Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango, Lengkap!

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango yang biasa digunakan ada tiga, yaitu jalur pendakian via Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana. Ketiga jalur pendakian gunung Gede Pangrango ini akan saya sajikan di sini.

Selain membutuhkan informasi mengenai jalur pendakian gunung Gede Pangrango, Anda juga mungkin ingin mengetahui informasi umum atau selayang pandang tentang gunung di Jawa Barat ini. Oleh sebab itu, sebelum membahas jalur pendakian gunung Gede Pangrango, ada baiknya kita simak dulu ulasan singkat mengenai gunung Gede Pangrango berikut ini.

Selayang Pandang Gunung Gede Pangrango

Keberadaan Gunung Gede Pangrango sudah dikenal sejak lama. Naskah Bujangga Manik dari abad ke-13 menyebut Puncak dan Bukit Ageung (gunung Gede) sebagai “hulu wano na Pakuan” yang berarti tempat tertinggi di Pakuan.

Menurut catatan modern, orang pertama yang mendaki gunung Gede Pangrango adalah Reinwardt. Dia seorang pendiri dan direktur pertama Kebun Raya Bogor yang mendaki gunung Gede Pangrango pada tahun 1819.

Gunung Gede Pangrango terletak di tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Gunung Gede Pangrango masuk ke dalam  wilayah Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP).

Jalur pendakian gunung gede pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) sendiri merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia yang ditetapkan pada tahun 1980. Tujuan didirikannya TNGP adalah untuk melindungi dan/ atau upaya konservasi ekosistem dan flora pegunungan di Jawa Barat. Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) mencakup dua puncak gunung, yakni Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan luas total sekitar 21.975 hektar.

Sebetulnya gunung Gede dan gunung Pangrango adalah gunung yang berbeda, namun sudah menjadi kebiasaan kita menyebut dua gunung ini sekaligus dengan nama Gunung Gede Pangrango.

Gunung Gede (2.958 mdpl)

Gunung Gede terkenal menyimpan kekayaan berupa aneka jenis burung. Dari 450 jenis burung yang ada di pulau Jawa, 251 jenis terdapat di gunung Gede.Selain itu, gunung Gede juga memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri atas hutan montana, submontana, subalpin, danau, savana dan rawa.

Gunung Pangrango (3.019 mdpl)

Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3.019 mdpl. Gunung Pangrango ini menduduki peringkat kedua sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat setelah gunung Ciremai. Puncak gunung Pangrango yang sangat terkenal adalah Mandalawangi.

Bagi pendaki gunung sejati pasti tahu puisi Soe Hok Gie yang di dalamnya ada kata-kata “kabut tipis pun turun pelan-pelan di lembah kasih, lembah Mandalawangi”.

Gunung Gede Pangrango merupakan tempat favorit dan tertua untuk kegiatan penelitian tentang alam di Indonesia. Jalur pendakian gunung Gede-Pangrango yang paling populer dan sering digunakan oleh pendaki adalah jalur Cibodas, jalur Selabintana dan jalur Gunung Putri.

peta jalur pendakian gunung gede pangrango via cibodas

Peta jalur pendakian gunung Gede Pangrango by Gedepangrango.org

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

1. Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas

Untuk mendaki gunung Gede Pangrango via Cibodas, Anda bisa menuju lokasi kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Jika Anda berangkat dari Jakarta, bisa naik bus jurusan Jakarta-Bandung, kemudian naik angkutan umum jurusan Cibodas, turun di Kebun Raya Cibodas.

Selengkapnya silakan baca: Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas

2. Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri

Pendakian gunung Gede Pangrango melalui jalur Gunung Putri jika Anda berangkat dari arah Jakarta naik bus jurusan Bandung, dilanjutkan dengan naik angkutan umum, turun di Pasar Cipanas, kemudian dilanjutkan lagi menuju Gunung Putri.

Selengkapnya silakan baca: Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri

3. Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana

Terakhir adalah jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Selabintana. Perjalanan bisa dimulai dari terminal Sukabumi, kemudian dilanjutkan menuju Pondok Halimun menggunakan moda transfortasi berupa angkutan umum atau carter mobil.

Silakan baca selengkapnya: Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana

Silakan klik link-link jalur pendakian Gunung Gede Pangrango untuk mendapatkan informasi lebih detil, mulai pemberangkatan sampai di atas puncak gunung.

Demikianlah informasi seputar jalur pendakian Gunung  Gede Pangrango, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat.

Selamat mendaki, salam lestari!

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango, Lengkap! | Husni Cahya Gumilar | 4.5