam dan batu-batu licin sangat menguji kesabaran.

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 7

Pos 2 hanya tempat menghela napas, tak ada shelter atau tempat untuk nge-camp. Tanda posnya pun dipasang di pohon. Kalau malam tanda ini tidak terlihat karena dipasang di pohon sebelah kanan di bawah jalan. Waktu tempuh dari Pos 1 ke Pos 2 kurang lebih 30 menit.

Pos 2 – Pos 3

Trek pendakian gunung Guntur via Citiis dari Pos 2 ke Pos 3 tidak jauh beda dengan trek sebelumnya. Teduh, nanjak dan melewati jalur bebatuan curam. Di jalur ini harus sangat hati-hati terutama saat turun gunung.

Setelah habis trek batu, trek berikutnya adalah pasir padat. Landai namun licin, kalau tidak hati-hati akan mudah tergelincir. Mendaki gunung Guntur sebaiknya gunakan sepatu treking yang cocok untuk trek pasir. Waktu tempuh dari Pos 2 ke Pos 3 kurang lebih 30 menit.

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 8 Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 9

Di Pos 3, pendaki harus lapor kembali dengan menyerahkan formulir, tiket masuk dan KTP ketua rombongan/ leader atau salah satu peserta pendakian. Formulir dan iket masuk dikembalikan lagi ke pendaki ditambah kartu yang berisi aturan mendaki gunung Guntur, sementara KTP disimpan di petugas. KTP bisa diambil saat pulang, ditukar dengan kartu dan formulir.

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 10

Petugas Pos 3 memberikan arahan, seperti tidak boleh nyampah, batas lokasi camp dan waktu mendaki puncak. Lokasi camp yang diperbolehkan adalah di area pos 3 sedangkan waktu muncak sesuai arahan petugas adalah mulai jam 3 dini hari. Petugas juga mengingatkan kalau di gunung Guntur masih rawan maling, pendaki disarankan tidur bergantian untuk menghindari pencurian. Jika semua tidur pulas, dikhawatirkan barang berharga dicuri dengan cara merobek tenda. Saya ikuti arahan petugas dan alhamdulillah tak ada hal yang tidak diharapkan.

Pos 3 – Puncak

Waktu tempuh dari Pos 3 ke puncak 1 sekitar 90 menit. Dari Pos 3 sebetulnya puncak sudah terlihat dekat, namun karena medan daki yang berat waktu tempuhnya pun lama. Kemiringan tanjakan lebih dari 45o ditambah trek pasir yang membuat langkah sedikit melorot. Saat naik, sebaiknya lewati jalur pasir padat atau bebatuan agar langkah tidak kembali mundur terbawa pasir.

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 11 Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 12

Dari Pos 3 menuju puncak gunung Guntur tidak terdapat pepohonan, kecuali ada satu dua pohon pinus dan rerumputan yang tumbuh di atas pasir. Viewnya bagus, kalau cuaca sedang cerah, sebelum puncak pun sudah bisa melihat gunung Cikuray yang tangguh menjulang tinggi, hamparan awan, Situ Bagendit, Garut kota, sunrise dan deretan gunung di sebelah timur.

Puncak Gunung Guntur

Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 13 Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 14 Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 15 Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis 16

Gunung Guntur memiliki 4 puncakan, yaitu puncak 1, puncak 2, puncak 3 dan puncak 4. Di Puncak 1 terdapat kubangan besar dengan lubang sangat dalam. Jalur menuju puncak 2 terlihat jelas, dengan hanya sekitar 15 menit sudah bisa sampai di puncak 2. Di puncak 2 terdapat tugu-tugu, anginnya cukup kencang namun viewnya keren.

Demikianlah info jalur pendakian gunung Guntur via Citiis. Semoga dapat menambah referensi gunung yang masuk list rencana pendakian kamu di Garut. Selamat mendaki, salam lestari!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.